oleh

Dishub Dirikan Tiga Posko Mudik

REL, Empat Lawang – Menjelang hari raya, H-7 hingga H+7, Dinas Perhubungan (Dishub) Empat Lawang akan mendirikan posko mudik. Setidaknya, ada tiga titik posko, diantaranya, satu pos di Jalan Lintas Provinsi Lahat-Bengkulu dan dua pos di sekitaran Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum).

Kadishub Empat Lawang, Rapani beberapa waktu lalu mengatakan, seperti biasanya untuk memantau serta memberikan pertolongan kepada pemudik sejak arus mudik H-7 hingga arus balik H+7 akan didirikan posko mudik. Rencananya, posko tersebut akan didirikan di dua titik Jalintengsum, yakni simpang tiga kawasan Talang Gunung dan pertigaan jalan poros, Kecamatan Tebing Tinggi, sementara satu unit lagi di simpang tiga Desa Tanjung Raya, sekitaran Jalan Provinsi penghubung Lahat-Bengkulu.

“Rencananya tiga posko dulu, tapi kita lihat lagi nanti kalau masih memerlukan akan kita tambah. Untuk titiknya, kita pilih di pertigaan jalan, sehingga bisa membantu pemudik menunjukan arah jalan, untuk di pusat kota, yakni simpang tiga Talang Gunung dan jalan poros dan di Kecamatan Pendopo simpang tiga Tanjung Raya,” ungkapnya.

Pendirian posko itu sendiri, lanjut Rapani, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak ataupun instansi terkait, seperti Polres, Dinas Kesehatan dan instansi lainnya. Sehingga nantinya, di posko bersama itu juga tidak hanya petugas Dishub, tapi ada anggota kepolisian, petugas medis berikut ambulance dan perlengkapan lainnya, serta pihak lainnya.

“Ya, kita sudah koordinasikan, mulai dari petugasnya hingga peralatannya, salah satunya mobil ambulance disiagakan. Selain petugas, ada juga pihak lainnya, seperti Tagana, PMI, Pramuka dan lainnya,” paparnya.

Ditambahkannya, tujuan pendirian posko ini tidak hanya memantau, tapi memberikan pertolongan kepada pemudik, seperti membantu memberikan petunjuk arah, membantu bila ada kecelakaan. Posko ini juga bisa menjadi tempat beristirahat pemudik ketika sudah lelah berkendara atau ngantuk.

“Ya, itu tadi petugas yang stanby lengkap dariberbagai instansi, sehingga mudah memberikan bantuan. Selain mobil ambulance dari pihak rumah sakit, kita stanby-kan satu unit mobil derek Dishub untuk membantu bila kejadian yang tak diinginkan terjadi,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga Rapani mengimbau agar pemudik nantinya tetap mengutamakan keselamatan berkendara, karena kendaraan yang melintas pastinya ramai. Tidak memaksakan diri dalam berkendara, artinya bila sudah lelah atau ngantuk meski istirahat. Usahakan memilih tempat yang bagus bila beristirahat, jangan di tempat sepi, karena membahayakan keamanan.

“Keselamatan, keamanan saat mudik perlu perhatian dari pemudik itu sendiri hal yang pertama, sehingga mereka bisa sampai tujuan. Ya, hati-hatilah dalam berkendara agar selamat dalam perjalanan,” imbaunya. (12)

BACA JUGA