oleh

Copot APK Caleg Melanggar

REL, Empat Lawang – Usai gelar apel bersama dalam rangka penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019 di depan halaman kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Empat Lawang langsung bertindak menuju sejumlah lokasi syarat akan tindak pelanggaran.

Menurut keterangan Ketua Bawaslu Empat Lawang Rudi Yanto saat dibincangi REL di tengah penertiban APK mengungkapkan bahwa pihaknya banyak memantau sejumlah pelanggaran APK di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan beberapa Kecamatan lainnya.

“Giat kita hari ini dalam rangka penertiban APK para Caleg yang tidak mengindahkan himbauan sebelumnya. Kita temukan pelanggaran di beberapa lokasi yang sebenarnya tidak boleh di jadikan tempat atau media pemangasan APK dalam pemilu 2019 ini,” ungkapnya. Rabu (20/3).

Dirinya menjelaskan bahwa tindak lanjut dari surat edaran mengenai aturan berkampanye ialah pencopotan atribut kampanye APK yang terpasang di pepohonan, bertumpu ataupun menempel di tiang listrik serta di fasilitas umum yang notebennya mengganggu keindahan tatanan keindahan dalam kota.

“Kita copot dan kita sita dengan di bantu oleh petugas dari Polisi Pamong Praja (Pol-PP) untuk dalam wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dimulai dari kawasan Kelurahan Tanjung Kupang, terus mengitari kawasan Tanjung Beringin, Pasar dan menuju jalan Poros hingga mengarah ke wilayah Kecamatan Pendopo,” jelasnya.

Ditambahkan Rudi Yanto, pihaknya akan terus menyisiri dan melanjutkan penertiban sejumlah APK ke beberapa Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Empat Lawang. Hal itu dikarenakan demi menjaga marwah Bawaslu sebagai Badan Pengawas Pemilu Empat Lawang.

“Penertiban ini akan kita lakukan secara continue (bertahap) agar lebih efektif. Aturan pemasangan APK sudah jelas dalam PKPU. Jadi, terpaksa kami tindak jika lanjuti dengan cara ditertibkan,” tegasnya.

Menurut Rudi Yanto, saat ini hanya penertiban sejumlah APK yang di anggap melanggar PKPU saja. Akan tetapi pada tanggal 14 April mendatang ketika memasuki masa tenang kampanye seluruh atribut atau alat peraga berkampanye yang terpasang akan di copot secara keseluruhan tanpa terkecuali.

“Mayoritas kita temukan pelanggaran terpasang di tiang listrik pinggir rumah warga dan pinggir jalan lintas,” terangnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kasat Pol-PP Empat Lawang Chandra melalui Kasi Linmas Nasron meyampaikan bahwa ada Enam orang personel Pol-PP yang dikerahkan untuk membantu Bawaslu menertibkan APK.

Dan untuk lokasi titik yang ditertibkan antara lain berada di simpang kantor Bawaslu, simpang Jalan Poros, depan Relly TVRI, terowongan, Tanjung Beringin, simpang Sungai Lidi, simpang PLN.

“Sekitar 12 titik yang ditertibkan. Sesuai arahan dari Bawaslu yang melanggar saja yang ditertibkan. Di tiang listrik dan pepohonan,” tukasnya. (14)

BACA JUGA