oleh

Disebabkan Pandemi Covid-19, Sektor Pendapatan Hotel di Empat Lawang Turun Drastis

REL,Empat Lawang – Dimasa pandemi covid-19 melanda di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali juga di wilayah Kabupaten Empat Lawang, membuat pengusaha hotel sepi pelanggan dikarenakan banyaknya orang membatasi kegiatan di hotel yang secara langsung berdampak pada pendapatan.

Tidak hanya itu, biaya operasional hotel yang tinggi juga membuat manajemen hotel kewalahan dan merugi sepanjang tahun.
Khusus untuk usaha perhotelan di Kabupaten Emat Lawang terkena imbas ataupun dampak selama pandemi covid-19, dimana pemasukan pemerintah dari sektor pajak perhotelan berkurang.

Di sisi lain jumlah hotel di wilayah Kota Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang memang masih belum banyak, hanya ada 4 hotel yang beroperasi, diantaranya Hotel kito, Hotel Zulian, Hotel Cemerlang, dan Hotel Musi Raya. 

Menaggapi masalb itu, Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi menjelaskan sejak pandemi terjadi ada penurunan drastis pemasukan pada usia perhotelan, ia mengatakan berdasarkan pada laporan yang pihaknya terima rata -rata ada pengurangan pengunjung untuk setiap hotel yang ada di Tebing Tinggi.

“Turun drastis pada masa normal setiap harinya ada 7 hingga 8 kamar yang biasanya terisi, untuk sekarang satu saja kurang kadang tidak ada,” kata Kadis Pariwisata Empat Lawang ini, Rabu (2/6).

Nawawi juga mengatakan selain jumlah hotel atau penginapan di Kabupaten Empat Lawang masih sedikit, untuk pengelolaan umumnya masih dilakukan secara keluarga jadi tetap buka walaupun sepi.

“Memang ada kerugian operasional akan tetapi karena pengelolaan masih dilakukan secara kekeluargaan atau oleh kerabat dekat pemilik hotel, semua hotel atau penginapan masih tetap buka,”katanya. (Pad).

Komentar

BACA JUGA