oleh

Cik Ujang Terima Kunjungan Sriwijaya Coffe

REL, Lahat – Bertempat di pendopoan rumah dinas bupati, dengan disambut langsung oleh orang no satu di Bumi Seganti Setungguan yaitu Bupati Lahat Cik Ujang SH, menerima kunjungan dari Sriwijaya Coffee, Rabu (27/3).

Salama Sri Susanti, selaku koordinator duta kopi Indonesia yang juga tergabung dalam Sriwijaya Coffe Foundation mengungkapkan, bahwasan nya Kebun Kopi di Sumatera Selatan (SUMSEL) merupakan salah satu kebun penghasil kopi terbesar di Indonesia, dan kebetulan Kabupaten Lahat termasuk didalam nya.

Namun sambung sri, sayangnya untuk pengelolaan secara skala nasional belum ada, baru hanya sebatas beberapa daerah yang mulai melakukan nya. Untuk itu pihaknya menginkan agar kopi Sumsel yang berasal dari berbagai kabupaten, termasuk kopi di Kabupaten Lahat dapat terkenal di nasional dan juga internasional.

“ Untuk itu, program- program kerja apa yang harus dilakukan agar kopi di sumsel yang berkualitas baik ini dapat lebih maksimal lagi, baik itu kualitas ataupun kuantitasnya. Kami siap membantu agar kopi di Sumsel dan Lahat khususnya dapat dan bisa lebih berkembang lagi,” ujar Salama.

Terpisah, Bupati Lahat dengan didampingi Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA mengungkapkan bahwa berkebun kopi di Lahat memang sudah ada sejak nenek moyang dahulu. Hampir di berbagai daerah di Lahat menghasilkan kopi seperti dari daerah Perangai, Semendo, Kota Agung, Gumay, Jarai dan lainnya. Untuk itu tentunya dengan dukungan dari segala pihak, pemda lahat siap untuk ikut mengembangkan perkebunan dan industri kopi di Lahat, dengan tujuan tentunya mensejahterakan masyarakat terutama bagi para petani kopi khususnya.

“ Pemda Lahat akan  berupaya mensuport dan membina perkebunan kopi di Lahat. Begitupun pihak perusahaan agar bisa membantu pembinaannya. Insha Alloh, bila perlu dibangun pabrik kopi di Lahat, terima kasih atas dukungan dan perhatiannya. Semoga apa yang jadi tujuan kita dapat terwujud.” tukas CU panggilan akrab bupati Lahat ini. (mg21)

BACA JUGA