oleh

BPBD Siapakan 10 Posko Siaga Bencana

REL, Empat Lawang – Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten Empat Lawang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang mendirikan Posko Bencana Alam, ditiap-tiap Kecamatan se Kabupaten Empat Lawang.

Kepala BPBD Empat Lawang M Taufik mengatakan, BPBD Empat Lawang sudah menyiapkan 10 Posko Bencana diseluruh Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang.

“Setiap Kecamatan ada Poskonya, bergabung di Posko Pemadam Kebakaran disetiap Kecamatan. Jadi merangkap menjadi dua Pos, Posko Pemadam Kebakaran dan Posko siaga bencana,” kata Taufik pada saat dibincangi wartawan, Rabu (5/12) diruang kerjanya.

Dijelaskan Taufik, ada beberapa titik yang menjadi rawan bencana, seperti tanah langsor, yaitu sepanjanjang jalan poros Tebing Tinggi-Pendopo, jalan dari Talang Padang hingga jalan Sikap Dalam. Itu semua merupakan daerah rawan tanah langsor.

“Untuk rawan banjir itu Kecamatan Paiker, Ulu Musi dan Tebing Tinggi. Untuk langka antisipasinya kita sudah memasang patok peringatan, dibebrapa titik yang rawan bencana,” jelasnya.

Dilanjutkan Taufik, untuk saat ini debit air Sungai Musi normal dan stabil. Hanya saja warnah airnya saja yang berubah menjadi pekat.

“Mudah-mudahan tetap stabil air sungai kita ini, karena volume hujan besar masih jarang di Empat Lawang,” ujarnya.

Dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang tinggal dipinggiran sungai, agar selalu berhati-hati dan tetap memantau perkembangan debit sungai.

“Segera amankan barang-barangnya, pindahkan ketempat yang lebih tinggi, begitu juga yang rawan longsor tetap waspada. Dan kita berharap tidak ada longsor yang dapat merusak rumah warga dan perkebunan,” pungkasnya (Mg01).

 

BACA JUGA