oleh

Ispa dan Diare Masih Juara Dimusim Kemarau

REL, Empat Lawang – Musim kemarau yang terus melanda Kabupaten Empat Lawang dan sekitarnya. berbagai penyakit mulai menyerang masyarakat, namun yang menjadi jawara tetap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan atau (Ispa) dan penyakit Diare.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, Wiwik melalui Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Junaidi mengatakan, pihaknya mendapat laporan bahwa Ispa dan Diare merupakan penyakit yang paling banyak diderita masayarakat sepanjang  musim kemarau ini.

Namun pihaknya belum bisa merincikan secara pasti berapa orang penderita penyakit tersebut dengan alasan belum melakukan perekapan dan belum semua puskesmas melaporkan ke pihaknya.

“Iya Ispa dan Diare penyakit tertinggi penderitanya selama kemarau. Kalau ispa sangat berpengaruh dengan kemarau karena banyaknya debu dan asap. Sedangkan diare kemungkinan besar disebabkan minimnya air bersih, sehingga diduga banyak air yang kurang bersih terkonsumsi,” ujar Junaidi.Kemarin (18/9/19).

Untuk upaya pencegahan penyakit Ispa, Junaidi menuturkan pihaknya sudah berbagai macam cara upaya antisipasi. Mulai dari sosialisasi, imbauan imbauan hingga pembagian masker secara gratis untuk masyarakat Empat Lawang.

“6000 masker sudah kami bagikan sebagai bentuk upaya pencegahan penyakit Ispa. Kami juga terus sosialisasikan dan himbauan himbauan terutama ke UPTD se Empat Lawang untuk gencar lakukan upaya antisipasi,” tegasnya.

Untuk diare juga, masih kata Junaidi, pihaknya juga terus mengimbau masyarakat untuk selalu berprilaku hidup bersih. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang higienis. Dan cek kesehatan sesegera mungkin di pelayanan kesehatan terdekat.

“Memang masalah air ini kami tidak bisa berikan solusi terbaik. Tapi kami terus mengimbau masyarakat untuk tetap berprilaku hidup bersih. Baik makanan dan minuman harus bersih. InsyaAllah kalau berprilaku hidup sehat mudah mudahan dalam keadaan apapun kita akan tetap sehat,” tutupnya. (Mg20)

BACA JUGA