oleh

Jalan Longsor, BPBD Terkendala Alat Berat

REL, Empat Lawang – Jalan Lintas Provinsi Penghubung Empat lawang dengan Provinsi Bengkulu tepatnya diperbatasan desa pulau kemang dengan desa lubuk puding kecamatan ulu musi Empat lawang tertimbun longsor yang mengakibatkan kendaraan dari kedua arah terhambat untuk melintas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Empat Lawang, Kuswinarto dikonfirmasi membenarkan musibah longsor tersebut.

“Iya,berdasarkan laporan dari masyarakat kejadian longsor tersebut tapi subuh yaitu sekita pukul 04 : 00 Wib, dan saat ini para warga sekira dibantu pengendara yang melintas menggunakan peralatan sederhana seperti cangkul dan sekop sudah bergotong royong membersihkan jalan provinsi tersebut agar bisa lewat,”kata Kuswinarto, Selasa (10/12)

Dijelaskannya pihaknya, berusaha agar jalan segera bisa dilewati kendaraan roda empat, namun pihaknya terkendala tidak memiliki alat berat.

Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan PU, DLHD, Dinas Sosial dan instansi terkait untuk meminjam alat berat membersihkan titik longsor.

” Kita tidak ada alat berat, buldozer, loader, ekskavator, tapi akan kita upayakan paling tidak pukul 00.00 malam bisa dilewati mobil,  sesuai perintah bupati dan wakil bupati kita akan bekerja 24 jam untuk mengatasi ini. Sementara kami upayakan pinjam alat berat instansi lain,” keluhnya

Masih dikatakan Kuswinarto, kejadian longsor di Empat lawang hampir setiap tahunnya pasti terjadi oleh karena itu pihaknya menghimbau agar masyarakat selalu berhati – hati apabila melewati jalan yang berada di tebingan.

“Empat lawang ini termasuk kedalam daerah yang rawan terjadi pergerakan tanah jadi kami menghimbau agar masyarakat jangan berkebun diatas tebing yang dengan jalan lintas karena bisa berpotensi terjadi longsor dan untuk pengendara juga harus waspada dalam berkendara,”Tukasnya.

Sementara Kepala Desa Tanjung Agung Retno saat di kompirmasi wartawan membernarkan telah terjadi longsor di Jalan Penghubung Desa Pulau Kemang ke Desa Lubuk Puding.

“Warga bersama sama Gotong royong membersihkan jalan tersebut dari material material Longsor,tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan di harapkan di bangun bronjong atau tembok penahan supaya tidak terjadi kembali longsor karena longsor ini yang paling ekstrim,” jelasnya. (Mg20).

BACA JUGA