oleh

Guru Madrasah Berpeluang Dapat Insentif

REL, Empat Lawang – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Empat Lawang saat ini belum menerima kepastian mengenai isu yang berkembang di masyarakat kalau di tahun 2021 bakal ada pengangkatan guru honorer.

 

Hal itu dikatakan Kasi Pendidikan Madrasah H. Anas Jauhari, saat di bincangi di ruang kerjanya, Selasa (17/11).

 

“Belum, kita belum menerima surat dari Kantor Wilayah (Kanwil) Sumatera Selatan mengenai pengangkatan guru honorer menjadi PNS atau PPPK, biasanya kalau memang ada itu langsung ditindaklanjuti oleh Dirjen Pendidikan Madrasah dan langsung disebarkan ke masing-masing kemenag,” kata Anas Kepada Rakyat Empat Lawang.

 

Dikatakannya, meskipun belum ada kepastian untuk pengangkatan, namun yang pasti baik guru yang sudah berstatus PNS dan yang masih honorer di lingkungan Kementrian Agama saat ini bisa berpeluang untuk mendapatkan insentif atau upah dari Kementrian sebagai kepedulian karena terdampak pandemi virus Corona yang saat ini masih belum mereda di Indonesia.

 

“Kita sudah mensosialisasikan ke semua guru PNS dan Honor agar menginput melalui aplikasi Simpatika Kementrian Agama, guna mengusulkan dirinya untuk mendapatkan bantuan insentif,” ungkapnya.

 

Untuk syaratnya lanjut Anas, para guru wajib aktif di aplikasi Simpatika dan juga menyetorkan fotokopi nomor rekening bank ke Kemenag.

 

“Kita hanya sebagai perantara saja untuk mengusulkan para tenaga guru madrasah , mengenai seleksi selanjutnya kita serahkan ke Kanwil dan nanti kalau uang bantuannya sudah cair itupun langsung ke rekening mereka masing-masing,” ujar Anas.

 

Salah seorang guru honorer di MAN 1 Empat Lawang, Merli mengatakan program bantuan insentif bagi guru honorer sangat membantunya.

 

“Sejauh ini tidak ada kendala, hanya kadang pencairannya yang kadang cepat kadang lambat. Untuk insentif program dari Bupati sudah cair dan sudah nerima juga,” tutur Merli. (Mg15)

BACA JUGA