oleh

Gara-Gara Corona, Siswa Belajar di Rumah

 

 

REL, Tebing Tinggi – Menindaklanjuti instruksi Presiden Republik Indonesia, Jokowidodo, serta surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh TK/PAUD, SD dan SMP se Kabupaten Empat Lawang untuk meliburkan sekolah. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam surat edarannya, Bupati Kabupaten Empat Lawang, H. Joncik Muhammad, melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih mengatakan mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan 1 April 2020 kegiatan belajar dialihkan di rumah masing-masing.

“Iya, mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan tanggal 1 April 2020 seluruh Paud/TK, SD dan SMP di Kabupaten Empat Lawang diliburkan,” kata Rita kepada Rakyat Empat Lawang, Senin (16/3/20).

Selain meliburkan sekolah, surat edaran juga menghimbau agar menunda semua kegiatan lomba pendidikan dan lomba-lomba lainnya. Seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Empat Lawang agar menunda pelaksanaan kegiatan outing class/study tour.

“Siswa diberi tugas belajar di rumah, dan dilarang untuk ke luar rumah dan berpergian ke luar daerah. Serta dihimbau juga untuk menghindari pertemuan dikeramaian,” ujarnya.

Rita menambahkan agar sekolah-sekolah terus berkoordinasi dengan Disdikbud secara continue. Bagi Kepala Sekolah administrasi berkaitan dengan masyarakat dapat dilaksanakan di rumah masing-masing.

“Untuk administrasi sekolah yang berkenaan dengan masyarakat bisa dilakukan di rumah masing-masing,” ucap Rita.

Libur yang dimaksud, lanjut Rita, bukanlah libur dalam artian proses belajar dihentikan sepenuhnya. Akan tetapi siswa siswi diarahkan untuk belajar di rumah dan orang tua siswa agar terus memantau putra putrinya selama di rumah untuk tetap belajar baik melalui sistem daring, aplikasi Ruang Guru, ataupun tugas-tugas yang dikirim melalui email.

“Diharapkan para guru juga paham dengan pola pembelajaran menggunakan teknologi yang sudah ada,” himbaunya.

Rita juga menghimbau kepada para orangtua agar membatasi putra putrinya untuk ke luar rumah dan jangan dibawa ke tempat-tempat liburan atau rekreasi, ke mall, dan lain sebagainya.

“Libur kali ini merupakan upaya pemutusan mata rantai dari Virus Corona sehingga diharapkan anak-anak berada di dalam rumahnya untuk tetap belajar,” tutur Rita.

Namun, Rita mengatakan belajar di rumah tak berlaku bagi siswa yang sedang ujian sekolah.

“Besok libur, kalau pas jadwal ujian ya harus ikut ujian,” tutupnya. (Mg15)

BACA JUGA