oleh

Bupati Lantik 39 Anggota BPD

REL, Empat Lawang – Sebanyak 39 orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Resmi dilantik dan di ambil Sumpahnya oleh Bupati Empat Lawang, Rabu (18/12/19).

Ke 39 anggota BPD tersebut berasal dari 7 Desa dari kecamatan Tebing Tinggi, diantaranya Desa Ujung Alih, Desa Gelanggang , Desa Aur Gading ,Desa Rantau Tenang, Desa Mekar Jaya , Desa Mekarti Jaya  dan Desa Ulak Mengkudu.

“Mereka ini sebelumnya sudah dilakukan pemilihan langsung di desa masing – masing dan mereka la yang terbaik sehingga bisa di lantik dan diambil sumpahnya hari ini,”kata Camat Tebing Tinggi, Sormi Azhar.

Dengan Harapan Lanjut Sormi,Sebagai mitra Kades bisa membantu kinerja dan mewujudkan Empat Lawang yang lebih baik.

“Semoga BPD yang baru dilantik bisa membantu kinerja Kepala Desa untuk membangun desa,demi mewujudkan Masyarakat yang makmur untuk menuju  Empat Lawang Madani,”Harapnya.

Sementara, Bupati Empat lawang H Joncik Muhammad sesuai mengambil sumpah berpesan kepada para anggota BPD agar bisa bekerja dengan baik dan bisa berkoordinasi dengan kades guna memajukan desa di Empat lawang khususnya Tebing Tinggi.

“Harus dipahami hak dan kewajiban serta tugas BPD nantinya ,termasuk juga menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) yang di tanda tangani oleh ketua BPD dan Kades itu penting dalam pembangunan desa kedepan , “kata Joncik.

Dikatakannya, BPD jangan mencari – cari kesalahan Kades melainkan harus kompak terutama mengurus Dana Desa (DD) yang telah di gelontorkan oleh Pusat dengan dana yang tidak sedikit.

“Penerapan DD harus Tepat sasaran dan harus selaras dengan prioritas Nasional serta juga yang tidak kalah penting selaras dengan Kabupaten, harus sinkron,”jelasnya.

Untuk masalah Honor lanjut Joncik, dikarenakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Empat lawang tergolong kecil, jadi baik gaji kades ataupin BPD Empat lawang tidak terlalu besar.

“Jabatan BPD ini selama 6 tahun kedepan, dan untuk honornya sendiri jangan terpaku dengan Honor di daerah lain yang cukup menjanjikan, APBD kita ini masih kecil jadi kisaran gaji BPD ialah 750 Ribu sampai 1 juta rupiah,jadi kalau mau peasukan kedesa banyak baik kades dan BPD harus jeli dan kreatif untuk menggali potensi seperti galian C dan pengembangan Sektor Pariwisata,” tukasnya. (mg20). 

BACA JUGA