oleh

Buka Akses Penghubung Sugiwaras-Mekarjaya

REL – Empat Lawang – Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, membuka jalan penghubung Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang dengan Desa Mekar Jaya (SP4), Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat.
Pembukaan jalan tersebut merupakan program Karya Bakti Kodim 0405/Lahat, untuk membuka akses jalan perkebunan masyarakat (talang), yang sebelumnya hanya bisa dilalui jalan kaki dan sepeda motor tril atau sepeda motor modifikasi.
Komandan Distrik Militer (Dandim) 0405/Lahat, Letkol (CZI) Srihartono melalui Komandan Rayon Militer (Danramil) Kikim, Kapten Inf Heru Winardi mengatakan, pelaksanaan Karya Bakti TNI-AD yang secara tekhnis lapangan dikomandoi dirinya tersebut menjelaskan, pembukaan jalan yamg menghubungkan Kecamatan Tebing Tinggi dengan Kikim Area, merupakan kerjasama Kodim Lahat dengan Pemerintah daerah untuk membuka akses daerah yang selama ini terisolasi, agar dapat menjadi berkembang, demi kemakmuran masyarakat itu sendiri.
“Kegiatan ini membantu Pemkab Empat Lawang, membuka akses jalan yang sulit dilakukan. Kita berharap karya bakti ini, dapat diterjemahkan menjadi hal yang positif bagi masyarakat sekitar,” ujar Heru di sela-sela kegiatan, Sabtu (7/5).
Dijelaskannnya, secara seremonial, pelaksanaan titik nol (0) pelaksanaan kegiatan di wilayah desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi, sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu dengan melibatkan unsur pemerintah darah setempat, perintah desa, tokoh adat dan tokoh masyarakat.
“Termasuk pemilik tanah yang dilalui pada proyek ini, juga hadir saat itu. Alhamdulillah, dukungan masyarakat cukup bagus, bahkan para pemilik tanah sendiri turut membantu pelaksanaan pekerjaan,” katanya.
Dikatakan Heru, panjang jalan yang akan dibuka pihaknya ini, rencananya sepanjang 8 kilo meter (km), dari wilayah Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi ke Desa Mekar Jaya (SP4) Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat.
“Mudah-mudahan program Karya Bakti Kodim 0405/Lahat kali ini, semakin menjadi pengikat antara TNI bersama masyarakat. Karena TNI dari rakyat, tentu saja harus berbuat demi rakyat,” tegasnya.
Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Empat Lawang Syarkowi Rasyid saat dikonfirmasi membenarkan memang ada program karya Bhakti TNI atau TMMD yang menghubungkan akses antara dua Kabupaten yakni Lahat dan Empat Lawang tepatnya di desa Sugiwaras dan Desa Mekarjaya.
“Yah, ada itu program TMMD di Sugiwaras menghubungkan desa yang ada di Kabupaten Lahat, akses jalan yang dibuka ini jelas sangat berdampak baik terhadap warga,” katanya. (12).

BACA JUGA