Connect with us

Empat Lawang

Fraksi PKB Sampaikan Apresiasi dan Catatan

Published

on

TANDATANGAN : DPRD Empat Lawang bersama Pemda Empat Lawang saat menandatangani nota kesepahaman tentang LKPJ masa akhir jabatan Bupati dan dua Raperda Empat Lawang, Rabu (15/8/2018).

REL, Empat Lawang – Seluruh fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Empat Lawang, memahami dan menyetujui laporan yang disampaikan Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Empat Lawang, tentang pembahasan laporan kerja pertanggungjawaban (LKPJ) masa akhir jabatan Bupati Empat Lawang dan pembahasan dua rancangan peraturan daerah (Raperda) Empat Lawang.

Dua Raperda yang dimaksud adalah Raperda perubahan atas Perda Nomor 3 tahun 2010 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Raperda perubahan atas Perda Nomor 13 tahun 2011 tentang Retribusi Daerah, tahun anggaran 2018.

Dengan telah difahami dan disetujui seluruh fraksi di DPRD Empat Lawang tersebut, nota kesepahaman antara DPRD Empat Lawang dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Empat Lawang, akhirnya ditandatangani keduabelah pihak, Rabu (15/8) sekitar jam 15.00 WIB.

Tentu saja, nota kesepahaman tentang LKPJ masa akhir jabatan Bupati dan dua Raperda Empat Lawang tersebut, bukan tanpa apresiasi dan catatan. Fraksi PKB DPRD Empat Lawang, menyampaikan sejumlah apresiasi dan catatan yang dimaksud saat pandangan fraksi yang disampaikan juru bicara mereka, Syaiful Zahri di hadapan peserta sidang.

“Kami menyampaikan sejumlah apresiasi, salah satunya apresiasi setingginya atas kerja keras Pemkab Empat Lawang, yang telah maksimal dilakukan,” ungkap Saiful.

Pada kesempatan itu, Fraksi PKB DPRD Empat Lawang, melalui juru bicaranya tersebut mengatakan, meski jabatan akan segera berakhir, dengan plus minus jabatan selama dua tahun, namun pihaknya menilai selama dua tahun itu, sudah banyak yang telah dilakukan Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah. “Pak bupati telah menjalin kemitraan yang baik antara eksekutif dan legislatif. Yang kedua, Pemkab Empat Lawang telah melakukan pembangunan infrastruktur yang merata di setiap kecamatan dengan skala prioritas di kecamatan itu sendiri,” kata Saiful.

Selanjutnya, Fraksi PKB Empat Lawang, juga menyampaikan, Pemkab Empat Lawang juga telah memberikan reward kepada ASN di lingkungan Pemkab Empat Lawang, berupa Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP). “Selanjutnya, kami juga mengapresiasi Pemkab Empat Lawang yang telah berhasil merelokasi pedagang kakilima di Pasar Tebing Tinggi, yang sebelumnya carut-marut, kini kondisinya sudah lumayan juga. Terima kasih kami sampaikan kepada bupati dan Polres Empat Lawang dan sejumlah pihak yang telah mendukung upaya itu,” ucapnya.

Meski demikian kata Saiful, sejumlah catatan yang disampaikan Fraksi PKB DPRD Empat Lawang, adanya pedangang yang mulai memasang lapak dagangan di sepanjang jalan utama Pasar Tebing Tinggi, menjelang Idul Adha ini.

“Kami minta Pemerintah daerah dan Polres Empat Lawang, dapat mengantisipasi itu, karena saya lihat para pedagang ini, mulai memasang meja-meja di trotoar-trotoar di jalan pasar itu, takutnya pasca lebaran haji nanti, mereka tetap berjualan seperti dahulu di badan jalan utama kawasan pasar,” terangnya.

Selanjutnya, catatan yang disampaikan Fraksi PKB DPRD Empat Lawang, adalah pengurusan izin usaha bagi para Investor, agar lebih dimudahkan. “Tentu saja tetap mengutamakan atau mengedepankan kepentingan umum,” tandasnya. (12)

Empat Lawang

Ratusan Pemuda, Siswa, dan Mahasiswa Ikuti Pembukaan Jelajah Paiker

Published

on

FOTO: ANITA/REL LAPORAN : Ketua panitia, Fajri Kurniawan sedang menyampaikan laporan kegiatan, Sabtu (11/7).

REL, Empat Lawang – Ratusan Pemuda Siswa, dan Mahasiswa mengikuti acara pembukaan Jelajah Pasemah Air Keruh (Paiker) Bersama Pesona Empat Lawang di Aula Kantor Camat Kecamatan Paiker Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (11/7).

Acara pembukaan berlangsung dari jam 14.30 WIB sampai dengan selesai. Kemudian disusul dengan acara jelajah alam Curug Embun Kecamatan Paiker pada tanggal 12 Juli 2020.

Ketua Pelaksana, Fajri Kurniawan yang saat ini menjadi salah seorang mahasiswa di Universitas Bengkulu (UNIB) dalam sambutanya menyampaikan acara jelejah alam dan pertemuan pemuda diharapkan tidak hanya ada di Paiker saja, namun juga bisa dilaksanakan di Kecamatan lainnya.

“Ke depannya kami berharap pelaksanaan acara seperti ini juga bisa diadakan di Kecamatan lainnya yang ada di Empat Lawang,” kata Fajri, Sabtu (11/7).

Fajri menambahkan ada tiga pemateri yang dihadirkan dalam acara pembukaan Jelajah Pasemah Air Keruh Bersama Pesona Empat Lawang yakni Sadirman dari Dinas Pariwisata Empat Lawang, Supriyadi koordinator dari Pesona Empat Lawang, dan Jon Kenedi ketua dari Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Empat Lawang.

Di tempat yang sama, Camat Paiker, Noperman Subhi melalui Sekcam, Walisa mengatakan semua kegiatan pemuda pemudi ialah untuk kemajuan Empat Lawang dari bidang kesenian, pariwisata alam, dan bidang-bidang lainnya.

“Semoga acara ini berlangsung sukses dan aman,” ucap Walisa. (Mg15)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Pasien 02 Masih Menunggu Hasil Swab

Published

on

Ilustrasi

REL,Empat Lawang – Hasil swab tes ke tiga untuk pasien 02 Covid -19 Kabupaten Empat Lawang saat ini belum keluar sehingga masih diisolasi.

Jubir Covid 19 Empat Lawang Arga Sena dikonfirmasi mengatakan, untuk pasien 02 swab tes ke tiganya memang belum keluar masih menunggu hasil dari laboratorium litbangkes di Palembang.

“Iya,pasien 02 swabtes ketiganya belum keluar kita masih menunggu hasilnya,” kata Arga, Jumat (10/7).

Ia menuturkan, hingga saat ini, pasien 02 beserta empat OTG kerabatnya itu  masih diisolasi di rumah karantina jalan lingkar Kota Tebing Tinggi.

“Pasien masih diisolasi, dia akan dinyatakan sembuh setalah Dua kali Swab Negatif,” ucapnya

Juga, OTG yang dari Saling, yang kontak sama pasien asal Palembang masih menunggu hasil swab tes keduanya.

“Tanggal 8 Juli kemarin kita ambil swab tes kedua untuk empat OTG itu, kita berharap mudah – mudahan hasilnya kembali Negatif, jadi selesai pemantauan untuk mereka,” ungkapnya

Untuk diketahui, kata Arga, saat ini kasus positif covid-19 di Kabupaten Empat Lawang ada 2 orang, 1 sudah dinyatakan sembuh. Sedang untuk PDP ada 4 orang semuanya sudah selesai dalam pengawasan.

“ODP 107 orang selesai pemantauan 107 orang, OTG 165 yang di swab 121 orang. Proses 1 kali Swab 61 orang, selesai 2 kali Swab 60 orang. Nah untuk PJ ada 4095 senuanya selesai pemantauan 4069,” katanya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Banyak Petugas Kebersihan Yang Tidak Pakai Masker

Published

on

SIDAK : Kabid Pengolahan Sampah limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Sukarno , saat melakukan sidak terhadap petugas Sapu Jalan.

REL,Empat Lawang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, melalukan sidak masker kepada petugas kebersihan.

Sidak dilakukan untuk memastikan semua petugas kebersihan memakai masker untuk melindungi diri serta orang lain.

Kadis DLH Irtansi melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas, Sukarno kepada wartawan mengatakan, kegiatan sidak masker kepada para petugas kebersihan itu bertujuan untuk memastikan semua petugas memakai masker.

“Meski new normal, namun kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan, ya seperti para petugas kebersihan ini juga diwajibkan untuk memakai masker,” kata Sukarno, Jumat (10/7)

Menurutnya, dengan adanya sidak ini, diharapakan para petugas kebersihan di Kabupaten Empat Lawang taat mematuhi protokol kesehatan, demi menjaga kesehatan bersama.

“Ternyata masih ada yang belum memakai masker, padahal, manfaat kegunaannya sangat banyak,” terangnya.

Untuk diketahui, kegiatan sidak masker kepada para petugas kebersihan ini dimulai pagi hari dan dibagi beberapa titik lokasi, seperti dikawasan Pasar Tebing Tinggi, terlihat para penyapu jalan itu banyak belum memakai masker saat berkerja.

Sementara, Jepri salah seorang warga menuturkan, kegiatan sidak masker bagi petugas kebersihan itu menurutnya bagus sekali. Karena ia menilai sebuah edukasi tentang kebersihan bersama.

“Iya, bagus itu, contoh buat masyarakat, dimulai dari pejabatnya, hingga petugas kebersihan,”katanya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending