oleh

Kabut Asap Kembali Menyelimuti Empat lawang

REL, Empat Lawang – Kabut asap kembali menyelimuti langit di Kabupaten Empat Lawang khususnya Tebing Tinggi.

Terpantau sejak minggu (13/10/19) sampai berita ini diterbitkan asap yang belum diketahui dari mana asalnya kembali merusak udara, walaupun tidak terlalu menggangu pandangan, namun kabut tersebut cukup membuat mata perih dan mata kering.

“Entah asap dari mana kami kurang tau, yang pasti sejak dua hari ini kabut asap kembali menyelimuti langit diBumi saling keruani sangi kerawati ini,”kata Herman salah seotang warga Tebing Tinggi,senin (14/10/19).

Dikatakannya, sejak kembalinya kabut asap banyak warga yang mengeluhkan flu dan batuk beserta demam yang diakibatkan menghirup udara yang buruk akibat kabut asap.

“Termasuk saya sekarang ini terkena flu dan demam, sangat bahaya sekali kalau terus menerus kabut seperti ini,”ungkapnya

Sementara, Pani warga lain juga mengatakan memang kebakaran hutan diwilayah tebing tinggi dan sekitarnya masih sering terjadi karena sampai saat ini hujan belum turun dengan intensias yang lebat.

“Kemarin di desa mekar jaya kebun durian saya hangus terbakar dilalap api dan bahkan saya dengar kamis (10/10/19) kemarin ada warga yang meninggal dunia karena terbakar saat hendak melerai api yang juga melalap kebun miliknya dikecamatan Lintang kanan,”tuturnya

Terpisah Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Junaidi menghimbau agar masyarakat untuk tisak terlalu banyak keluar rumah karena kondisi udara cukup buruk.

“Untuk masyarakat jangan dulu banyak keluar rumah untuk saat ini, dan jikalaupun akan keluar rumah usahakan memakai masker agar terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan,” tukasnya. (Mg20).

BACA JUGA