oleh

Investor Kelapa Sawit Bakal Beroperasi di Tiga Kecamatan

REL, Empat Lawang – Kabupaten Empat Lawang, kembali didatangi Investor. Kali ini, salah satu perusahaan berniat menanamkan investasi dibidang perkebunan kelapa sawit di wilayah tiga kecamatan dalam kabupaten ini, antara lain Kecamatan Sikap Dalam, Kecamatan Ulu Musi dan Kecamatan Pasemah Air Keruh.

Perusahaan yang dimaksud yakni PT Mitra Lawang Agrotama (PT MLA) yang saat ini sudah mengantongi izin lokasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, seluas 12.033 hektar dan luasan perkebunan 8.929 hektar, di ketiga kecamatan tersebut.

Saat ini, proses izin operasoonal perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut dalam tahap perbaikan dokumen Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan Hidup (KA-Andal) rencana usaha dan/atau kegiatan pembangunan perkebunan kelapa sawit, setelah digelar Rapat Tekhnis KA-Andal rencana usaha dan/atau kegiatan pembangunan perkebunan kelapa sawit perusahaan tersebut, yang digelar di auala Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, Senin (3/12).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Munfazir Ghozali melalui Kabid Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup (PPLH), Harry Pratama selaku Ketua Tim Tekhnis penyusunan KA-Andal rencana usaha dan/atau kegiatan pembangunan perkebunan kelapa sawit PT MLA mengatakan, siap membantu dan pihaknya siap mengikuti mekanisme penyusunan dokumen tersebut sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami berharap, dengan masuknya PT MLA di Kabupaten Empat Lawang, dapat memberikana manfaat bagi masyarakat dan Kabupaten Empat Lawang secara keseluruhan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Harry menyampaikan, rencana lokasi kegiatan PT MLA kata dia, ada di 14 desa dalam wilayah tiga kecamatan. Pihaknya meminta agar pihak perusahaan tetap menjaga azaz manfaat itu dengan tetap berkomitmen sampai kapanpun.

“Saya minta pihak perusahaan tetap menjaga azaz manfaat ini dengan tetap berkomitmen menerapkannya,” pinta Harry.

Di sisi lain, perwakilan pihak PT MLA selaku pemprakarsa kegiatan teraebut, Syafid Mustofa mengatakan, pihaknya berniat membuka areal perkebunan kelapa sawit di tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Empat Lawang. “Kami ingin berinvestasi di wilayah tiga kecamatan dengan membuka perkebunan kelapa sawit bagi areal-areal yang memungkinkan. Kata kuncinya, bagi areal-areal yang memungkinkan kita dibuka,” imbuh Syafid.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari 14 desa yang ada di tiga kecamatan yang menjadi wilayah perusahaan, akan dipilah-pilih wilayah mana saja yang layak dibuka perkebunan kelapa sawit. Setelah dinyatakan layak, pihaknya akan menggarap sedikit demi sedikit.

“Pada dasarnya, kami ingin mengikuti seluruh mekanisme dan aturan-aturan yang ada untuk meminimalisir penyimpangan pada aturan-aturan yang akan terjadi,” ujarnya.

Pihaknya jelas Syafid, tidak mau grasak-grusuk, namun akhirnya nanti akan timbul persoalan-persoalan. Karena itu pihalnya mau mengikuti mekanisme-mekanisme sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

“Kami akan mentaati aturan yang berakitan dengan lingkungan. Mudah-mudahan, jika perusahaan ini terwujud akan membawa manfaat, terutama bagi masyarakat yang bersinggungan langsung dengan perusahaan ini,” kata dia. (12)

BACA JUGA