oleh

Direncanakan Satu Kecamatan Satu Kompi

REL, Empat Lawang – Sebanyak 1.020 personel poisi dikerahkan untuk mengamankan jalannya pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan pemilihan Bupati/Wakil Bupati Empat Lawang yang saat ini tahapannya sedang berlangsung di bumi ‘Saling Keruani Sangi Kerawati’ hingga prosesnya usai, atau dalam kata lain sampai Bupati/Wakil Bupati Empat Lawang terpilih dilantik.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan kepada wartawan usai mengambil apel pelepasan personel polisi di-bawah kendali operasi (BKO) untuk pengamanan pilkada Empat Lawang, asal Polres kabupaten/kota tetangga yang habis masa tugas di Kabupaten Empat Lawang, Kamis (21/6).

Rincian personel polisi pengamanan pilkada Empat Lawang tersebut antara lain, 600 personel BKO asal Polres Musirawas, Lubuklinggau dan Lahat Brimob Lubuklinggau dan Polda ditambah dengan 420 personel merupakan anggota Polres Empat Lawang ini sendiri.

“Kalau hari ini, kita melepas personel Polres kabupaten tetangga untuk kembali ke daerah masing-masing karena habis masa tugasnya sesuai dengan sprinnya di Empat Lawang. Selanjutnya nanti akan digantikan dengan jumlah personel yang sama dari daerah masing-masing juga,” jelas Agus.

Diungkapkanya, pada pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Empat Lawang, masing-masing kecamatan dalam wilayah kabupaten ini akan direncanakan 90 personil polisi atau setara dengan satu kompi personil. “Rencananya di tiap kecamatan ada 90 personil setara dengan tiga pleton atau satu kompi,” ucapnya

Dengan pulangnya personil dari daerah tetangga ini, dari Polda Tetangga yakni Provinsi Bengkulu akan masuk ke Empat Lawang ikut juga mengirimkan personil untuk membantu jalannya proses Pilkada di Empat Lawang.

“Pulang personil polres tetangga dan Brimob ini bukan bearti berkurang personil namun tetap seperti biasa, namun mereka digantikan dengan personil lain yang sudah masuk Sprin barunya, nanti masuk 1 Kompi dari Polda Bengkulu,” ungkapnya.

Untuk sementara ini masih kata Kapolres, situasi dan kondisi di Empat Lawang sudah kondusif, tentu saja usai sedekah rakyat yang sudah dilaksanakan tidak ada lagi kejadian ataupun keributan yang terjadi.

“Pengamanan Pilkada bukan sampai pada pencblosan saja melainkan sampai dengan penghitungan mulai adri tingkat kecamatan sampai ketingkat KPU tetap dijaga ketat karena kita ingin Pilkada Empat Lawang berjalan dengan lancar tanpa ada keributan,” papar Agus didampingi Kabag Ren M Nuh.

Sementara itu, Kabag Ren Polres Empat Lawang Kompol M Nuh mengatakan, personil yang dipulangkan tadi terdiri dari personil dari Kabupaten Lahat, Musi Rawas, Kota Lubuklinggau, Brimob Lubuklinggau dan Polda Sumsel.

“Mereka yang pulang karena sudah habis Sprinnya dan akan digantikan dengan personil lain,” kata dia. (12)

BACA JUGA