oleh

Calon Jamaah Ikuti Manasik Haji

REL, Empat Lawang РKementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Empat Lawang menggelar manasik Haji massal tingkat Kabupaten Empat Lawang, di Masjid Al Khoriah Tebing Tinggi, Rabu (4/7). Kepala Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Empat Lawang H.Syukri melalui Kasi Haji dan Umrah Anas Jauhari mengatakan, menurut aturan manasik Haji tingkat kabupaten tersebut dilaksanakan dua  kali, sementara ditingkat Kecamatan dilaksanakan sebanyak delapan  kali.

“Nah hari ini (red,kemarin), kita membuka manasik Haji tingkat Kabupaten yang pertama di Masjid Al Khoriah Tebing Tinggi,” kata Anas, Rabu (4/7).

Dikatannya, untuk manasik haji yang kedua akan dilaksanakan pada 14 Juli mendatang di tempat yang sama.

“Menjelang tanggal 14 Juli tersebut akan dilaksanakan manasik Haji ditingkat Kecamatan masing-masing,” ujarnya.

Anas menambahkan, untuk manasik Haji sitingkat Kecamatan, sesuai aturan dirjen Haji setiap Kecamatan harus mencapai 45 orang, jika tidak mencukupi maka harus bergabung dengan kecamatan lain.

“Kalau jumlah jamah Haji di Kecamatan mencapai 45 orang, bisa mereka melaksanakan manasik Haji sendiri. Tapi kalau sedikit itu digabung dengan Kecamatan lain, dan se Empat Lawang ini jumlah calon jamah Hajinya hanya ada 56 orang jadi semuanya dipusatkan di Kecamatan Tebing Tinggi, karena aturan dari pusat seperti itu,” pungkasnya.

Sekedari informasi, para calon Jamah Haji asal Kabupaten Empat Lawang direncanakan terbang ke Madinah Arab Saudi pada tanggal 22 Juli 2018, Pukul 2.30 Wib. Melalui embarkasih Palembang. Diberangkatkan pada tanggal 20 Juli, karena tanggal 21 Juli seluruh jamah Haji Empat Lawang ini sudah masuk diasramah Haji Palembang. Calon jamah haji tegabung dalam kloter empat. (13)

BACA JUGA