Connect with us

Pendidikan

Duta Literasi : Manfaatkan Buku yang Didapat

Published

on

FOTO: ANITA/REL BUKU : Penyerahan bantuan 1000 buku dari Perpusnas RI melalui Perpusda Kabupaten Empat Lawang kepada 2 komunitas yakni Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Empat Lawang dan Perisai Babatan, Rabu (23/12).

Duta Literasi : Manfaatkan Buku yang Didapat

#Dua Komunitas Terima Bantuan Buku

REL, Empat Lawang – Dua komunitas yakni Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Empat Lawang dan Perisai Babatan menerima bantuan 1000 buku dari Perpustakaan Nasional melalui Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Empat Lawang. Masing-masing komunitas mendapatkan 500 buku. Penyerahan bantuan buku dari Perpusnas dilakukan di kantor Perpusda Empat Lawang, Rabu (23/12).

Hj. Hepy Safriani selaku Ketua Duta Literasi dan Ketua TP PKK Kabupaten Empat Lawang sangat mengapresiasi bantuan buku yang diberikan Perpusnas terhadap FLP Cabang Empat Lawang dan Komunitas Perisai Babatan.

“Pesan bunda kepada kedua komunitas tersebut agar bisa memanfaatkan sumbangan buku yang sudah diberikan Perpusnas dengan sebaik-baiknya sehingga manfaatnya bisa dirasakan,” kata Hepy kepada Rakyat Empat Lawang.

Ia juga berpesan kepada komunitas lainnya yang belum mendapatkan bantuan agar jangan berkecil hati dan tetap semangat untuk berkarya mengharumkan nama Kabupaten Empat Lawang.

“Untuk yang belum mendapatkan bantuan, jangan berkecil hati, insya Allah ke depan kami akan memperjuangkan agar mendapat bantuan yang sama,” ucapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Empat Lawang, Choiri Badri melalui Kabid Perpustakaan, Supriadi memberikan langsung bantuan 1000 buku kepada dua komunitas tersebut.

Supriadi menjelaskan ini adalah gebrakan terbaru dari Perpusda yakni memberikan kemudahan kepada muda-mudi Empat Lawang untuk bisa mendapatkan bantuan buku dari Perpusnas.

Ditambahkan olehnya, bantuan buku dari Perpusnas tidak hanya tertuju untuk komunitas literasi saja, melainkan semua komunitas yang ada di Empat Lawang dapat mengajukan proposal permohonan bantuan buku ke Perpusnas melalui Perpusda.

“Syaratnya dari komunitas mengajukan proposal melalui Perpusda, lalu dari Perpusda akan meneruskan proposal tersebut ke Perpusnas yang ada di Jakarta,” ucap Supriadi.

Ke depannya, lanjut Supriadi Perpusda menargetkan minimal satu kecamatan satu komunitas untuk mendapatkan bantuan buku.

“Mudah-mudahan tahun depan satu kecamatan minimal ada satu komunitas yang menggiatkan gemar membaca di kalangan masyarakat,” lanjutnya.

Supriadi berharap buku-buku yang diterima oleh dua komunitas tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya bagi komunitas itu sendiri.

“Mudah-mudahan virus literasi akan menyebar dalam masyarakat,” harap Supriadi.

Di tempat yang sama, Anita selaku Ketua Divisi Kepenulisan dan Karya FLP Cabang Empat Lawang mengatakan FLP sangat senang bisa mendapatkan buku yang banyak. Ia mengibaratkan buku-buku yang didapat sebagai tumpukan harta Karun yang sangat bermanfaat untuk memajukan Empat Lawang.

“Buku-buku ini akan kita manfaatkan dengan sebaiknya. Kita akan programkan satu bulan sekali akan dibedah satu buku,” ujar Anita.

Hal senada juga diungkapkan oleh Jandra Sari Eprike selaku DPO Perisai Babatan sekaligus Sekdes Desa Babatan, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang. Ia mengatakan sangat senang dan akan memanfaatkan buku-bukunya untuk bisa dibaca oleh anggota Perisai Babatan dan masyarakat serta pemuda yang ada di Desa Babatan.

“Ke depannya kita akan mengajukan kembali proposalnya agar lebih banyak lagi buku yang didapat,” ujar Jandra. (Mg15)

Empat Lawang

Pegawai Harus Tetap Bugar

Published

on

Caption : pegawai di lingkungan BNNK Empat Lawang rutin menggelar senam sehat

REL,Empat Lawang – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Empat Lawang, menggelar senam sehat hidup 100 persen, rutin setiap Jumat pagi sebelum melaksanakan aktivitas perkerjaan seperti biasa.

Seluruh staf dan pegawai di lingkungan kerja BNNK Empat Lawang, melaksanakan senam sehat hidup 100 persen, di lapangan kantor BNNK Empat Lawang.

Kepala BNNK Empat Lawang, AKBP Syahril SH melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Azhari SKep mengatakan, dalam masa pandemi COVID-19, pegawai di lingkungan BNNK Empat Lawang harus tetap bugar agar tidak mudah terserang berbagai penyakit berbahaya.

“Oleh karena itu, penting ditanamkan kebiasanan hidup sehat salah satunya melaksanakan olahraga rutin di sela-sela kesibukan dalam melaksanakan rutinitas pekerjaan,” kata Azhari.

Tidak hanya untuk para pegawai di lingkungan kerja BNNK Empat Lawang, pihaknya berharap pola hidup sehat yang di-tagline-kan BNN secara nasional, yakni Hidup 100 Persen (#Hidup100%) tanpa Narkoba, dapat juga diikuti seluruh masyarakat di wilayah kerja BNNK Empat Lawang.

Selain menjauhi segala bentuk penyalahgunaan Narkoba, pihaknya juga berpesan agar masyarakat juga menjaga protokol kesehatan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

“Jami juga menghimbau masyarakat Empat Lawang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tukasnya. (Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

PCNU Empat Lawang Berikan Bantuan Alkes

Published

on

Caption : Ketua PCNU dan Ketua Ansor Empat Lawang memberikan bantuan Alkes ke Oonpes Al - Barokah

REL,Empat Lawang – Guna mengantisipasi santri terkena covid 19, ratusan santri pondok Al Barokah di kecamatan Muara Pinang menerima bantuan alat kesehatan (Alkes) covid 19 dari PCNU Kabupaten Empat Lawang

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Ketua PCNU Empat Lawang Syaifullah Rozak yang didampingi ketua Ansor Empat Lawang Defi Albusyairi kepada pimpinan pesantren Al Barokah, Kamis (7/1).

Ketua PCNU Empat Lawang Syaifullah Rozak mengatakan bantuan alkes ini bertujuan untuk memutuskan penyebaran mata rantai virus corona dijajaran santriwan dan santriwati di pondok pesantren Al-Barokah.

“ada sebanyak 940 pcs Masker,Hand Sanitizer 300 pcs,Automatic Spray/Alat semprot Disinfektan 5 buah,Tablet Disinfektan 5 botol dan Vitamin 50 kotak,”Kata Syaifullah Rozak.

“kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 dilingkungan Pondok Pesantren” tambahnya

di sisi lain,Pimpinan Pondok Pesantren Al- Barokah H.Tajuddin Hamzah, Lc, M.Pd.I. yang di dampingi sang istri tercinta Hj. Fiksi Juita, Lc,M.Pd.I mengucapkan terimah kasih atas bantuan yang diberikan oleh PCNU Empat Lawang.

“Sangat berterimakasih kepada PCNU dan PC Ansor Empat Lawang yang telah memberikan bantuan berupa alat kesehatan ini,”Ucap H.Tajuddin Hamzah,Lc

Karena Lanjutnya,ini merupakan bukti kepedulian dan perhatian dari NU terhadap kesehatan para santriwan dan santriwati di ponpes Al-Barokah dalam upaya pencegahan penularan Virus Corona di pondok pesantren,” Mari kita sama sama berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Terus Belajar Jangan Mudah Berbangga Hati

Published

on

Caption : Panitia dan pemenang lomba pestival anak soleh berpose bersama

REL,Empat Lawang – Dalam rangka menyambut tahun baru 2021 warga Desa Kota Gading Kecamatan Tebing Tinggi mengadakan yasinan supaya ditahun baru yang akan datang diberikan kemudahan dan wabah virus covid-19 hilang dimuka bumi ini terkhususnya di Bumi saling kruani sangi krawati.

Selain mengadakan yasinan warga juga memberikan tropi dan uang saku kepada pemenang lomba festival anak soleh yang telah di laksanakan pada tanggal 20 hingga 24 Desember kemarin.

Ketua Panitia festival anak Soleh Sapar mengatakan malam ini ada sebanyak 18 anak yang yang memenangkan lomba diantaranya dari SD,SMP hingga SMA.

“Pemenang lomba dengan berbagai kategori yakni lomba Adzan,Baca Al-Qur’an dan penghapal Al- Qur’an yang diambil 3 nilai terbaik,”Kata Sapar saat menyampaikan sambutannya.Kamis (31/12).

Masih dikatakan Sapar,sangat berterima kasih kepada pelaksana acara yang mana dengan ikhlas dan tulus untuk meningkatkan mutu kwalitas pendidikan agama dikalangan anak anak ramaja di Desa Kota Gading.

“Terima kasih warga Kota Gading yang telah menyuport kegiatan ini terkhususnya pak windera (Wiwin) yang telah dengan tulus ikhlas berjuang untuk melaksanakan kegiatan ini,”Ungkapnya.

Nantinya sambung Sapar,akan berusaha mengupayakan perlombaan festival anak soleh ke tingkat kecamatan bahkan ke tingkat kabupaten.

“Terus belajar jangan mudah merasa puas karena mempertahankan juara lebih lebih sulit dari pada mendapatkan juara (Merebut,Red),bagi anak anak yang belum terpilih jangan berputus asa belajar lagi supaya bisa memenangkan perlombaan ini,”Puntanya.

Pj.Kepala Desa Kota Gading Rita yang diwakilkan oleh Deki mengatakan selamat bagi peserta lomba festival anak soleh yang menjadi pemenang dan kembangkan serta tingkatkan lagi jangan mudah berbangga hati.

“Selamat buat adik adik pemenang lomba Festival anak soleh,tingkatkan lagi jangan mudah puas karena ini masih ditahap tingkat awal,masih banyak tingkatan lagi,tingkat kecamatan,kabupaten bahkan tingkat nasional,semoga dengan adanya lomba ini bisa menimbulkan bakat adik adik dan membawa nama baik desa kota gading,”Ucapnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending