oleh

Cik Ujang Nanggok IKan Bersama Ratusan Warga Desa Gedung Agung

REL, Lahat – Tradisi nanggok ikan merupakan salah satu tradisi yang ada di Kabupaten Lahat yang sampai saat ini tetap dilestarikan oleh masyarakat setempat. Seperti yang dilakukan oleh Bupati Lahat, Cik Ujang yang ikut serta melakukan nanggok ikan bersama dengan masyarakat di Tebat Lempaung Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur, Minggu (11/4).

Bupati Lahat, Cik Ujang mengungkapkan, tradisi nanggok ini telah ada sudah lama sekali, dimana, ikan-ikan yang ada di kolam tidak boleh dipancing, dijala atau ditangkap hingga sampai waktu tertentu. “Ikan-ikan yang dilepas ke dalam tebat sama sekali tidak boleh ditangkap, hingga batas waktu telah ditentukan,” ungkapnya.

Tak hanya itu saja, Bupati yang disapa Ujang Sungkai ini menegaskan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Lahat sangat mendukung kegiatan tersebut, bahkan,  ia meminta agar tradisi nanggok dilestarikan dan diwariskan kepada anak cucuk.  Dikatakan Cik Ujang, banyak sekali hal positif dari nanggok ini yakni menjaga silaturahmi,  menjaga ekosistem ikan dan tentunya membantu warga sehingga warga kerap mengkonsumsi ikan.”Tradisi ini harus kita kembangkan jadi destinasi wisata sehingga selain bisa panen ikan warga juga bisa mendapatkan manfaat secara ekonomi jika banyak wisatawan yang datang.  Kegiatan ini sangat menarik dan belum tentu dimiliki daerah lain. Untuk mari kita jaga dan kita lestarikan, “pintanya. (rel)

Komentar

BACA JUGA