oleh

Jelang Pencoblosan, Rekrut 6.517 Petugas KPPS

REL, Empat Lawang -Sebanyak 6.517 orang anggota KPPS, dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 di Kabupaten Empat Lawang. Jumlah ini disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang mencapai 931 TPS yang tersebar di 156 desa dan kelurahan se Kabupaten Empat Lawang.

“Saat ini sedang berlangsung tahapan rekruitmen anggota KPPS, sepenuhnya diserahkan kepada Anggota PPS,” ungkap Ketua KPU Empat Lawang, Ali Amin, Selasa (12/3).

Ia menjelaskan, salah satu syarat untuk menjadi anggota KPPS, lulusan SMA sederajat atau dengan catatan khusus. “Jika ada pendaftar tidak tamat SMA tapi punya pengalaman menjadi anggota KPPS, masih bisa mendaftarkan diri. Akan jadi pertimbangan PPS, untuk memilihnya,” imbuhnya.

Sedangkan untuk teknis seleksi anggota KPPS tersebut, sepenuhnya akan dilakukan oleh anggota PPS setempat. Apakah menggunakan seleksi tertulis ataupun wawancara. “KPU hanya memantau saja, teknis dilakukan oleh PPS setempat,” ujar Ali Amin.

Ditambahkannya, tahapan Pilpres dan Pileg di Empat Lawang saat ini, penyusunan laporan tentang DPTB2, dengan jumlah pemilih mencapai 200.463 orang, yang akan diplenokan pada 19-20 Maret mendatang. “Sejauh ini tahapan Pilpres dan Pileg berjalan dengan baik dan aman, tidak ada kendala yang berarti,” tukasnya. (12).

BACA JUGA