oleh

Hari Raya Dipastikan Dari Hasil Isbat Kemenag RI

REL, Empat Lawang – Jika dilihat dari Kalender Masehi, hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah, jatuh pada tanggal 15 Juni 2018 dengan kata lain ibadah bulan puasa ini tinggal dua minggu lagi.

Akan tetapi pihak Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Kementrian Agama, masih harus menunggu hasil dari sidang Isbat yang dilakukan oleh Pemerintah pusat dan menetapkan hilalnya.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Empat Lawang H. Syukri melalui Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Saifullah Rozak mengatakan untuk satu Syawal masih menunggu hasil dari sidang Isbat Pemerintah pusat.

” Insha allah satu Syawal jatuh pada tanggal 15 juni, tapi untuk penetalannya kita masih menunggu hasil sidang isbat, yang dilakukan pemerintah dari Kementrian Agama RI,” katanya.

Tapi lanjut Saiful, kemungkinan besar satu Syawal itu jatuh pada hari Jum’at tanggal 15 Juni 2018,” nampaknya satu Syawal itu jatuh pada tanggal 15 Juni, hari Jum’at,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, kemungkinan besar hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan secara serentak.

” Insaallah ada kemungkinan serentak Idul Fitri tahun ini. Misalkan beda kita ikuti ketetapan pemerintah, sebab yang jadi pedoman itu pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama,” jelasnya.

Dirinya menghimbau kepada seluruh umat Muslim yang ada di Kabupaten Empat Lawang ini, agar merayakan hari kemenangan ini tidak terlalu berlebihan.

“Saya himbau kepada masyarakat bahwa jangan terlalu berlebihan belanja lebarannya, yang terpenting itu kita patut bersyukur bahwa kita bisa menjalankan puasa dengan sempurnah, yang sesuai dalam Al Qur’an yaitu mencapai derajat yang tinggi yaitu Taqwa,” tandasnya. (Mg14)

BACA JUGA