oleh

Himbau Siswa Tidak Liburan ke Luar Kota

Himbau Siswa Tidak Liburan ke Luar Kota

REL, Empat Lawang – Libur sekolah telah tiba. Namun libur sekolah di tahun ini terasa berbeda dikarenakan pandemi yang masih saja merajalela. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih melalui Kabid SMP, Jhon Heri menghimbau kepada Kepala Sekolah tingkat SMP agar memberikan himbauan baik resmi maupun tidak resmi agar orang tua tidak mengajak anak-anaknya berlibur ke luar kota, apalagi pergi berlibur ke wilayah yang masuk zona merah.

“Kepala sekolah tidak boleh mengizinkan siswa siswinya liburan ke luar kota, baik himbauan secara resmi ataupun tidak resmi,” kata Jhon Heri saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (22/12).

Apabila ada yang kedapatan melanggar liburan ke luar kota terutama ke wilayah yang masuk zona merah, lanjut Jhon Heri, dihimbau agar kepala satuan pendidikan SMP dapat melakukan tindakan lanjutan kepada siswa bersangkutan.

John Heri menambahkan agar siswa memanfaatkan liburan semester secara bijaksana dalam artian mengingat kondisi kesehatan maupun kondisi peredaran Covid-19. Ia menekankan kepada orang tua untuk tidak mengizinkan anaknya ke luar kota apalagi ke daerah yang zonanya merah.

“Luangkan sedikit waktu sebijaksana mungkin tidak perlu ke luar mengunjungi tempat yang ramai. Libur sekolah tidaklah panjang oleh sebab itu manfaatkan liburan untuk mempersiapkan tatap muka yang akan dilaksanakan mulai 4 Januari 2021 mendatang,” ucapnya.

Kepala SMP N 1 Tebing Tinggi, Setyo Haryono mengatakan siswa-siswinya sudah dihimbau agar masa liburan digunakan sebaik-baiknya untuk yang bermanfaat. Hal itu dikarenakan keselamatan dan keamanan siswa adalah yang utama.

“Juga dihimbau untuk tidak liburan ke luar daerah,” ujar Setyo.

Senada dengan Setyo, Kepala SMP N 3 Paiker, Yenni Juniarti menghimbau mengingat liburan ini bertepatan dengan pergantian tahun, setiap wali kelas harus menyampaikan kepada siswa untuk tetap di rumah membantu pekerjaan orang tua dan tidak mengadakan kerumunan dengan memeriahkan perayaan pergantian tahun.

“Dihimbau kepada siswa agar lebih baik di rumah saja membantu orang tua dan di tahun baru ini siswa diharapkan tidak mengadakan kerumunan,” himbau Yenni. (Mg15)

BACA JUGA