Connect with us

Membangun Desa

Bupati Lantik 39 Anggota BPD

Published

on

LANTIK : Bupati Empat Lawang secara resmi melantik 37 Anggota BPD di Kecamatan Tebing Tinggi.

REL, Empat Lawang – Sebanyak 39 orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Resmi dilantik dan di ambil Sumpahnya oleh Bupati Empat Lawang, Rabu (18/12/19).

Ke 39 anggota BPD tersebut berasal dari 7 Desa dari kecamatan Tebing Tinggi, diantaranya Desa Ujung Alih, Desa Gelanggang , Desa Aur Gading ,Desa Rantau Tenang, Desa Mekar Jaya , Desa Mekarti Jaya  dan Desa Ulak Mengkudu.

“Mereka ini sebelumnya sudah dilakukan pemilihan langsung di desa masing – masing dan mereka la yang terbaik sehingga bisa di lantik dan diambil sumpahnya hari ini,”kata Camat Tebing Tinggi, Sormi Azhar.

Dengan Harapan Lanjut Sormi,Sebagai mitra Kades bisa membantu kinerja dan mewujudkan Empat Lawang yang lebih baik.

“Semoga BPD yang baru dilantik bisa membantu kinerja Kepala Desa untuk membangun desa,demi mewujudkan Masyarakat yang makmur untuk menuju  Empat Lawang Madani,”Harapnya.

Sementara, Bupati Empat lawang H Joncik Muhammad sesuai mengambil sumpah berpesan kepada para anggota BPD agar bisa bekerja dengan baik dan bisa berkoordinasi dengan kades guna memajukan desa di Empat lawang khususnya Tebing Tinggi.

“Harus dipahami hak dan kewajiban serta tugas BPD nantinya ,termasuk juga menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) yang di tanda tangani oleh ketua BPD dan Kades itu penting dalam pembangunan desa kedepan , “kata Joncik.

Dikatakannya, BPD jangan mencari – cari kesalahan Kades melainkan harus kompak terutama mengurus Dana Desa (DD) yang telah di gelontorkan oleh Pusat dengan dana yang tidak sedikit.

“Penerapan DD harus Tepat sasaran dan harus selaras dengan prioritas Nasional serta juga yang tidak kalah penting selaras dengan Kabupaten, harus sinkron,”jelasnya.

Untuk masalah Honor lanjut Joncik, dikarenakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Empat lawang tergolong kecil, jadi baik gaji kades ataupin BPD Empat lawang tidak terlalu besar.

“Jabatan BPD ini selama 6 tahun kedepan, dan untuk honornya sendiri jangan terpaku dengan Honor di daerah lain yang cukup menjanjikan, APBD kita ini masih kecil jadi kisaran gaji BPD ialah 750 Ribu sampai 1 juta rupiah,jadi kalau mau peasukan kedesa banyak baik kades dan BPD harus jeli dan kreatif untuk menggali potensi seperti galian C dan pengembangan Sektor Pariwisata,” tukasnya. (mg20). 

Empat Lawang

Antisipasi Penyebaran Virus Corona,BPBD Bentuk Tim Relawan Desa Tangguh Covid-19

Published

on

Foto : BPBD For REL Caption : Penyerahan bantuan APD langsung oleh Kabid kesiapsiagaan (Harry Pratama) Kepada relawan desa tangguh covid-19 di Desa Lubuk Puding Kecamatan Ulu Musi.Kemarin.

REL,Empat Lawang – Berbagai upaya dan usaha pemerintahan kabupaten Empat Lawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang untuk memutuskan penyebaran wabah virus covid-19 di wilayah bumi saling kruani sangi krawati.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh BPBD yakni membentuk desa tangguh covid-19 di berbagai Kecamatan di kabupaten Empat Lawang

yang menjadi tempat desa tangguh salah satunya yakni di Desa Lubuk Puding Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang.

“Pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi bencana,BPBD bentuk desa tangguh COVID 19 guna siaga dan antisipasi penyebaran virus,”Kata Kepala BPBD Kuswinarto melalui Kabid Kesiapsiagaan Harry Pratama.Kemarin (15/8).

Selain membentuk Desa tangguh dikatakan Harry,pihaknya juga memberikan alat pelindung diri (APD) untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus covid-19

“Ada sebanyak 250 pcs masker, tank semprot, lima liter disinfektan ada lima buah,tempat cuci tangan 1 unit dan buku saku sebanyak 160 buah,”Paparnya.

Adapun tujuan pembentuk relawan tangguh covid-19 tersebut lanjut Harry,untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait covid 19,memantau potensi penyebaran covid ,mensterilisasikan penyebaran virus di lingkungan desa dan menyampaikan informasi kepada pemerintah daerah (BPBD) serta memantau pelaksanaan kehidupan baru New Normal tentang penerapan protokol kesehatan.Tuturnya.(Mg20)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Perpanjangan BLT DD Tahap I di Salurkan

Published

on

Foto : Ist Caption : Penyaluran perpanjangan BLT dd Tahap I Desa Ulak Dabuk,

REL,Empat Lawang – Sebanyak 135 kepala keluarga (KK) di Desa Ulak Mengkudu Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang menerima bantuan langsung tunai (BLT DD),Kemari (15/8).

Diketahui penyaluran BLT dana desa ini merupakan blt perpanjangan,yang mana blt dd tiga bulan yang dipruntukan bagi warga yang terdampak wabah covid-19 dengan nominal 600 ribu per -KK telah di salurkan di bulan April,Mei dan Juni.

Kepala Desa Ulak Mengkudu Kasmir mengatakan hari ini pembagian blt dd perpanjangan dengan nominal 300 ribu per-bulannya.

“Pembagian blt dd tahap ke 2 bulan ke 4 desa Ulak Dabuk sebanyak 135 kk yang masing masing KK menerima sebesar 300 ribu perbulannya,”Kata Kasmir

Masyarakat lanjutnya yang menerima BLT perpanjangan itu di bulan,Juli,Agustus dan September

“Blt DD perpanjangan itu selama tiga bulan,dan hari ini baru tahap pertama dibulan Juli,”Ucapnya.

Ditambahkan Johan Marmondo selaku Pendamping Lokal Desa (PLD ) yang hadir dalam pembagian BLT langsung di awasi serta di kawal oleh forcopimcam Kecamatan Talang Padang.

“Semoga wabah virus covid-19 ini dapat segera berlalu dan masyarakt bisa beraktivitas seperti biasanya,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Kades Bagikan BLT DD Tahap Ke Empat

Published

on

Caption : Kades bagikan perpanjangan BLT dd yang di awasi pihak kecamatan dan tenaga ahli Kabupaten Serta TNI-Polri

REL,Empat Lawang – Perpanjangan Bantuan langsung tunai dana desa (BLT,DD) tahun 2020, dipruntukan bagi masyarakat yang terdampak wabah virus covid-19 yang saat ini masih merebak diberbagai penjuru dunia.

Pemerintahan Desa Remantai Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang menyalurkan BLT DD desa tahap ke Empat dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker dan menjaga jarak saat mengambil BLT tersebut.

Kepala Desa Remantai Fauzi mengatakan perpanjangan blt dd dimulai pada bulan Juli hingga bulan September mendatang dengan nominal sebesar 300 ribu perbulannya.

“Perpanjangan BLT DD cuma 3 bulan dan sebulannya 300 ribu per-KK,beda dengan BLT DD bulan kemarin yang beseranya 600 perbulan untuk per-KK,”Ungkapnya.Senin (10/8)

Untuk desanya,yang mendapatkan BLT DD perpanjangan,sebanyak 138 Kepala Keluarga (KK).

Namun demikian,Dengan adanya perpanjangan ini,diharapkan masyarakat dapat mempergunakannya dengan sebaik baiknya mengingat bantuan ini tidak selamanya,

“Kita tidak tahu kedepannya apakah ada perpanjangan lagi atau tidak,diharapkan gunakan lah bantuan ini dengan seperlunya karena kita tidak tahu sampai kapan virus covid-19 ini akan berlalu,”Jelasnya.

Diketahui penyaluran perpanjangan BLT DD desa remantai di hadiri camat Talang Padang,TNI-Polri,Tenaga Ahli Kabupaten,PLD dan PD serta masyarakat yang menerima bantuan bertempat di Rumah Kepala Desa Remantai.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending