Connect with us

Empat Lawang

Isak Tangis Mengiringi Penertiban PKL

Published

on

Caption : Suasana penertiban lapak di pasar pulo mas Tebing Tinggi.

 

REL,Empat Lawang – Isak tangis aksi protes para pedagang kaki lima (PKL) yang hendak di pindahkan ditempat asal semula,sempat terjadi kericuhan kepada aparat satuan polisi pamog praja (Pol-pp) di pasar pulo mas Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Penolakan tersebut lantaran lapak yang di sediahkan tidak layak serta becek, sehingga membuat para pedagang kaki lima (PKL ) memilih tempat untuk berjualan di lahan parkir.

“Berjualan disini paling banyak 300 ribu sedangkan kami bayar karcis sampah 1.000,bayar karcis tidak tau kacis apa itu mungkin lapak sebesar 2,500 dan bayar jaga malam 2.000 kami bayar,laku cuma 200 dari mana lagi kami mau makan wajarlah kami pindah kedepan sini,”Keluh Ratna Dewi,Rabu (22/4/20).

Yuli pedagang Ikan lainnya juga mengatakan bahwa lapak lapak yang kosong itu di miliki satu orang wajar saja kalau banyak lapak tidak ada pedagangnya

“itu banyak dag katek wong nyo satu wong ngambek limo tempat,jadi tempat itu dag katek wongnyo jadi kosong.lah pernah aku sampaikan bongkar lah mangko tau yang mano jualan dan mano yang disewokan,”Jelasnya.

Sementara Kasat Pol PP Suan Amri mengatakan penertiban pasar yang dilakukan untuk menyesuaikan konsep Penataan pasar yang sudah di sediakan tempat untuk berjualan .

“penertiban pasar ini untuk menertibkan para pedagang yang membuka lapak dagangannya yang tidak sesuai dengan tempat dan No undian nya tersebut agar pindah ke tempat yang seharusnya ” tegasnya

Sedangkan Kepala UPTD Pasar Tebing Tinggi Medi,dikompirmasi wartawan melalui via telepon mengatakan pihaknya kemarin di panggil bupati Empat Lawang bersama instansi terkait adanya laporan masayarakat sesama pedagang apabila tidak di tertibkan akan berjualan kedepan semua.

“Bupati agak tersinggung karena ada yang melapor langsung ke no beliau,jadi kami di panggil bupati lima OPD itu,jadi di perintahkan garda terdepan itu Pol-pp,”Ujar Medi.

Kalau dinas perindustrian dan perdagangan Lanjut Medi ,selama ini sudah secara lisan melakukan pendekatan pemberitahuan,

“Karena kami itu menghindari kecemburuan sosial antar sesama pedagang itu dan nyatanya memang benar mereka,kalau tidak bisa dirapikan kami bakal pindah kedepan lagi katanya pedagang,”Jelasnya

Masih dikatakan Medi,yang di takutkan pak bupati yang di pinggir jalan itu kalau tidak di tertibkan bisa sampai kejembatan lagi,sama seperti pedagang ikan itu yang berjualan di lahan parkir kalau tidak di terbitkan bisa jadi yang di lapak diseng itu pindah di lapangan juga.

“Karena itu kemarin di printah kan pak bupati langsung dan beliau tidak mau lagi selengek selengek’an kalau mau tegas ya tegas karena perda nya itu di pol-pp kalau disprindag sudah semaksimal mungkin untuk menata pasar itu,”Pungkasnya.(Mg20).

Empat Lawang

Edi Sugandi Jabat Kasi Datun

Published

on

Caption : Edi Suganti saat dilantik di Kejari Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Kepala Kejaksaaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, Sigit Prabowo SH MH, melantik Edi Sugandi sebagai Kepala Seksi ( Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN), menggantikan Andi Candra.

Sementara Andi Candra kini menjabat Kacabjari Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

“Kita berharap Edi Suganda segera menyesuaikan diri di tempat kerja baru ini,” harap Sigit Prabowo.

Ini lantaran, diakuinya, tugas Datun sangatlah penting dalam pendampingan hukum, penegakan hukum serta pelayanan hukum.( Rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Giliran TNI, Polisi serta Guru

Published

on

Caption - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) memeriksa vaksin gelombang kedua tiba di Dinas Kabupaten Empat Lawang.

/// Sasaran Vaksin Covid Tahap II

REL,Empat Lawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, kembali menerima vaksin covid-19 tahap II di Dinas kesehatan Empat Lawang, kemarin (2/3).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes ) Empat Lawang Sulni melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit ( P2P), Dr. Ivon Meliyani mengatakan sebanyak 250 vial vaksin covid -19 diterima dengan sasaran 1.741 orang.

“Gelombang dua ini, sasaran TNI-Polri dan tenaga pendidikan,”Kata Ivon saat menerima vaksin.

Masih dikatakan Ivon data yang telah masuk kedinas kesehatan sebanyak 1200 orang yang akan divaksin,

“Data yang sudah masuk ke kita ada 1200 orang sedangkan kita mendapatkan kuota sebanyak 1.741,”Ujarnya.(Pad/rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Luring terapkan Sistem 5S

Published

on

Foto : Anita / REL Caption : Siswa dites thermogun saat masuki ruangan

REL,Empat Lawang – Di era pandemi, dunia pendidikan masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Semua sekolah di Kabupaten Empat Lawang masih menerapkan sistem PJJ baik secara daring ataupun luring sekarang ini. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem PJJ yakni SMP N 1 Muara Pinang.

Kepala SMP N 1 Muara Pinang, Hadi, mengatakan sekolahnya menerapkan sistem pembelajaran daring bagi siswa yang mempunyai handphone, dan pembelajaran luring bagi siswa yang tak mempunyai hanpdhone.

“Anak belajar di rumah, guru mengajar dari sekolah via handpone,” kata Hadi.

Pada saat siswa ke sekolah, sekolah menerapkan sistem 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun untuk menyambut kedatangan siswa. Tentunya penerapan 5S tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penerama program 5S sendiri menurut dikatakan Hadi, sejak tahun 2016 sudah mulai diterapkan di sekolah.(Ian/rel)

Baca Selengkapnya

Trending