oleh

BUMDES “Air Desa” Nanjungan, Membuat Paving Block

REL, Empat Lawang – Patut diacung jempol kreatifitas pemerintah desa di Kabupaten Empat Lawang untuk menghidupkan ekonomi masyarakat desa. Salah satunya dengan cara membuat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) berupa pembuatan Paving Block.

Kepala Desa Nanjungan Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang, Muhammad Nazir mengatakan, latar belakang membuat Bumdes Paving Block ini adalah Berawal dari banyaknya Minat Masyarakat menggunakan Paving Block untuk rumah, sekolah ataupun Perkantoran, kemudian untuk mengurangi angka  pengangguran masyarakat desa, dan tentunya untuk memanfaatkan sumber daya alam (SDA) desa Nanjungan, sehingga Masyarakat Nanjungan Berinisiatif untuk Membuat Usaha Paving Block yang dikelola oleh BUMDes “Air Desa”. Maklum, dilihat dari segi Ekonomi, Usaha Pembuatan Paving Block ini mempunyai Potensi yang besar, Pasalnya belum terdapat Produsen yang membuat Paving Block di Kabupaten Empat Lawang, Khususnya di Kecamatan Pendopo.

“Prosesnya lumayan panjang, dimulai musyawarah masyarakat desa Nanjungan, bersama BPD, dan Pengelola Bumdesa bersama penduduk desa pada akhir 2017 lalu. Nah dari pertemuan itu sepakat untuk membentuk Bumdes yang bermanfaat bagi Pendapatan Asli Desa dengan potensi SDA dan SDM desa yang ada. Kemudian pada Mei 2018 kemarin, pemerintahan desa Nanjungan Bersama Pengelola BUMDes  dan Unsur masyarakat lainnya melakukan gotong royong untuk pembersihan lahan yang dijadikan tempat usaha,”terang Nazir.

Menurut Nazir, secara produktif Bumdes ini berjalan sejak awal Juli 2018. Dan dipastikan pihaknya akan membuka kesempatan kerjasama yang efektif bagi setiap pihak yang akan menggunakan barang dan jasa paving block tersebut. Dengan cara ya itu tadi, untuk pengembangan dan pemasaran paving block asli Bumdes Nanjungan “Air Desa”. “Insyaallah ini produk lokal Nanjungan, siapapun yang hendak kerjasama, kita siap untuk bekerjasama yang baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa,”pungkas Nazir. (11)

BACA JUGA