oleh

Hanya 18 LSM yang Aktif

  • 8 Diantaranya tak Miliki Kantor

REL, Empat Lawang – Dari sekitar 35 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang pernah terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa Politik (Bankesbangpol) Kabupaten Empat Lawang, ternyata hanya 18 LSM saja yang masih aktif. Namun demikian, dari 18 LSM yang aktif, hanya 10 LSM saja yang memiliki kantor sekretariat di Kabupaten Empat Lawang, sisanya tidak memiliki kantor sama sekali.

Kepala Bankesbangpol Kabupaten Empat Lawang, Agusni Effendi melalui Kepala Bidang (Kabid) Ormas dan LSM, Zulian SIP mengatakan, data tersebut merupakan hasil monitoring dan evaluasi (Monev) LSM di Kabupaten Empat Lawang tahun 2018 oleh pihaknya, yang dilakukan selama beberapa bulan terakhir.

“Itu data yang benar-benar kami cek ke lapangan dan kevalidannya bisa kami pertanggungjawabkan,” ungkap Zulian saat dibincangi wartawan di Tebing Tinggi, Selasa (8/5).

Dipaparkannya, 10 LSM yang dinyatakan aktif dan memiliki kantor di Kabupaten Empat Lawang, antara lain, LSM Gerakan Masyarakat Peduli Kebijakan Pelaksanaan Pembangunan (LSM-GMPKPP), LSM Gabungan Ruang Publik (LSM-Garpu) Kabupaten Empat Lawang, LSM Lembaga Independen Coruption Watch Empat Lawang (ICW4L), LSM Aliansi Indonesia dan LSM Merah Putih.

“Selanjutnya, LSM National Coruption Watch atau NCW, LSM Kriksi, Sumatera Coruption Watch atau SCWC, LSM Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia atau GNPKRI dan Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi atau LKPK,” urainya.

Lebih lanjut disebutkannya, LSM yang aktif namun tidak memiliki kantor antara lain, LSM Genpar, NGO Revolutioner, LSM Team Operasional Penyelamatan Aset Negara Republil Indonesia (TOPAN-RI), LSM Citra Empat Lawang Bersatu dan LSM Puskokatara. “Ada lagi, LSM Pekat, Lembaga Pemantau Pembangunan dan Keuangan Negara Republik Indonesia atau LPPKN-RI dan Palembang Coruption Watch Indonesia,” tandasnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, dari hasil Monev LSM di Kabupaten Empat Lawang tersebut, total 18 LSM yang masih aktif, terdapat di tiga kecamatan, antara lain 14 LSM di Kecamatan Tebing Tinggi, di Pasemah Air Keruh (Paiker) 1 LSM dan di Kecamatan Muara Pinang 3 LSM. “Data ini akan kita serahkan ke Bupati Empat Lawang, dalam waktu dekat,” pungkasnya. (12).

BACA JUGA