oleh

Harga Bawang Putih Melonjak Dahsyat

REL, Tebing Tinggi – Hari pertama bulan Ramadhan ada banyak komoditi pangan yang mengalami perubahan harga, lebih tepatnya mengalami pelonjakan harga yang sangat signifikan. Termasuk harga bawang putih yang melonjak tinggi sejak beberapa hari yang lalu.

“Seminggu jelang Ramadhan harga bawang putih sudah sering naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu. Naiknya hanya Rp 5 ribu. Tapi ketika hari pertama Ramadhan harganya benar-benar naik berkali-kali lipat,” kata Elvi salah seorang PKL di Pasar Pulo Emass Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Senin (6/5/2019).

Hal serupa juga dikatakan oleh Dija, ia mengaku tidak terlalu kaget dengan kenaikan harga-harga komoditi pangan. Hal tersebut dikarenakan kenaikan harga sudah pasti terjadi di bulan Ramadhan.

“Kami sudah menduga akan naik harga seperti tahun-tahun sebelumnya. Kali ini tak tanggung-tanggung saya menjual bawang putih dari harga Rp 35 ribu menjadi Rp 80 ribu per kilo,” ucap Dija

Senanda dengan itu, Dewi mengatakan hal yang sama bahkan ia terpaksa menjual bawang putih lebih dari harga yang ditentukan oleh Dija

“Saya terpaksa menjual bawang putih Rp 100 ribu per kilo yang pada awalnya saya menjual dengan harga Rp 35 ribu per kilo,” ungkap Dewi.

Memasuki hari pertama Ramadhan diwarnai kebingungan sejumlah IRT di Kabupaten Empat Lawang. Ibu-ibu mengeluhkan harga bawang putih yang melonjak drastis.

“Astaghfirullah saya sampai tidak bisa berkata apa-apa. Tiap tahun selalu seperti ini. Padahal bawang putih sangat dibutuhkan,” pungkas salah seorang IRT sambil menghela nafas panjang. (Mg15).

BACA JUGA