Connect with us

Membangun Desa

Bupati Lantik 39 Anggota BPD

Published

on

LANTIK : Bupati Empat Lawang secara resmi melantik 37 Anggota BPD di Kecamatan Tebing Tinggi.

REL, Empat Lawang – Sebanyak 39 orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Resmi dilantik dan di ambil Sumpahnya oleh Bupati Empat Lawang, Rabu (18/12/19).

Ke 39 anggota BPD tersebut berasal dari 7 Desa dari kecamatan Tebing Tinggi, diantaranya Desa Ujung Alih, Desa Gelanggang , Desa Aur Gading ,Desa Rantau Tenang, Desa Mekar Jaya , Desa Mekarti Jaya  dan Desa Ulak Mengkudu.

“Mereka ini sebelumnya sudah dilakukan pemilihan langsung di desa masing – masing dan mereka la yang terbaik sehingga bisa di lantik dan diambil sumpahnya hari ini,”kata Camat Tebing Tinggi, Sormi Azhar.

Dengan Harapan Lanjut Sormi,Sebagai mitra Kades bisa membantu kinerja dan mewujudkan Empat Lawang yang lebih baik.

“Semoga BPD yang baru dilantik bisa membantu kinerja Kepala Desa untuk membangun desa,demi mewujudkan Masyarakat yang makmur untuk menuju  Empat Lawang Madani,”Harapnya.

Sementara, Bupati Empat lawang H Joncik Muhammad sesuai mengambil sumpah berpesan kepada para anggota BPD agar bisa bekerja dengan baik dan bisa berkoordinasi dengan kades guna memajukan desa di Empat lawang khususnya Tebing Tinggi.

“Harus dipahami hak dan kewajiban serta tugas BPD nantinya ,termasuk juga menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) yang di tanda tangani oleh ketua BPD dan Kades itu penting dalam pembangunan desa kedepan , “kata Joncik.

Dikatakannya, BPD jangan mencari – cari kesalahan Kades melainkan harus kompak terutama mengurus Dana Desa (DD) yang telah di gelontorkan oleh Pusat dengan dana yang tidak sedikit.

“Penerapan DD harus Tepat sasaran dan harus selaras dengan prioritas Nasional serta juga yang tidak kalah penting selaras dengan Kabupaten, harus sinkron,”jelasnya.

Untuk masalah Honor lanjut Joncik, dikarenakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Empat lawang tergolong kecil, jadi baik gaji kades ataupin BPD Empat lawang tidak terlalu besar.

“Jabatan BPD ini selama 6 tahun kedepan, dan untuk honornya sendiri jangan terpaku dengan Honor di daerah lain yang cukup menjanjikan, APBD kita ini masih kecil jadi kisaran gaji BPD ialah 750 Ribu sampai 1 juta rupiah,jadi kalau mau peasukan kedesa banyak baik kades dan BPD harus jeli dan kreatif untuk menggali potensi seperti galian C dan pengembangan Sektor Pariwisata,” tukasnya. (mg20). 

Bisnis

Kantin PKK Resmi dibuka

Published

on

Bupati Empat Lawang saat meresmikan Kantin PKK

 

REL,Empat Lawang – Kantin dan Tokoh ATK binaan PKK Kabupaten Empat Lawang, yang berada dikompleks Perkantoran Pemkab Empat Lawang, resmi dibuka.

Bahkan persemian Kantin dan Tokoh ATK tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, dengan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Empat Lawang Hj Hepy Safriyani Joncik, Jum’at (24/1/2020).

“Alhamdulillah hari ini kita launcing Kantin dan Tokoh Foto Copy binaan PKK, dimulai dari lingkungan sekretariat Empat Lawang. Kemudian ulang tahun pertama kepengurusan PKK periode 2018-2023,”Kata Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad.

Dirinya sebagai Bupati, sudah melihat perkembangan PKK Empat Lawang, yang semakin hari semakin membaik, dan sudah mulai memahami tugas-tugasnya, serta menggerakkan PKK Kecamatan dan Desa.

“Itu tujuan Pemerintah kalau digerkaan program PKK itu, maka kesejahteraan keluarga dan masyarakat akan meningkat, salah satunya dengan pola pembina Kantin, tempat foto copy. Karena itu bisa memperdayakan ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Dijelaskan Bupati, Kantin dan Tokoh ATK ini akan menjadi Model, sehingga PKK Kecamatan dan Desa juga ikut kreatif membuat kegiatan seperti ini, tidak harus sama dan sejenis tapi pola-pola seperti ini harus dilakukan di Kecamatan dan Desa.

” Yang didukung oleh Pak Camat dan Pak Kades. Nah di Dana Desa itu ada Dana pemberdayaan, salah satunya untuk pengembangan program PKK ini, termasuk kerajinan-kerajinan itu termasuk kegiatan PKK yang terintergrasi,” katanya.

Di Dana Desa tersebut, ada 20 persen untuk pemberdayaan, dirinya sebagai Bupati akan memberikan pemahaman kepada Kades melalui Camat dan DPMDP3A.

“Saya akan memberikan pengertian itu jangan sampai tidak paham yang 20 persen itu pemberdayaan seperti apa, jangan monoton dari tahun ke tahun seperti itu saja tidak ada perubahan. Autpot dan Autkam yang ingin dicapai harus Ril dan jelas,”Tuturnya.(Mg15).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Adakan apel gabungan Setiap Tanggal 17

Published

on

Camat Muara Pinang saat memimpin Apel Gabungan Setiap Tanggal 17 setiap bulannya

 

 

REL,Empat Lawang – Menjalin kekompakan antara pemerintahan dengan instansi instansi lainnya tidak semudah membalikan telapak tangan.

Dengan satu tujuan visi dan misi untuk mendukung program pemerintahan kabupaten Empat Lawang.Camat Muara Pinang melaksanakan Apel gabungan di setiap se Kecamatan Muara Pinang

“Ya apel gabungan ini diadakan setiap tanggal 17 setiap bulan dan dilanjutkan Rapat koordinasi antar instansi,”Kata Camat Muara Pinang Sapardina Joli, Laki laki jebolan STPDN ini pada awak media.Jum’at (17/1/20).

yang diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam ) Muara Pinang, UPTD Kesehatan, KUA,Korrwil Pendidikan seluruh Kepala sekolah, kepala Desa, anggota PBK, Pol.PP kecamatan, Pol.PP Desa se kecamatan Muara pinang.

Dengan tujuan Lanjut Joli,menjalin sinergitas, kekompakan antar intansi untuk mendukung program Bupati kabupaten Empat Lawang yg MADANI

“ini Inisiatif kami,dulu pernah dijalankan tapi hampir setahun ini pakum diadakan setiap tanggal 17, mengenang,mengingat tanggal kemerdakaan dan menubuhkan rasa nasionalisme,”Ujarnya.

Kendati dirinya juga berharapan dengan diadakannya apel gabungan setiap satu bulan sekalinya dapat menjalin tali silaturahmi yang baik antar intansi dikecamatan Muara Pinang

“Supaya peran Camat sebagai Pembina ,kordinator,Fasilitator,Komunikator dapat berjalan dengan baik untuk menuju kecamatan Muara Pinang yang lebih baik,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Bupati Perintahkan Inspektorat Investigasi

Published

on

H Joncik Muhammmad

* DD 2019 Tanjung Raya Tidak Terealisasi

 

 

REL, Empat Lawang – Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Agus Rochman Basuki, mengaku sudah menyampaikan kasus Kades Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat (Pobar) ke Bupati Empat Lawang, terkait tidak terealisasinya Dana Desa (DD) 2019. Dari tahap pertama hingga tahap ketiga.

“Kami bersama Inspektorat sudah menghadap ke Pak Bupati, dan Pak Bupati sudah memerintahkan Inspektorat untuk turun langsung melakukan pemeriksaan. Nah hasil dari Investigasi itu pak Bupati akan mengambil kebijakan,” ungkap Kepala DPMDP3A Empat Lawang Agus Rochmat Basuki, pada saat dibincangi wartawan, Kamis (16/1).

Dengan tidak terealisasinya DD tahun 2019 tersebut lanjut Agus, itu sangat-sangat merugikan masyarakat Desa Tanjung Raya. Sebab ditahun 2019 Desa Tanjung Raya tidak ada pembangunan.

“Persyaratan untuk mengajuakan Dana Desa 2019, harus sudah menyelesaikan laporan relaisasi Dana Desa 2018. Nah kalau itu tidak terselesaikan maka Dana Desa 2019 tidak akan bisa dicairkan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, pihaknya sudah melakukan pembinaan dan beberapa kali mengirimkan surat ke Kades Tanjung Raya, bahkan itu surat langsung dari Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad.

“Kami dari BPMPD, bersama Inspektorat dan Komisi Satu sudah turun langsung kelapangan  menemui Kades Tanjung Raya beserta ibu nya, dan mereka berjanji akan menyelesaikan tahapan Dana Desa yang 2018,  sampai detik ini tidak ada laporannya. Kami juga sudah ngadap ke Bupati untuk, dan pak Bupati sudah memerintahkan  inspektorat untuk turun melakukan pemeriksaan,” pungkasnya (mg20).

Baca Selengkapnya

Trending