oleh

Inilah Penjelasan Istilah ODP,OTG dan PDP

 

Mungkin sebagian masyarakat maupun orang banyak belum mengetahui apa itu istilah OTG,PDP,ODP dalam kasus penyebaran wabah virus Covid 19 (Virus Corona).

>>>PADRI SATIAWAN<<<

REL,Empat Lawang – Istilah tersebut beredar dikalangan masyarakat,akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui apa arti dan maksud dari istilah itu.

Dari obrolan wartawan Rakyat Empat Lawang (REL),bersama Juru bicara gugus tugas penanganan covid19 Kabupaten Empat Lawang,Dokter Arga Sena Setiawan mengatakan istilah ini sudah beredar dikalangan masyarakat tetapi tidak sedikit yang mengerti dan memahami arti dan maksudnya.Minggu (29/3/20).

Dari penjelasan Juru Bicara penanganan virus covid 19 Empat Lawang mengatakan Orang Tanpa Gejala disingkat menjadi (OTG), Orang Dalam Pemantauan disingkat (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan disingkat (PDP)

Untuk penetapan status Orang tanpa gejala (OTG) riwayat perjalanan atau riwayat kontak positif, tanpa ada gejala

Sedangkan Orang dalam Pemantauan (ODP), riwayat perjalanan atau riwayat kontak positif ditambah satu dari gejala demam atau riwayat demam, batuk/pilek/sakit tenggorokan, sesak napas.

Sementara Pasien dalam pengawasan (PDP) riwayat perjalanan atau riwayat kontak positif,Ada gejala Demam (wajib ada) ditambah salah satu dari batuk/pilek/sakit tenggorokan, sesak napas.

Namun demikian,iapun menghimbau masayarakat agar tidak panik dengan kondisi saat,tetapi tetap waspada dan turuti anjuran pemerintah demi kebaikan kita bersama.

“Jaga kesehatan,jaga kebersihan dan luangkan waktu untuk berjemur serta turuti arahan atau anjuran pemerintah,kalau bukan dari kita yang memulai siapa lagi ,sayangi tubuh kita,kluarga dan orang terdekat,peran aktif masyarakat saat di butuh dalam pemutusan penyebaran wabah virus covid 19 (Virus Corona) ini,”Tutur Arga,(Mg20).

BACA JUGA