Connect with us

Lahat

Istri Kapolda Uji Nyali

Published

on

UJI NYALI : Ketua Bhayangkari Polda Sumatera Selatan, Milawatu Zulkarnain beserta rombongan, turut uji nyali dengan perahu karet mengarungi derasnya arus sungai di Kecamatan Tanjung Sakti Puma dan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat.

REL, Lahat – Ketua Bhayangkari Polda Sumatera Selatan, Milawatu Zulkarnain beserta rombongan, turut uji nyali dengan perahu karet mengarungi derasnya arus sungai yang menghubungkan dua kecamatan yakni Kecamatan Tanjung Sakti Puma dan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Kunjungan kerja (Kunker) istri orang nomor satu ditubuh Polda Sumsel di Kabupaten Lahat. Dan hari ini, Rabu (27/3) sesuai jadwal rombongan Ibu Bayangkari Polda Sumsel itu meninggalkan Kabupaten Lahat.

Sebelumnya, kunker hari pertama di Kabupaten dimulai pada Selasa, (26/3) sekira pukul 14.30 WIB dengan disambut langsung oleh Kapolres Lahat, AKBP. Ferry Harahap SIK. MSi dan istri, Chae-chae Ferry didampingi Wakapolres Kompol. Budi Santoso. S.Sos dan istri serta seluruh PJU dan bhayangkari Polres Lahat.

Usai acara ramah tamah penyambutan Milawatu Zulkarnain, istri mantan Kapolres Muara Enim itu beserta rombongan menjajal arum jeram Raffting dimulai dari Desa Gunung Kembang Kecamatan Tanjung Sakti Pumu dan berhasil ke finish di Desa Pulau Timun Kecamatan Tanjung Sakti Pumi.

Sementara, kunker hari ini sekira pukul 09.00 WIB melaksanakan tatap muka dan pengarahan kepada seluruh anggota Bhayangkari Polres Lahat di Gedung Kesenian Lahat. Saat menyampaikan kata sambutan, Milawatu Zulkarnain mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolres Lahat dan Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Lahat atas sambutan serta fasilitas selama rombongannya berada di wilayah Polres Lahat.

“ Kegiatan kemarin menjadi pengalaman kami dalam menikmati wisata alam kekayaan Kabupaten Lahat. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres dan Istri serta Anggota Bhayangkari Polres Lahat atas sambutan dan fasilitasnya selama kami disini,” ungkapnya disambut meriah Ibu-ibu Bhyangkari yang hadir.

Tampak disela-sela kegiatan tatap muka dan pengarahan, Milawatu Zulkarnain memberikan tali asih kepada Ketua Bhayangkari Cabang Lahat dan Pengurus. Selain itu diberikan juga kepada anak-anak yatim Bhayangkara, Polwan, ASN, PHL dan Wara Kauri Polres Lahat.

Tak hanya itu, sebelum melanjutkan Kunker ke Polres Muara Enim, Istri Kapolda dan rombongan menyambangi Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkara Polres Lahat dan memberikan santunan kepada yayasan. Kunker terakhir rombongan setelah makan siang dilanjutkan menikmati Wisata Pelancu di Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat.(mg21)

 

Lahat

Kereta BBM Anjlok Diareal Persawahan

Published

on

ANJLOK :  kereta api terjadi si KM 407 + 2/3 tak jauh dari stasiun Banjar Sari, Kecamatan Merapi Lahat. Tak ada korban jiwa dalam insiden itu, Selasa (9/7).

REL, Lahat –  Warga Banjar Sari Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, tepatnya yang tepatnya tinggal di pinggiran rel Kereta Api, Selasa (9/7/2019) sore, dikagetkan dengan anjloknya Kereta Api pengangkut BBM jenis Premium milik Pertamina, yang sedang melaju dari arah Stasiun KA Kertapati Palembang dengan tujuan Stasiun KA Lubuk Linggau.

Dari info sementara yang berhasil dihimpun dilapangan, dalam kejadian anjloknya kereta api ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, meski dalam kejadian ini gerbong bermuatan bbm premium tersebut sempat mengalami kebocoran, yang mengakibatkan tumpahnya bbm ke areal sawah milik warga setempat.

“Tidak tahu penyebab pasti anjloknya kereta api tersebut, saat kami tiba disini tadi petugas dan pegawai PT KAI sudah ada dilokasi kejadian, sedang berusaha memperbaiki kereta agar dapat berjalan kembali.” ujar Wawan warga setempat yang melihat kejadian tersebut, tidak ingin namanya disebutkan.

Tambahnya, saat kejadian tadi tampak terlihat ada kebocoran dari salah satu gerbong kereta api, dimana terlihat ada tumpahan minyak yang keluar dari tangki penampung bbm jenis premium tersebut.

” Setau saya dari 12 jumlah gerbong kereta anjlok tadi, di gerbong ke 7 ada minyak yg keluar dari gerbong tangki tersebut, mengalir ke sawah milik Menhani tepat nya yang ada fi sebelah persis tempat kereta anjlok.” jelasnya lagi.

Sementra itu, hngga berita ini diturunkan yang diketahui Masinis kereta api bernama Bayu Prayoga, dengan kereta api yang anjlok tersebut sudah kembali melanjutkan perjalanan dengan tujuan nya semula, belum ada keterangan resmi baik itu dari pihak PT KAI ataupun Pertamina selaku pihak yang berwenang.(mg21)

Baca Selengkapnya

Lahat

Lahat Akan Rekrut CPNS

Published

on

H Januarsyah Hambali

REL, Lahat – Setelah puluhan tahun, masyarakat Lahat khususnya menunggu adanya pembukaan lamaran pekerjaan di pemerintahan, bahkan, sudah banyak yang mengadu nasib dengan mencoba di Kabupaten Tetangga, akhirnya angin segar akan dibukannya perekrutan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemkab Lahat pun nyaring terdengar.

Dari info dilapangan, tahun ini Pemkab Lahat berencana akan membuka rekrutan untuk CPNS dari jalur umum. Bahkan, hampir sekitar 290 kebutuhan telah diusulkan kepada KemenPAN, yang telah diajukan langsung oleh Pemkab Lahat, untuk penuhi kebutuhan di pemerintahan.

Dikonfirmasi oleh Bupati Lahat Cik Ujang, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, Januarsyah SH MM, saat dibincangi diruangan membenarkan akan adanya pembukaan lowongan di pemkab Lahat, sudah mengusulkan lebih dari 300 untuk rekrut CPNS baru, dimana ini ditujukan terkait formasi yang jadi kebutuhan mendesak, yang harus segera dipenuhi.

“Insyaallah, tahun ini akan diadakan rekrutmen PNS. Dimana diantaranya, untuk tenaga guru agama, guru kelas dan guru olahraga. Teruntuk tenaga kesehatan sudah cukup banyak diusulkan, seperti dokter gigi, tenaga sanitasi gizi, dan apoteker, dimana nantinya ini akan ditempatkan di puskesmas puskesmas yang ada dalam Kabupaten Lahat.” jelas Sekda. Senin (1/7/2019)

Lanjutnya, usulan untuk rekrutmen baru ini sudah diajukan langsung ke Kemenpan. Selain pembukaan untuk yang sudah disebutkan sebelumnya, seperti tenaga teknis ini akan difokuskan ke teknik konstruksi, sipil, arsitektur, dan perencanaan. Jika disetujui, akhir tahun 2019 ini bakal dilakukan tesnya. Sedangkan untuk sisa K2 (honorer) yang belum diangkat, juga telah diusulkan lebih dari 200 orang, yang mudah mudahan usulan ini nantinya dapat segera langsung diterima.

“ Tentunya, semua usulan yang dimasukan harus sesuai dengan formasi, terhadap jumlah PNS purna bhakti yang ada di Pemkab Lahat. Sehingga saat merekrut CPNS nanti, tidak lagi kan membebani keuangan daerah. Dan bagi K2, harus tetap ikuti jalur tes nantinta, sebab hak dan kewajiban mereka kan sama seperti PNS, dan ini harus tetap mengikuti aturan yang ada.” tukasnya. (mg21)

Baca Selengkapnya

Lahat

Fitria Jadi Korban ‘Pecah Kaca’

Published

on

PERIKSA : Modus pecah kaca. Para pelaku kembali beraksi di Kota Lahat.
  • Tas Berisi Laptop, Dompet dan Uang Raib Digondol Pencuri

 

REL, Lahat – Banyak cara yang dilakukan para Pelaku pencurian, salah satunya dengan modus pecah kaca. Para pelaku kembali beraksi di Kota Lahat. Berdasarkan info yang di dapat dari Polres Lahat, tepatnya pada Senin (17/6/2019) lalu, sekitar pukul 13.00 WIB. Fitria, seorang pegawai di Puskesmas Pagar Agung Lahat ini, melapor ke SPKT Polres Lahat, lantaran sudah jadi korban bandit pecah kacah.

Kejadian itu dialami korban ketika mobil jenis Daihatsu Xenia BG 1541 EA miliknya, terparkir persis pinggir jalan lintas depan puskesmas tempatnya bekerja. Tiba-tiba korban mendengar kabar dari tukang ojek yang ada di pangkalan disekitar lokasi, bahwa ada bandit pecah kaca sedang beraksi, yang ternyata itu milik mobil korban Fitria.

“Para pelaku ini, melakukan aksinya denga memecahkan kaca bagian depan sebelah kiri. Berdasarkan dari keterangan saksi di lapangan, pelaku berjumlah dua orang dengan menggunakan sepeda motor,” terang Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK, melalui Kasubag Humas, Iptu Sabar T ditemui membenarkan adanya hal ini, Rabu (19/6).

Akibat kejadian itu, warga Penghijauan Kelurahan Bandar Jaya, Lahat ini, terpaksa kehilangan sebuah tas berisi laptop, dompet,  dan uang senilai Rp 600 ribu. Saat ini kata Sabar anggota Satreskrim tengah memburu pelaku yang sudah buat resah masyarakat tersebut.

“ Saat Anggota unit reskrim, sedang memburu para pelakunya, yang sering kali meresahkan warga Lahat. Untuk itu, kita menghimbau agar masyarakat jangan meninggalkan barang barang berharga di dalam kendaraan, Tentu ini dapat memancing aksi para pelaku kejahatan, yang dengan segala cara akan mereka lakukan.” imbau Sabar. (mg21)

Baca Selengkapnya

Trending