oleh

Harga “Si Pedas” Kembali Turun

REL, Empat Lawang  – Diketahui sebelumnya bahwa harga cabai di Pasar Pulo Mas Tebing Tinggi sempat naik hingga 50 persen. Dari harga sebelumnya hanya Rp 30 ribu sampai 35 ribu perkilogram naik menjadi Rp 70 ribu perkilogramnya.

Naiknya, harga tersebut ternyata tidak berlangsung lama. Sejak beberapa terakhir ini harga cabe merah turun dan kembali normal hingga Rp 30 ribu perkilogram.

‘’Turunnya harga cabai merah sudah terjadi sejak beberapa terakhir paska lebaran idul fitri, dari sebelumnya Rp 75 ribu menjadi Rp 30 ribu perkilogram,’’ kata Mar (40) salah seorang pedagang cabe di Pasar Tebing Tinggi, saat dibincangi, Rabu (9/6).

Menurut Mar turunnya harga cabai biasa terjadi bila hasil panen cabai petani meningkat. Terlebih pada musim saat ini kemungkinan banyaknya hasil panen cabe bisa saja terjadi, sehingga persediaan di pedagang berlebihan.

‘’Karena banyaknya persediaan, sementara permintaan tidak membeludak otomatis harga menjadi turun,’’ ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Dewi (35) salah seorang pemilik rumah makan di Pasar Tebing Tinggi mengaku sejak turunnya cabe merah dipasaran, dirinya langsung membeli cukup banyak untuk disimpan di rumah dan untuk keperluan usaha rumah makan miliknya.

“Ya ini belanja cabai cukup banyak. Untuk keperluan rumah makan kami,dan juga mengantisipasi apabila terjadi kenaikan lagi secara mendadak,”tuturnya. (Mus)

Komentar

BACA JUGA