oleh

Bus Sriwijaya Terjun Ke Jurang Lematang Indah

REL, Pagaralam – Bus Sriwijaya jurusan Bengkulu – Palembang terjun bebas kedalam jurang Sungai Lematang Indah Kelurahan Pelangkenidai Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam.

Peristiwa terjadi Senin (23/12) sekitar pukul 20.30 WIB mengakibatkan puluhan penumpang tewas dan terluka parah. Bus Sriwijaya tersebut terperesok ke jurang sedalam 50 Meter, yang mengakibatkan petugas kesulitan dalam mengevakuasi korban, ditambah kondisi yang gelap, dengan medan yang terjal dan arus deras Sungai Lematang.

Informasi yang berhasil dihimpun REL, proses evakuasi korban dimulai pada pukul 12.00 WIB. Tim gabungan polisi, Basarnas, TNI, pemerintah setempat dibantu warga melakukan evakuasi terhadap penumpang. Hasil evakuasi sementara 24 korban tewas dan sekitar 13 penumpang selamat dengan kondisi luka parah

Proses evakuasi juga memakan waktu cukup lama melibatkan tim gabungan dan mengerahkan belasan ambulan milik RS Besemah. Puluhan penumpang yang meninggal dan selamat sudah dievakuasi ke rumah sakit Besemah, Kota Pagaralam.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH didampingi Kasat Lantas Iptu Riki Mozam SH mengatakan, kecelakaan tunggal bus Sriwijaya jurusan Bengkulu – Palembang. Penyebab kecelakaan di duga karena kondisi tanjakan dan bus cukup besar sehingga sulit dikendalikan apalagi posisi tanjakan dan menikung.
“Bus Sriwijaya tersebut terjun ke jurang sedalam sekitar 50 meter dan masuk aliran sungai Lematang bersama puluhan penumpang baik anak-anak, perempuan dan dewasa,” ungkap dia.

Menurut dia, saat ini masih proses evakuasi terhadap penumpang yang terjebak dalam bus dengan kedalam air sekitar 1,5 meter tersebut.
“Kita belum tahu angka konkrit penumpang yang meninggal dan selamat mengingat masih proses evakuasi, akan tetapi sopir juga ikut tewas hanya kernet yang selamat,’ ungkap dia.

Ia mengatakan, sebelum terjun ke sungai Lematang, bus terlebih dahulu menabrak tembok pembatas jalan dan setelah itu terjatuh tepat berada di tengah aliran sungai Lematang.
“Kita masih evakuasi korban dan belum tahu apa ad yang hanyut terbawa arus atau masih terjepit bangkai bus dan semua sudah di rumah sakit,” pungkasnya (17)

BACA JUGA