Connect with us

Empat Lawang

Dua Rumah Rusak Berat Dihantam Longsor

Published

on

LONGSOR : Warga Bersama Pihak Damkar Gotong Royong Membersihkan Eks Longsor

REL, Empat Lawang – Curah Hujan yang semakin tinggi mengguyuri Kabupaten Empat Lawang dalam beberapa bulan terakhir ini mengakibatkan struktur tanah menjadi erosi.

Pantauan dilapangan,Pemukiman warga di lereng tebingan Desa Tanjung Raye Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang longsor dan menghantam 3 buah rumah warga.

Dari data yang di dapat tiga buah rumah tersebut ada yang rusak ringan hingga rusak berat yakni atas nama Faisol Lani Rusak Berat ,Hatam Rusak Berat dan Arlan Rusak Ringan.

Tampak di lokasi warga bergotong royong bersama pihak Damkar kecamatan Pendopo dengan menggunakan alat seadannya dan satu unit Mobil pemadam kebaran yang membersihkan sisa sisa longsor yang menimpah rumah warga.

“Kejadian pada pukul 04 : 00 Wib,sekira pada pukul 02 : 00 Wib Sebelum kejadian hujan deras lalu saya membersihkan rumah karena kebanjiran setelah selesai membersihkan sisa banjir saya tidur lagi,setelah itu saya terbangun dan  mendengar suara gemuruh pas saya lihat ternyata tanah di belakang rumah saya longsor dan saya sempat tertimpah tembok,” kata Mardiana (35) Istri Hatam saat di bincangi Wartawan Rakyat Empat Lawang (REL).Sabtu (21/12/19).

Atas insiden kejadian tersebut warga mengalami kerugian mencapai puluhan juta dan dari salah satu anak warga  mengalami troumah akibat tertimpah reruntuhan longsor.

“Anak saya bernama Okta Nopitasari (12) tertimpah tembok saat tidur,alhamdulilah cuma tergilir bahu nya saja tapi sekarang ini keadaan nya masih troumah,” ungkap Mardiana.

Faisol Lani salah satu korban tanah longsor mengungkapkan bahwa rumah miliknya rusak parah dari pada korban lainnya.

“Ya rumah saya yang paling parah didinding belakang ambruk semua bahkan Isi rumah rusak  semua baik itu kulkas, Tv ,Mesin Cuci ,ginset,mesin air semuanya rusak semua,” ungkap Faisol.

Kendati dirinya berharap kepada pemerintah Kabupaten Empat Lawang agar dapat memberikan bantuan sesegera mungkin

“harapan nya  minta bantuan kepada pemerintah  secepat nya,”Harap Faisol dan Mardiana.

Sementara Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Pendopo Barat Norman membenarkan,telah terjadinya longsor yang menimpah tiga rumah warga dikecamatan Pobar.

“Yo benar di Desa Tanjung Raye kejadian longsor menimpah tiga buah rumah warga,kejadian sekitar Pukul 04 : 00 Wib,”Benarnya.

Sementara Kabid Pencegahan dan Kesiap siagaan (BPBD) Kabupaten Empat Lawang Hery, saat dikompirmasi wartawan Membenarkan adanya kejadian tanah longsor yang berdampak kepada pemukiman warga.

“Yo, infonyo di Desa Tanjung Raye Kecamatan Pendopo Barat, kami dapat info sekitar jam 8 pagi tadi dan pihak BPBD Sudah mendatangi lokasi  dan sekrang masih bantu bersihkan,” ungkapnya. (Mg20).

Empat Lawang

Edi Sugandi Jabat Kasi Datun

Published

on

Caption : Edi Suganti saat dilantik di Kejari Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Kepala Kejaksaaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, Sigit Prabowo SH MH, melantik Edi Sugandi sebagai Kepala Seksi ( Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN), menggantikan Andi Candra.

Sementara Andi Candra kini menjabat Kacabjari Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

“Kita berharap Edi Suganda segera menyesuaikan diri di tempat kerja baru ini,” harap Sigit Prabowo.

Ini lantaran, diakuinya, tugas Datun sangatlah penting dalam pendampingan hukum, penegakan hukum serta pelayanan hukum.( Rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Giliran TNI, Polisi serta Guru

Published

on

Caption - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) memeriksa vaksin gelombang kedua tiba di Dinas Kabupaten Empat Lawang.

/// Sasaran Vaksin Covid Tahap II

REL,Empat Lawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, kembali menerima vaksin covid-19 tahap II di Dinas kesehatan Empat Lawang, kemarin (2/3).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes ) Empat Lawang Sulni melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit ( P2P), Dr. Ivon Meliyani mengatakan sebanyak 250 vial vaksin covid -19 diterima dengan sasaran 1.741 orang.

“Gelombang dua ini, sasaran TNI-Polri dan tenaga pendidikan,”Kata Ivon saat menerima vaksin.

Masih dikatakan Ivon data yang telah masuk kedinas kesehatan sebanyak 1200 orang yang akan divaksin,

“Data yang sudah masuk ke kita ada 1200 orang sedangkan kita mendapatkan kuota sebanyak 1.741,”Ujarnya.(Pad/rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Luring terapkan Sistem 5S

Published

on

Foto : Anita / REL Caption : Siswa dites thermogun saat masuki ruangan

REL,Empat Lawang – Di era pandemi, dunia pendidikan masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Semua sekolah di Kabupaten Empat Lawang masih menerapkan sistem PJJ baik secara daring ataupun luring sekarang ini. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem PJJ yakni SMP N 1 Muara Pinang.

Kepala SMP N 1 Muara Pinang, Hadi, mengatakan sekolahnya menerapkan sistem pembelajaran daring bagi siswa yang mempunyai handphone, dan pembelajaran luring bagi siswa yang tak mempunyai hanpdhone.

“Anak belajar di rumah, guru mengajar dari sekolah via handpone,” kata Hadi.

Pada saat siswa ke sekolah, sekolah menerapkan sistem 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun untuk menyambut kedatangan siswa. Tentunya penerapan 5S tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penerama program 5S sendiri menurut dikatakan Hadi, sejak tahun 2016 sudah mulai diterapkan di sekolah.(Ian/rel)

Baca Selengkapnya

Trending