oleh

DPRD Menyetujui Tiga Raperda Dibahas

REL, Empat Lawang – Tiga usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) disampaikan Bupati Empat Lawang pada rapat paripurna di kantor DPRD Empat Lawang, Senin (5/2).

Tiga raperda tersebut diantarannya tentang Retrebusi Pengendalian Menara telekomunikasi, Kabupaten Layak Anak dan Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) No. 15 Tahun 2014 Tentang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah mengatakan, Raperda kabupaten layak anak untuk menjamin tumbuh kembang anak, menjamin hak pemenuhan kebutuhan anak dan mengembangkan potensi serta kreatifitas anak.

“Sedangkan Raperda retribusi tentang menara telekomunikasi merupakan aspek tata ruang, perhitungan retribusi menara tower,” ujar Syahril saat raperda berlangsung, Senin (5/1)

Lanjut Syahril, pihak eksekutif meminta pihak legilatif untuk bisa membahas usulan raperda tersebut, sehingga bisa menjadi perda Kabupaten Empat Lawang.

Sementara itu, usai penyampaikan dari Bupati Empat Lawang tentang penyampaian tiga rancangan Raperda, masing-masing fraksi di DPRD Empat Lawang menyetujui ketiga Raperda tersebut untuk dibahas dan dijadikan Perda.

SSaiful Syahri Juru Bicara dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRTD Empat Lawang menuturkan, pihaknya menyetujui untuk dibahas tiga Raperda yang disampaikan oleh Bupati Empat Lawang, namun perlu pertimbangan seperti menara telekomunikasi untuk mencari potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang saat ini masih belum maksimal.

“Kabupaten ini wajib memenuhi hak-haknya anak, sehingga dirasa perlu Raperda Kabupaten Layak Anak,” ujarnya.

Ditempat sama, Ketua DPRD Empat Lawang H David Hadrianto Aljufri SH mengatakan, ada dua Fraksi yang tidak menyampaikan padangan umum yakni Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Demokrat, namun kedua Fraksi tersebut menyetujui tigas Raperda tersebut untuk dibahas.

“Dari Empat Fraksi yakni Golkar, PKB, PAN dan PDI perjuangan yang menyampaikan pandangan umum tadi, ada dua fraksi yang tidak menyampaikan pandangannya namun kedua fraksi tersebut menyetujui tigas Raperda untuk dibahas,” katanya. (Mg14)

BACA JUGA