oleh

Dibuka Pemesanan Tiket Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru

Dibuka Pemesanan Tiket Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru

 

REL, EMPAT LAWANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka layanan pemesanan tiket kereta api untuk periode liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kini, masyarakat dapat memesan tiket itu melalui aplikasi KAI Access, situs resmi kai.id, dan kanal penjualan daring resmi lainnya.

Kepala Stasiun Tebing Tinggi Septo, mengimbau agar masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan menggunakan moda kereta api, pada hari libur dan cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Di wilayah kita [Divre III Palembang], KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) sudah bisa dipesan. Pemesanan tiket sudah dapat dilakukan masyarakat secara online,” kata Septo di Tebing Tinggi, Selasa (8/12).

Ia mengatakan, masyarakat tak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api. Pasalnya, penerapan protokol kesehatan (prokes) di PT KAI dilakukan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu sejak di stasiun dan di atas kereta api, serta selama dalam perjalanan.

Menurutnya, penerapan prokes tidak hanya untuk penumpang tetapi juga untuk seluruh pegawai kereta api. Mulai dari melakukan self assesment, screening test secara berkala, pengecekan suhu tubuh, dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), yakni sarung tangan, masker, serta faceshield.

Ia mengungkapkan, prokes yang wajib dilaksanakan pada pengguna jasa sesuai dengan arahan dari pemerintah dengan menunjukan hasil rapid test/swab/pcr menggunakan masker, faceshield, mencuci tangan sebelum masuk stasiun.

“Saat ini, fasilitas cuci tangan ditambah di area yang mudah dijangkau serta penyediaan handsanitaizer,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk penerapan jaga jarak fisik, KAI memasang petunjuk jaga jarak di tempat-tempat yang memungkinkan terjadi antrean, mulai dari di depan loket, gate masuk, ataupun boarding.

“Konsistensi KAI dalam menerapkan prokes di lingkungan kereta api telah diakui. Ini dibuktikan dengan didapatkannya Safe Guard Label SIBV yang sudah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Kantor Pusat BV, international best practices, WHO (World Health Organization), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ungkap septo.

Pada masa pandemi, sambung dia, pihaknya berkomitmen menjual tiket KA hanya 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan physical distancing sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor SE 14 Tahun 2020 pada 8 Juni 2020 lalu.

Ia menambahkan, sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan prokes, KAI Divre III Palembang menyediakan layanan rapid test dengan harga terjangkau sebesar Rp85.000/Orang.

“Layanan itu (rapid test) tersedia di Stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau. Kalau dilakukan di stasiun, masyarakat diimbau untuk melakukan rapid test setidaknya H-1 tanggal keberangkatan. Tujuannya untuk menghindari antrean dan terburu-buru pada hari keberangkatan,” ucapnya (Mg24).

BACA JUGA