oleh

Bupati Sambut Baik Rencana Dana Kelurahan

REL, Empat Lawang – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengumukan bakal mengeluarkan program Dana Kelurahan mulai awal 2019 mendatang. Program tersebut, merupakan tanggapan keluhan tentang tidak adanya Dana Kelurahan, berbeda dengan desa yang memilki Dana Desa yang dikucurkan pemerintah setiap tahunnya.

Menanggapi hal teraebut, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menyambut baik rencana pemerintah pusat untuk menyalurkan Dana Kelurahan yang dimaksud. Karena memang untuk pemerataan pembangunan.

“Sebagai bupati, respon saya pada program dana kelurahan itu bagus, kita akan loyal karena ini perintah Presiden Indonesia dan ini juga untuk pemerataan pembangunan,” kata Joncik kepada wartawan usai mengikuti sidang paripurna DPRD Empat Lawang, dalam agenda jawaban eksekutif atas pandangan fraksi-fraksi terkait nota keuangan atas Raperda APBD Empat Lawang tahun anggaran 2019, Rabu (23/10).

Gambaran dirinya pada Dana Kelurahan, Joncik menyebut Dana Kelurahan model pendistribusiannya sama dengan Dana Desa. Nanti pasti ada petunjuk pelaksanaa (Juklak) dan petunjuk tekhnis (Juknis)-nya dari Kementerian Desa (Kemendes) atau SK beberapa kementerian seperti Kemendes dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Yang pastinya (Dana Kelurahan) itu sudah diusulkan masuk dalam RAPBN yang akan diketok palu dalam waktu dekat,” jelasnya.

Lebih lanjut Joncik mengatakan, jika Dana Kelurahan disahkan, tentu ini menjadi hal yang positif bagi Kabupaten Empat Lawang. Sebab, Kabupaten Empat Lawang memilki 9 kelurahan. “Artinya, dana yang akan masuk ke kabupaten kita bertambah,” ujarnya.

Tinggal lagi lanjut Joncik, bagaimana pemerintah daerah mencari Lurah yang dapat benar-benar bisa mengelola dana tersebut. Sebab, Dana Kelurahan itu, salah-salah bisa menyebabkan Lurahnya tersangkut hukum.

“Sebab, jika salah dalam penggunaannya, salah-salah Lurahnya ‘pacak tekebat’. Makanya kita akan cari Lurah yang benar-benar bisa mengelolah atau memenej dana itu dengan baik,” tukasnya. (12)

BACA JUGA