Connect with us

Membangun Desa

Bupati Lantik 39 Anggota BPD

Published

on

LANTIK : Bupati Empat Lawang secara resmi melantik 37 Anggota BPD di Kecamatan Tebing Tinggi.

REL, Empat Lawang – Sebanyak 39 orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Resmi dilantik dan di ambil Sumpahnya oleh Bupati Empat Lawang, Rabu (18/12/19).

Ke 39 anggota BPD tersebut berasal dari 7 Desa dari kecamatan Tebing Tinggi, diantaranya Desa Ujung Alih, Desa Gelanggang , Desa Aur Gading ,Desa Rantau Tenang, Desa Mekar Jaya , Desa Mekarti Jaya  dan Desa Ulak Mengkudu.

“Mereka ini sebelumnya sudah dilakukan pemilihan langsung di desa masing – masing dan mereka la yang terbaik sehingga bisa di lantik dan diambil sumpahnya hari ini,”kata Camat Tebing Tinggi, Sormi Azhar.

Dengan Harapan Lanjut Sormi,Sebagai mitra Kades bisa membantu kinerja dan mewujudkan Empat Lawang yang lebih baik.

“Semoga BPD yang baru dilantik bisa membantu kinerja Kepala Desa untuk membangun desa,demi mewujudkan Masyarakat yang makmur untuk menuju  Empat Lawang Madani,”Harapnya.

Sementara, Bupati Empat lawang H Joncik Muhammad sesuai mengambil sumpah berpesan kepada para anggota BPD agar bisa bekerja dengan baik dan bisa berkoordinasi dengan kades guna memajukan desa di Empat lawang khususnya Tebing Tinggi.

“Harus dipahami hak dan kewajiban serta tugas BPD nantinya ,termasuk juga menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) yang di tanda tangani oleh ketua BPD dan Kades itu penting dalam pembangunan desa kedepan , “kata Joncik.

Dikatakannya, BPD jangan mencari – cari kesalahan Kades melainkan harus kompak terutama mengurus Dana Desa (DD) yang telah di gelontorkan oleh Pusat dengan dana yang tidak sedikit.

“Penerapan DD harus Tepat sasaran dan harus selaras dengan prioritas Nasional serta juga yang tidak kalah penting selaras dengan Kabupaten, harus sinkron,”jelasnya.

Untuk masalah Honor lanjut Joncik, dikarenakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Empat lawang tergolong kecil, jadi baik gaji kades ataupin BPD Empat lawang tidak terlalu besar.

“Jabatan BPD ini selama 6 tahun kedepan, dan untuk honornya sendiri jangan terpaku dengan Honor di daerah lain yang cukup menjanjikan, APBD kita ini masih kecil jadi kisaran gaji BPD ialah 750 Ribu sampai 1 juta rupiah,jadi kalau mau peasukan kedesa banyak baik kades dan BPD harus jeli dan kreatif untuk menggali potensi seperti galian C dan pengembangan Sektor Pariwisata,” tukasnya. (mg20). 

Empat Lawang

Salurkan BLT Sekaligus Tiga Bulan

Published

on

Caption : Camat Talang Padang saat mengawal bantuan BLT kepada warga Remantai

REL,Empat Lawang – Tidak henti hentinya pemerintahan desa (Kades,Red) menyalurkan bantuan langsung tunai (Blt) kepada warga yang terdampak wabah virus covid-19 menggunakan dana desa tahun 2020.

Seperti yang dilakukan oleh kepala desa ( Kades ) Remantai Kecamatan Talang Padang telah menyalurkan bantuan blt dana desa tahun 2020

“Bantuan itu dari bulan Oktober sampai Desember,jadi sekaligus 3 bulan dengan nominal 300 ribu perbulannya,kalau di totalkan 900 ribu setiap kk yang menerima,”Kata Fauzi Kepala Desa Remantai .Kemarin (25/11).

Dijelaskannya lebih lanjut,kalau diberikan sekaligus tiga bulan,nantinya uang tersebut bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan sehari hari

“Kalau sekaligus tiga bulan nominalnya cukup besar jadi mereka bisa membeli kebutuhan hidup sehari hari,”Jelasnya.

Diketahui penyaluran blt di desa remantai juga dihadiri Camat Talang Padang,TNI-Polri serta pendamping desa dan pendamping lokal desa.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Camat Tegaskan Larang OT dan Hiburan Lainnya

Published

on

Caption : Camat menyampaikan arahan kepada pemerintahan kecamatan Paiker

REL,Empat Lawang – Menindaklanjuti pertemuan camat se Empat Lawang dengan Wakil Bupati Empat Lawang, mensikapi adanya pelanggaran protokol kesehatan (Prokes),Jum’at (20/11).

Khususnya pelaksanaan pesta pernikahan di Talang Baru Air Mayan Pasemah Air Keruh (Paiker) pada tanggal 18 November 2020 dan rangka memaksimalkan Surat Edaran maupun instruksi Bupati Empat Lawang tentang prokes dibentuklah tim sosialisasi dan penerapan saksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan.

Tim yang dimaksud dibentuk disetiap desa dengan melibatkan pegawai kecamatan menjadi penanggungjawab dan kepala desa sebagai ketuanya yang dibantu dengan babinkamtibmas, babinsa dan Pol-PP Desa.

Tugas difokuskan pada penyampaian informasi untuk tidak menggunakan organ tunggal dan hiburan lain pada acara resepsi, akad nikah dan acara sosial lainnya.

Kepala desa diminta untuk memaksimal perangkat desa, linmas dan Pol-PP Desa untuk mencegah adanya organ maupun pelanggaran terhadap prokes pada resepsi, akad nikah dan acara sosial lainnya .

Apabila terjadi pelanggaran tim segera bertindak dan melaporkan hasil kepada Kasat Pol-PP Kabupaten Empat Lawang, Camat Paiker dan Kapolsek Paiker.

Jika dikemudian hari tim ini dianggap gagal bertindak maka kepala desa menjadi taruhannya, akan dinonjobkan dan tidak menutup juga dengan camat akan diberhentikan.

Noperman Subhi camat Paiker menganggap tugas tersebut walaupun berat sangat mulia karena bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid 19 dan berharap masyarakat yang pada dasarnya sudah paham dan tinggal ada niatan untuk mentaatinya serta menjaga Paiker tetap di zone Hijau.

Pada kesempatan ini pula, dipimpin salah satu BPD Talang Padang berikrar untuk ikut aktif mengawal peraturan yang dibuat pemerintah dalam rangka mencegahan berkembangbiaknya Covid 19 di Paiker.

“Mewakili kepala desa se Paiker, Burhan kepala desa Pagar Jati siap melaksanakan perintah pemerintah kabupaten Empat Lawang yang disampaikan Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

BLT DD Tahap II dan III di Salurkan

Published

on

Foto : Ist Caption : tampak penyaluran BLT DD tahap kedua dan ketiga kepada warga Puntang yang terdampak wabah covid-19

REL,Empat Lawang – Pemerintahan Desa Puntang Kecamatan Sikap Dalam menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dd tahap kedua dan ketiga pada bulan Mei dan Juni.

Pencairan blt tahap kedua dan ketiga mengalami keterlambatan dikarenakan pencairan dd tahap kedua baru diterima.

“Lambat pengajuan ,jadi baru sekarang cairnya,yang cair tahap kedua bulan kesatu,”Kata Rudi Aswan melalui Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Zulfikar,S.IP pada wartawan Rakyat Empat Lawang.Jum’at (2/10).

Masih dikatakan Zulfikar,untuk penerima blt dd tahap kedua dan ketiga di Desa Puntang berjumlah 150 kepala keluarga (KK) yang mana setiap per-kk itu menerima bantuan uang sebesar 600 ribu perbulannya.

“Ini masih blt yang 600 jadi warga menerima sebesar 1.200 karena langsung 2 bulan, kalau perpanjangan Blt 300 ribu perbulan itu pencairan berikutnya,”Lanjut Zulfikar.

Penyaluran blt dd tahap kedua dan ketiga pada bulan mei, juni dihadiri unsur tripika camat kapolsek danramil serta pendamping desa (PD) dan pendamping lokal desa (PLD) sambung Zulfikar,

Kepada masyarakat meminta maaf,karena penyaluran blt dd tahap kedua dan ketiga mengalami keterlambatan.

“Kami minta maaf karena terlambat,tapi yakinlah bantuan ini akan kami salurkan,karena ada kendala jadi penyalurannya terlambat,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending