oleh

Diduga Korban Human Trafficking

REL, Empat Lawang – Salah seorang anak dibawa umur, sebut saja melati (nama dirahasiakan) masih berumur sekitar 14 tahun, warga Desa Gunungmereksa Baru Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang, diduga nyaris menjadi korban human trafficking, beberapa waktu lalu.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Desa Gunungmeraksa Baru Kecamatan Pendopo, Amrullah Harim kepada wartawan, saat dijumpai di komplek perkantoran Pemkab Empat Lawang, Senin (18/3/2019).

Menurut dia, kejadian tersebut sekitar satu minggu yang lalu. Atas kejadian itu pihak keluarga korban melaporkan kejadian itu ke Polres Empat Lawang.

Diceritakannya, modus operandi yang dilancarkan terduga pelaku, mengimingi korban bekerja ke luar daerah dengan gaji yang mengiurkan. Korban yang masih belia meminta izin kepada orang tuanya nanun ditolak oleh pihak keluarga.

Karena orang tua korban menolak menandatangani surat izin, pelaku diduga dipengaruhi agar korban kabur dari rumah. Setelah kabur, rencananya korban akan dinikahkan terlebih dahulu dengan seseorang dan selanjutnya orang yang disebut-sebut merupakan suami yang sah, berhak menandatangani surat izin selaku suami, sebagai syarat bekerja ke luar daerah.

“Korban sempat hilang seminggu. Lalu dicari pihak keluarga ternyata akan dinikahkan dengan seseorang di Kecamatan Talang Padang. Itu cerita dari penuturan pihak keluarga,” jelas Amrullah Harim.

Selanjutnya upaya rencana pernikahan sepihak itu, diketahui pihak keluarga dan lalu mendatangi lokasi persembunyian korban setelah berhasil diketahui. Selanjutnya pihak keluarga membatalkan rencana pernikahan itu dan oleh pihak keluarga, korban dibawan kembali ke rumah di Desa Gunungmereksa Baru. “Atas dasar kejadian itu pihak kelurga melaporkan kejadian itu ke Polres Empat Lawang,” terangnya.

Untuk saat ini sebut kades, pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan perkara. Pihaknya berharap kasus ini segera tuntas, agar tidak terjadi lagi kejadian serupa di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Kalau orang tua korban sudah melapor ke Polres. Tentu kita percayakan penanganan kasus ini kepada mereka untuk dituntaskan,” harapnya.

Tentu saja, adanya kejadian ini kata dia mengingatkan para orang tua agar menjaga anak-anaknya dengan baik. “Beruntung warga saya ini berhasil diselamatkan, jika tidak apa jadinya masa depan dia,” ujar Kades.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Empat Lawang, AKP Muhammad Ismail saat dikonfirmasi mengatakan, akan menelusuri laporan perkara yang dimaksut. “Kita cek dulu,” jawabnya singkat. (12)

 

BACA JUGA