oleh

Duta Literasi : Manfaatkan Buku yang Didapat

Duta Literasi : Manfaatkan Buku yang Didapat

#Dua Komunitas Terima Bantuan Buku

REL, Empat Lawang – Dua komunitas yakni Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Empat Lawang dan Perisai Babatan menerima bantuan 1000 buku dari Perpustakaan Nasional melalui Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Empat Lawang. Masing-masing komunitas mendapatkan 500 buku. Penyerahan bantuan buku dari Perpusnas dilakukan di kantor Perpusda Empat Lawang, Rabu (23/12).

Hj. Hepy Safriani selaku Ketua Duta Literasi dan Ketua TP PKK Kabupaten Empat Lawang sangat mengapresiasi bantuan buku yang diberikan Perpusnas terhadap FLP Cabang Empat Lawang dan Komunitas Perisai Babatan.

“Pesan bunda kepada kedua komunitas tersebut agar bisa memanfaatkan sumbangan buku yang sudah diberikan Perpusnas dengan sebaik-baiknya sehingga manfaatnya bisa dirasakan,” kata Hepy kepada Rakyat Empat Lawang.

Ia juga berpesan kepada komunitas lainnya yang belum mendapatkan bantuan agar jangan berkecil hati dan tetap semangat untuk berkarya mengharumkan nama Kabupaten Empat Lawang.

“Untuk yang belum mendapatkan bantuan, jangan berkecil hati, insya Allah ke depan kami akan memperjuangkan agar mendapat bantuan yang sama,” ucapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Empat Lawang, Choiri Badri melalui Kabid Perpustakaan, Supriadi memberikan langsung bantuan 1000 buku kepada dua komunitas tersebut.

Supriadi menjelaskan ini adalah gebrakan terbaru dari Perpusda yakni memberikan kemudahan kepada muda-mudi Empat Lawang untuk bisa mendapatkan bantuan buku dari Perpusnas.

Ditambahkan olehnya, bantuan buku dari Perpusnas tidak hanya tertuju untuk komunitas literasi saja, melainkan semua komunitas yang ada di Empat Lawang dapat mengajukan proposal permohonan bantuan buku ke Perpusnas melalui Perpusda.

“Syaratnya dari komunitas mengajukan proposal melalui Perpusda, lalu dari Perpusda akan meneruskan proposal tersebut ke Perpusnas yang ada di Jakarta,” ucap Supriadi.

Ke depannya, lanjut Supriadi Perpusda menargetkan minimal satu kecamatan satu komunitas untuk mendapatkan bantuan buku.

“Mudah-mudahan tahun depan satu kecamatan minimal ada satu komunitas yang menggiatkan gemar membaca di kalangan masyarakat,” lanjutnya.

Supriadi berharap buku-buku yang diterima oleh dua komunitas tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya bagi komunitas itu sendiri.

“Mudah-mudahan virus literasi akan menyebar dalam masyarakat,” harap Supriadi.

Di tempat yang sama, Anita selaku Ketua Divisi Kepenulisan dan Karya FLP Cabang Empat Lawang mengatakan FLP sangat senang bisa mendapatkan buku yang banyak. Ia mengibaratkan buku-buku yang didapat sebagai tumpukan harta Karun yang sangat bermanfaat untuk memajukan Empat Lawang.

“Buku-buku ini akan kita manfaatkan dengan sebaiknya. Kita akan programkan satu bulan sekali akan dibedah satu buku,” ujar Anita.

Hal senada juga diungkapkan oleh Jandra Sari Eprike selaku DPO Perisai Babatan sekaligus Sekdes Desa Babatan, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang. Ia mengatakan sangat senang dan akan memanfaatkan buku-bukunya untuk bisa dibaca oleh anggota Perisai Babatan dan masyarakat serta pemuda yang ada di Desa Babatan.

“Ke depannya kita akan mengajukan kembali proposalnya agar lebih banyak lagi buku yang didapat,” ujar Jandra. (Mg15)

BACA JUGA