Connect with us

Kabar Sumsel

Herman Deru : Data BPS itu Ibarat GPS dan Kompas

Published

on

DATA : Pemantapan Statistik Pertanian dan Program Nasional Ketahanan Pangan 2018 2018 di Hotel The Zuri, Selasa (23/10).

REL, Palembang – Gubernur Sumsel Herman Deru menghimbau semua organisasi perangkat daerah (OPD) membiasakan diri menggunakan data Badan Pusat Statistik (BPS). Pernyataan tersebut diungkapkannya saat membuka  Pemantapan Statistik Pertanian dan Program Nasional Ketahanan Pangan 2018 di Hotel The Zuri, Selasa (23/10).

Dikatakan mantan Bupati OKUT dua periode itu sejak memimpin OKUT dirinya sangat konsen bahwa setiap kebijakan, program tidak lepas dari data. “Saya sendiri salah satu orang yang berpegangan dengan data, setiap melakukan kebijakan, program tidak pernah saya lari dari data. Ini GPS dan Kompas bagi saya,”katanya.

Diceritakannya pengalaman menjadi Bupati OKU Timur dua periode, dirinya pernah mencatat rekor dari Kabupaten termiskin di Sumsel bisa menjadi Kabupaten sejahtera di Sumsel. Hal itu tak lepas karena data. Setiap kebijakan apalagi yang menyangkut publik menurutnya mutlak membutuhkan data, tidak bisa hanya menggunakan feeling. Saat itu sekitar 11 tahun lalu Sumsel sudah dicanangkan sebagai provinsi lumbung pangan.

Lebih jauh HD mengatakan bahwa BPS ini lembaga yang dibuat oleh negara yang menyajikan hasil, survei, data statistiknya untuk kebijakan bagi para pengambil kebijakan, sehingga mengambil kebijakan itu berbasis data.

Hal ini jelas erat keterkaitan dengan ketahanan pangan dan pertanian mengingat Sumsel lumbung pangan nasional.

Maka itu dirinya mengajak semua OPD Sumsel untuk mengubah mindset jika selama ini hanya feeling dan keahlian, jadi membuat program harus berdasarkan data oleh BPS.

Dia juga menghimbau kepada peserta yang diutus dari perwakilan Kabupaten/Kota untuk segera berkoordinasi dengan kepala daerahnya masing-masing agar dalam membuat kebijakan harus memakai data BPS.

Di kesempatan ini, Gubernur Herman Deru mengucapkan terima kasih atas aktifnya BPS dalam menyajikan data terhadap Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru atas arahan dan sarannya kepada BPS. “Seperti arahannya bahwa semua perencanaan, evaluasi harus berbasis data.

Kegiatan Pemantapan Statistik Pertanian dan Program Nasional Ketahanan Pangan 2018 yang diikuti sebanyak 16 Provinsi di Indonesia, bertujuan untuk membekali para peserta tentang kegiatan statistik pertanian dan hubungan BPS terhadap program nasional ketahanan pangann serta meningkatnya kompetensi bagi teman-teman BPS di Kabupaten/Kota.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Statistik Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan RI Hermanto, Direktur Statsitik Peternakan, Perikanan dan Kehutanan RI Yomin Tofri, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Endang Tri Wahyuningsih serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumsel yang terkait. (rel)

Empat Lawang

Saat Hendak Memikat Burung,Dua Remaja Tewas Mengenaskan

Published

on

Caption : Korban ditemukan tergeletak di rel kereta api desa Sawah Kecamatan Saling

REL,Empat Lawang – Warga Desa Sawah Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang digegerkan penemuan dua sosok mayat laki laki remaja tewas tergeletak di jalan rel kereta api dengan kondisi yang mengenaskan.

Dari informasi yang didapat identitas korban yakni Nopri (16) Bin Hatta Warga Desa Suka Kaya Kecamatan Saling dan Pebriansyah (14) warga Desa Tanjung Gelang Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong .

Adapun kronologis kejadian yang dijelaskan oleh Dodi (20) kakak korban (Nopri) berawal pada hari Senin tanggal 23 November sekitar pukul 10 : 00 wib adiknya berpamitan keluar rumah untuk memikat burung bersama temannya.

Hingga sampai larut malam,adik korban juga tidak kunjung pulang kerumah,lalu kakak korban berusaha mencari keberadaan korban dan alhasil korban juga tidak ditemukan.

Namun ke esokan harinya sekitar pukul 07 : 00 wib kakak korban mendapatkan kabar bahwa adiknya ditemukan tewas ditabrak kerta api (Kereta tanki) dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

Dan kedua korban dibawa ke RSUD Empat Lawang untuk dilakukan VER.

Kepala Desa (Kades ) Suka kaya Hernaen dikompirmasi wartawan membenarkan kejadian tersebut

“Ya benar itu warga saya,pagi tadi saya mendapatkan informasi bahwa warga saya meninggal di tabrak kereta api,”Tukasnya.(Mg20)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Kunker DPR RI,Bupati Usulkan Beberapa Pembangunan

Published

on

Caption : Audiensi Komisi V DPR RI bersama Bupati Empat Lawang dirumah dinas.

REL,Empat Lawang – Bertempat di rumah dinas bupati Empat Lawang,kunjungan kerja (Kunker ) anggota Komisi V DPR RI Hanna Gayatri,SH dari Fraksi Partai Amanat Nasional beserta rombongan disambut langsung oleh bupati Empat Lawang,sabtu siang Kemarin (24/10)

Dalam audiensi terbuka itu tidak luput juga turut dihadiri ,Staf Khusus Bupati,Kadis Perumahan dan Pemukiman,Kadis Lingkungan Hidup Daerah,Kadis Perhubungan,Kadis Kominfo,Kepala Bappeda dan Kabid PU Cipta karya serta stegholder lainnya.

Pertemuan kurang lebih tiga jam ini yang membahas beberapa agenda besar dibidang pembangunan dikabupaten empat Lawang kedepan termasuk dalam pembahasan,
diantaranya kelanjutan pembangunan Jembatan Penghubung antara kecamatan Ulu Musi – Pasemah Air Keruh dan beberapa pembangunan jembatan lainnya.

Selain itu, pemerintah kabupaten Empat Lawang juga menyampaikan dan menyerahkan beberapa usulan pembangunan baik dibidang lingkungan hidup,transportasi hingga penataan pemukiman kumuh.

Pelebaran jalan Nasional mulai dari Gerbang perbatasan Empat Lawang – Lahat hingga ke pusat kota Tebing Tinggi juga menjadi salah satu usulan prioritas Pemerintah kabupaten Empat Lawang,dengan perencanaan pembangunannya pada tahun anggaran 2022 nanti.

Bupati Empat Lawang H.Joncik Muhammad mengapresiasi dan berterima kasih kepada Hanna Gayatri yang telah banyak membantu pembangunan yang ada di kabupaten Empat Lawang selama ini.

” Ayunda Hanna Gayatri ini sangat konsen dan memiliki perhatian penuh terhadap pembangunan diempat lawang,bahkan hampir semua usulan yang kita sampaikan sebagian besar telah terealisasi dan beliau ini sangat luar biasa dalam memperjuangkan pembangunan dikabupaten empat lawang melalui anggaran pusat,”Ucapnya.

Sementara Hanna Gayatri mengatakan,apa pun itu untuk masa depan Empat Lawang,ia akan berupaya se optimal mungkin memperjuangkan baik usulan berupa fisik maupun anggaran pusat buat pembangunan yang ada di kabupaten ini.

“Ibu saya dilahirkan di tebing tinggi ini,untuk itu empat lawang merupakan sejarah bagi saya dan akan saya perjuangkan masa depan empat lawang salah satunya ya dengan pembangunan” ungkapnya bersemangat.

Ia juga memberikan contoh apa yang telah ia lakukan untuk empat lawang,diantaranya pembangunan jembatan penghubung kecamatan Ulu Musi – Paiker yang saat ini dalam proses pengerjaan dan juga pembangunan lainnya.Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

RSUD Jadi Klaster Baru Corona

Published

on

Foto : Ilustrasi

REL,Empat Lawang – Sebelumnya kasus positif corona di Empat Lawang berjumlah 8 orang dan 7 diantaranya dinyatakan sudah sembuh.

Namun,terhitung mulai tanggal (31 /8/2020 ) kasus positif corona bertambah satu orang ,

Penambahan satu kasus dari kluster RSUD. yang berinisial CDJ seorang perempuan ( 23 ) salah satu tenaga kesehatan RSUD, warga Desa Terusan Baru Kecamatan Tebing Tinggi.

Dari informasi yang didapat pasien 09 yang sebelumnya berstatus suspek dan setelah dilakukan swab 2 kali yang mana swab pertama negatif dan swab kedua positif dan saat ini sudah menjalani isolasi mandiri sejak timbul gejala.

“Pasien 09 itu salah satu perawat bangsal (Perawat ruangan ) Honorer di RSUD Empat Lawang dan yang bersangkutan sudah melakukan swab,
swab dilakukan pada tanggal 24 dan 26 agustus kemarin,”Kata Jubir Gugus tugas Covid-19 dr.Arga Sena Setiawan.Senin (31/8).

Masih dikatakan Arga,pasien 09 itu mempunyai riwayat perjalanan ke luar kota.

“Riwayat pasien 09 pernah berpergian ke palembang,namun saat ini masih dalam proses tracking yang kontak erat dengan pasien,”Jelasnya.

Sementara dirut RSUD Empat Lawang dr.Devi Andriyanti saat dikompirmasi melalui via pesan singkat whatsapp terkait dominan positif covid-19 banyak dari pegawai RSUD,tidak merespon pertanyaan dari awak media melainkan whatsapp awak media yang ingin kompirmasi tersebut diblokir oleh direktur RSUD.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending