oleh

Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Saluran Irigasi

REL, Empat Lawang – Dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang kokoh kuat, di wilayah Kabupaten Empat Lawang, Koramil 405-06/Muara Pinang Kodim 0405/Lahat yang dipimpin Danramil Kapten Inf Aen Didi Juardi melaksanakan gotong-royong bersama masyarakat membersihkan saluran irigasi Lintang Kiri sepanjang lebih kurang 3 kilometer, yang berlokasi ditiga Desa yaitu Desa Talang Baru dan Desa Muara Pinang Lama Kecamatan Muara Pinang serta Desa Tanjung Baru Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang, Kamis (31/1/2019).

Kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan ini rutin dilakukan setiap hari Kamis di wilayah Kabupaten Empat Lawang, dan kali ini dihadiri oleh Camat Muara Pinang, Jon Amin, S.E., M.M., Danramil 405-06/Muara Pinang Kapten Inf Aen Didi Juardi beserta Babinsa, Kapolsek Muara Pinang dan para Kades beserta masyarakat dilingkungan yang dilakukan gotong royong.

Danramil 405-06/Muara Pinang Kapten Inf Aen Didi Juardi dalam kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan gotong royong seperti ini dilakukan rutin seminggu sekali yaitu setiap hari Kamis dan diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. “Kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan dan melestarikan budaya yang diwariskan nenek moyang kita yaitu budaya gotong royong, berat sama dipikul dan ringan sama dijinjing harus dibudayakan kembali agar persatuan dan kesatuan di negara tercinta ini semakin erat,” ujar Danramil.

Sementara itu Camat Muara Pinang, Jon Amin, S.E., M.M. menambahkan, bahwa kegiatan gotong-royong bersama ini untuk memotivasi masyarakat bekerja sama, mengingat gotong-royong adalah nilai dari kebudayaan dan ciri khas bangsa Indonesia akan cinta damai. Dengan semangat gotong-royong menimbulkan kebersamaan, keakraban, rasa persaudaraan serta meningkatkan rasa aman, tentram dilingkungan masyarakat.

“Kegiatan gotong royong ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pemukiman masyarakat sekitar menjadi bersih, khususnya saluran irigasi sawah ini akan tidak terhambat aliran airnya hingga ke ilir, sehingga masyarakat dapat maksimal dalam mengairi sawahnya. Selain itu, akan terlihat lingkungan bersih yang dapat menciptakan keindahan lingkungan sehingga masyarakat akan nyaman untuk beraktifitas”, terang Camat Muara Pinang. (12).

BACA JUGA