oleh

Bus Penumpang Hajatan Pernikahan Terbalik

REL, Empat Lawang – Sebuah kendaraan Bus berisikan para penumpang hajatan terguling ketika hendak melintasi jalan lingkar Tebing Tinggi┬á Kabupaten Empat Lawang yakni tepatnya kurang lebih 100 meter dari jembatan musi dua pada hari Senin (5/11) sekira pukul 11.40 wib.

Akibat kejadian ini setidaknya sebanyak empat orang penumpang yang tengah berada di dalam Bus tersebut mengalami luka luka yang cukup serius.

Pantauan dilokasi diketahui kendaraan roda empat yang memiliku Nomor Polisi BG 7768 HH ini terperosok dan terbalik menghempas dibagian kiri (samping sopir, red) dengan keadaan kaca mobil terpecah semua akibat hempasan keras dan berujung pada luka berat bagi penumpang mobil Bus tersebut.

Peristiwa ini menelan waktu cukup lama untuk melakukan evakuasi baik penumpang maupun kendaraan itu sendiri. Pasalnya jalanan ini tak begitu banyak kendaraan yang melintas sehingga menyebabkan proses evakuasi terkesan lambat berlangsung.

Beruntung. Empat orang penumpang yang mengalami luka berat tersebut dapat segera dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Empat Lawang dan langsung menuju ruang Instalasi Gawat Darurat guna pengobatan serta perawatan yang intensif.

“Tiba tiba saja mobil yang saya kemudikan ini tidak dapat terkendali seperti banting stir ke arah kiri jalan pak,” ujar Predi (34) warga Desa Keban Agung Kabupaten Musi Banyu Asin yang tak lain adalah sopir Bus itu sendiri.

Diceritakan Predi bahwa dirinya sontak saja langsung kaget bercampur cemas atas peristiwa yang baru saja ia alami bersama penumpangnya. Bagaimana tidak, ia tak pernah mengira bus yang di kemudikan olehnya ini terguling sembari di iringi dengan teriakan lantang serta jeritan para penumpang ketika Bus perlahan mulai terpundur yang akhirnya terhempas.

“Sungguh, jantung saya berdegub kencang tadi pak, apalagi saat Bus yang kita kendalikan itu tiba tiba terpundur dan rem tanganpun rasanya juga tak dapat lagi menghentikan laju kendaraan kita,” ucapnya.

Padahal, sambung Pedri, Bus yang dikemudikannya ini sudah melaju kencang dari arah bawah. Akan tetapi apalah daya ketika berada di tengah tanjakan jalur, seketika saja Bus yang dikendarainya itu hilang tenaga.

Spontan saja Bus yang mengangkut penumpang hajatan pengantin tersebut terpundur serta terbalik ke arah kiri jalan. Dan tidak terperosok atau terbalik di arah sebaliknya yang tampak terlihat hamparan jurang cukup dalam.

“Kita tadi sempat memasang ganjalan dari kayu balok tepat di belakang ban mobil. Iya, naas nya mobil Bus kita malah melindas serta melangkahi kayu pengganjal itu. Akhirnya mobil kami terhempas ke arah sini,” terang Pedri sembari menunjuk ke arah kendaraannya.

Terpisah, Kasat Lantas Iptu Yusuf Lubis melalui Kepala Unit Lakalantas Bripka Noven ketika di konfirmasi mengenai peristiwa tersebut menyampaikan bahwa menurut sudut pandang pihaknya kendaraan ini di duga sudah memang tak layak pakai lagi.

Jika digunakan sebagai kendaraan angkutan penumpang, terlebih dengan rute yang cukup jauh. Menurut dirinya ini merupakan sebuah kelalaian yang disebabkan oleh si pengemudi Bus sendiri.

“Untuk si sopir busnya sudah kita amankan ke Mapolres Empat Lawang guna dimintai keterangan, sementara para penumpang yang mengalami luka saat ini tengah di rawat di Rumah Sakit,” pungkasnya. (14).

BACA JUGA