oleh

Caleg Wajib Laporkan Dana Kampanye

REL, Empat Lawang – Partai Politik (Parpol) dan Calon Legislatif (Caleg), terancam didiskualifikasi jika tidak melaporkan Dana Awal Kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), paling lambat H-1 pelaksanaan kampanye atau tepatnya pada tanggal 22 September mendadatang.

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Ketua KPU Empat Lawang, Ali Amin, sesaat setelah kegiatan sosialiasi tentang laporan awal dana kampanye (LADK) bagi Parpol peserta Pemilu dan Caleg 2019.

“LADK salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh Parpol dan Caleg, sanksinya sangat berat jika ada yang tidak melaporkannya,” ungkap Ketua KPU Empat Lawang, Ali Amin.

Ia menjelaskan, Parpol harus membuat rekening resmi sebagai acuan untuk membuat LADK. Sedangkan Caleg, diperbolehkan membuat rekening sendiri, namun harus membuat laporannya ke Parpol maaing-masing.

“Besaran batas maksimal sumbangan, harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Tidak boleh melebihi batas yang sudah ditentukan,” jelas Ali Amin.

Masih menurut Ali Amin, laporan dana Caleg atau Parpol dimaksud, hanya bersifat biaya kampanye yang dilaporkan. Seperti kegiatan sosialisasi atau kampanye akbar. “Setiap transaksi harus ada laporannya, supaya rerhindar dari sanksi,” ujarnya.

Untuk diketahui, jadwal kampanye akan dilaksanakan pada 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Sedangkan pelaksanaan Pileg dan Pilpres, akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.(12)

BACA JUGA