oleh

DPS, 188.655 Pemilih

KPU Terus Melakukan Memutakhirkan Data

 

REL, Empat Lawang – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Empat Lawang telah melakukan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktakhiran dan penetapan untuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) guna pendataan saat pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan tahun 2018 ini.

Informasi yang berhasil dihimpun diketahui jumlah total DPS sebanyak 188,655. Dengan rincian data pemilih laki-laki berjumlah 96,152 dan data pemilih bagi perempuan berjumlah 92,503.

Selain itu juga KPUD Empat Lawang telah menghitung dan menentukan sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggelar prosesi pesta demokrasi, yakni sebanyak 545 TPS, yang terdiri dari 156 Desa dan Kelurahan di sepuluh Kecamatan seKabupaten Empat Lawang.

Ketua KPUD Empat Lawang, Mobius Alhazan menyampaikan, Daftar Pemilih Sementara ini masih bisa diperbaiki lagi jika terjadi kekeliruan saat pendataan dilapangan.

“Daftar pemilih sementara ini merupakan tonggak awal, mulai dari pencoklitan yang dilakukan dengan cara mendata langsung dor to dor kerumah penduduk, pelaksanaan di PPS, kemudian di plenokan PPK danĀ  pleno KPU pada tingkat Kabupaten,” ujarnya

Sementara itu, hasil rekapitulasi daftar pemilih potensial Non KTP Elektronik untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang 2018, dengan jumlah sebanyak 15,469. Dengan rincian terdiri dari jumlah pemilih laki – laki sebanyak 8020 sedangkan untuk pemilih perempuan sebanyak 7449.

Namun, lanjut Mobius untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pihaknya masih terus memutakhirkan data nya untuk merekalitulasi secara keseluruhan saat ini.

“Iya, untuk DPT belum bisa kita pastikan secara keseluruhan karena petugas kita masih bekerja memutakhirkan data real di lapangan,” Tandasnya. (mg14)

BACA JUGA