oleh

Hanya 71 Peserta Yang Lulus Passing Grade

REL, Empat Lawang – Seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Kabupaten Empat Lawang Terancam tidak memenuhi kuota, Pasalnya  dari 5857 peserta tes CPNS asal Kabupaten Empat Lawang, yang dilaksanakan di Kota Lubuklinggau kemarin. Hanya 71 peserta yang lulus Passing Grade, padahal kuota yang dibutuhkan Empat Lawang sebanyak 301 orang.

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad melalui Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Empat Lawang Januarsyah Hambali membenarkan hanya 71 peserta  yang lulus Passing Grade bahkan dirinya sendiri sudah melaporkan kepada Bupati Empat Lawang mengenai hal tersebut.

“Kita sudah koordinasi dan melapor kepada Bupati Empat Lawang, tentu saja Pemerintah Kabupaten Empat Lawang dalam hal ini Bupati berharap kepada Kemenpan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar kuota untuk Empat Lawang tetap terisi sesuai dengan formasi yang ada,” ungkap Januasyah, Senin (5/11).

Masih dikatakan Januasyah, dirinya dengan Ketua Pelaksana sudah melaporkan hasilnya pelaksaan tes dari tanggal 30 Oktober- 2 November kepada Bupati Empat Lawang.

“Bupati sudah memerintah untuk berkoordinasi Kemenpan dan BKN mengenai hal tersebut. Yang lulus Passing Grade ada 71 orang dari 8857 peserta tes CPNS, sementara yang tidak mengikuti tes itu lebih kurang ada 200 orang,” katanya.

Ke 71 orang yang lulus Passing Grade tersebut lanjut Januarsyah, nantiya akan mengikuti Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

“Tesnya itu kalau dari kita dari tanggal 22 sampai tanggal 28 November. Nah untuk penentuan tes SKB, kita masih menunggu petunjuk dari pusat,” ujarnya.

Dijelaskannya, kebanyakan para peserta tes CPNS tersebut. Banyak yang tidak lulus di Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Banyak yang tidak lulus di TKP, karena tes TKP itu menyangkut masalah kepribadian,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, para peserta tes CPNS Empat Lawang ini mampu mengerjakan soal-soal yang ada, tapi para peserta tersebut tegang pada saat mengikuti tes CPNS tersebut.

“Sebenarnya mampu mereka ini, mereka itu tegang, istilahnya itu nerves. Coba kalau dianggap santai banyak yang lulus Passing Gradre, nah saran saya kedepan misalkan ada penerimaan PNS lagi. Ikutilah pelatihan bagaimana mengikuti tes dengan sistem CAT itu,” tambahnya. (12).

BACA JUGA