Connect with us

Bisnis

BPH Migas Luncurkan Buku BBM 1 Harga

Published

on

 

REL, Jakarta – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, H Alex Noerdin menghadiri acara peluncuran buku Bahan Bakar Minyak (BBM) 1 Harga, Senin (30/12/2019) di gedung Badan Penyalur Hilir (BPH) Minyak dan Gas Bumi (Migas), Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan. Acara yang dihadiri langsung oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif ini, sekaligus dilakukan peresmian selesainya renovasi gedung BPH Migas.

Dalam kesempatan ini, Arifin menyampaikan bahwa sampai saat ini masih banyak wilayah-wilayah tertentu di NKRI sulit untuk mendapatkan BBM karena belum terdapat Lembaga Penyalur, sehingga kebutuhan BBM di wilayah tersebut sulit terpenuhi.

“Sejak tahun 2017 hingga 2019, BPH Migas telah berhasil mengawal pembangunan penyalur BBM Satu Harga. Hingga saat ini sudah terbangun 170 Penyalur BBM Satu Harga yang tersebar khususnya di daerah 3T, dengan rincian 160 Penyalur dibangun oleh PT Pertamina (Persero) dan 10 penyalur oleh PT AKR Corporindo Tbk dengan waktu penyelesaian lebih cepat dari target waktu yang direncanakan,”jelas Arifin.

Lebihlanjut dikatakannya, sebagai bentuk refleksi lika liku dan suka duka berbagai pihak yang ikut serta menyukseskan Program BBM Satu Harga, BPH Migas dan Kementerian ESDM bersama PT. Pertamina (Persero) dan PT. AKR Corporindo, Tbk menerbitkan buku dengan judul “BBM 1 Harga: Keadilan Energi untuk Masyarakat 3T di NKRI”.

“Buku ini menceritakan semangat perjuangan dalam mewujudkan program BBM 1 harga dan manfaat yang dirasakan masyarakat. Penyusunan Buku BBM 1 Harga ini juga mendapat sambutan baik dan dukungan dari Menteri ESDM Bapak Arifin Tasrif, Bapak Ignasius Jonan Meteri ESDM periode 2017-2019, dan Bapak Purnomo Yusgiantoro Menteri ESDM periode 2000-2009,”ungkapnya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, H Alex Noerdin menyambut baik atas diluncurkannya buku BBM 1 Harga ini. Menurut mantan gubernur Sumsel dua periode ini, sudah selayaknya seluruh warga negara dibawah naungan NKRI mendapatkan kesetaraan harga. Hal ini sudah mengacu pada undang-undang dasar 1945 khusunya Pasal 33 Ayat 3, yang mana bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

“Sudah seharusnya seluruh rakyat Indonesia merasakan kesertaraan baik dari sisi pembangunan maupun ekonomi. Apalagi sampai saat ini masih banyak wilayah-wilayah di Indonesia yang masih sulit dijangkau untuk memasok kebutuhan BBM. Mudah-mudahan dengan adanya program tersebut, dapat terus menjangkau seluruh pelosok daerah di Indonesia,”tegas Alex. (*).

Bisnis

Masih dalam Proses Pendataan

Published

on

Kabid Perdagangan Yeni Novita

 

 

REL,Empat Lawang – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kabupaten Empat Lawang belum dapat memastikan kenaikan harga sembako di pasar tradisional di Kabupaten Empat Lawang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disprindag) Almutholib melalui kabid perdagangan Yeni Novita dikompirmasi melalui Via Whatshapp mengatakan.

“Maaf sebelumnya,karena saat ini disperindag masih dalam proses pendataan,Tunggu kompirmasi lwbih lankutnya,” Kata Yeni Novita.Selasa (21/1/20).

Masih dikatakan Yeni Novita,untuk pendistribusian beras bulog itu bukan rana dari dinas perdagangan dan perindustrian.

“Kayaknya bukan kami,kalau masalah beras bulog mungkin dengan dinas ekobang atau dinsos,”Jelasnya.

Sementara Pantauan dilapangan Harga sembako di pasar tradisional Tebing Tinggi mengalami kenaikan walaupun mengalami kenaikan tapi tidak terlalu signifikan,seperti harga cabe,bawang,
,gula,minyak sayur,cabe setan dan abe merah.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Bisnis

Harga Komoditi mengalami Kenaikan

Published

on

Tampak pedagang Komoditi di pasar Pulo Mas Tebing Tinggi

 

REL,Empat Lawang – Bahan Baku sembako menjadi salah satu bahan pokok utama yang di butuhkan masyarakat untuk kehidupan sehari hari.

Dari informasi yang didapat,harga sembako dipasar tradisional tebing tinggi mengalami kenaikan,seperti yang dikatakan Ratna pedagang yang berada di Pasar Pulo mas mengatakan,

“Sudah naik Semua,harga Bawang perkilo nya 35.000 biasanya 28.000 sampai 30.000, gula juga naik perkilonya 14.000 biasanya 12.000 perkilo,minyak sayur kiloan 12.000 perkilo biasanya 11 perkilo,cabe setan 80.000 perkilo biasanya 50.000 sampai 60.000 dan cabe panjang 70,000 perkilo biasanya 50.000 perkilo,”Ungkapnya.Sabtu (18/1/20)

Sedangkan untuk harga komoditi lainnya Lanjutnya,seperti Ayam,ikan dan daging sapi tetap normal seperti biasannya tidak mengalami kenaikan.

“Selain ikan lele yang mengalami kenikan dari harga 22.000 perkilo menjadi 25.000 perkilonya beda dengan ikan lainnya yang masih normal ,sedangkan harga daging sapi juga masih normal perkilonya 120.000 (Ngeteng),Kalau ayam mengalami penurunan biasanya 30 ribu perkilo sekarang menjadi 28.000 perkilonya,”Paparnya.

kenaikan harga sembako tersebut Sambungnya,mengalami kenaikan didalam minggu minggu ini,

“Dalam minggu ini lah harga sembako mengalami kenaikan,”Tuturnya.(Mg24).

Baca Selengkapnya

Bisnis

2020 Fasilitas Destinasi Wisata Air Terjun Sanghe Dikembangkan

Published

on

Kepala Dinas Pariwisata berserta rombongan meninjau lokasi destinasi wisata air terjun sanghe

 

REL,Empat Lawang – Membangun serta mengembangkan destinasi wisata dibumi saling kruani saling krawati ,salah satu nya destinasi wisata air terjun sanghe yang bertempat di Desa Terusan baru Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Ditahun 2020 ini, Dinas Pariwisata akan merencanakan pembangunan  dan mengembangkan  fasilitas  wisata air terjun sange ,hal tersebut dikatakan kepala dinas pariwisata Mgs Nawawi pada wartawan Rakyat Empat Lawang (REL),”Tahun 2020 ini  destinasi wisata air terjun sanghe di desa terusan baru akan di bangun dan di kembangkan yang  akan menggunakan  anggaran Dana Alokasi Khusus ( DAK ),”Kata Mgs Nawawi melalui Pesan Singkat Whatsap (WA),Sabtu (18/1/20).

Adapun fasilitas  di rencanakan di air terjun sanghe lanjutnya,yakni  pelataran parkir, mushollah, menara pandang, pagar pembatas, pargolla, gazebo, gerbang identitas destinasi pariwisata.

“ Peninjauan telah d laksanakan dinas pariwisata bersama konsultan perencanaan dan melibatkan kepala desa terusan baru dan disana  Juga akan dibangun kios pedagang dan  informasinya juga pembangunan destinasi ini  di sinergikan dengan program pariwisata desa terusan baru  sehingga apa yang di bangun tidak tumpang tindih,”Jelasnya.

Saat ini untuk Retribusi  Destinasi wisata air terjun sanghe belum dapat di pastikan  Sambungnya dan kedepannya akan di kelola dengan baik sehingga bisa menunjang pendapatan asli daerah (PAD),

“Kalau sekarang  belum di diambil retribusinya tapi kemungkinan kedepan kalau sudah di kelola dgn baik  itu akan di terapkan sebagai salah satu sektor penunjang PAD,”Paparnya.

Dengan harapan  kedepannya pembangunan dan pengembangan destinasi wisata ini  dapat di nikmati masayarakat empat lawang dan menjadi aset  wisata yang tak kalah dengan  destinasi wisata di kota lainnya.

“Nanti kalau  sudah kita bangun wisata ini menjadi Aset daerah Empat Lawang,sebagai masyarakat empat lawang agar  dapat menjaga  jaga dan memelihara keindahan serta keutuhan pembangunan wisata, Sehingga masyarakat empat lawang  tidak usah jauh jauh  untuk bisa menikmati destinasi wisata alam karena keindahan alam kita tidak kalah cantiknya dengan daerah lain,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending