oleh

Jumlah TPS Pileg, DPD dan Pilpres Meningkat

REL, Empat Lawang – Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg), DPD dan Pemilihan Presiden (Pilpres) mengalami perubahan yang siginifikan, pasalnya pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berjumah 545 TPS, sedangkan untuk PIleg, DPD dan Pilpres melonjak menjadi 931 TPS.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang Ali Amin membenarkan jumlah TPS di Empta Lawang pada pemilihan nanti mengalami kenaikan siginifikan yakni berjumlah 931 TPS. Menurutnya, meningkatnya jumlah TPS tersebut bukan karena jumlah Daftar Pemilihan Tetap (DPT) di Empat Lawang meningkat, namun ada sedikit perubahan dalam menentukan tiap TPS.

“Untuk jumlah TPS Pileg, DPD dan Pilpres pada 13 April 2019 mendatang berjumlah 931 TPS untuk Kabupaten Empat Lawang, sedangkan untuk pada PIlkada lalu hanya berjumlah 545 TPS,” katanya.

Hal itu dikarenakan masih kata Ali Amin, karena dalam satu TPS diatur maksimal 300 Pemilih, meskipun lebih dari 300 pemilih maka akan dipecah TPS tersebut, beda halnya dengan TPS saat Pilkada lalu sampai 500 pemilih untuk satu TPS.

“Kenapa naik drastis ? apabila dalam satu TPS itu lebihd ari 300 pemilih maka akan dipecah lagi TPS tersebut, jadi sedikit beda memang dengan TPS saat Pilkada lalu,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, kenapa hanya maksimal 300 pemilih untuk satu TPS tentu saja ada alasannya, diantara pada saat pemilihan nanti akan lima kertas suara yakni Surat Suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan Pemilihan Presiden.

“Bukan hanya Pilkada saja diadakan serentak melainkan pada Pileg, pemilihan DPD dan Pilpres juga dilakukan serentak jadi pada saat pemilihan nanti ada lima kertas surat suara maka itulah per TPS maksimal 300 pemilih supaya lebih cepat dan mempermudah,” ungkapnya didampingi Anggota Komisioner KPU Empat Lawang Billi Farsha, ST (12)

BACA JUGA