Connect with us

Empat Lawang

Bersama Cegah Virus Corona Masuk

Published

on

Caption :Sebelum melaksanakan penyemprotan kades dan forkopimcam berfose bersama.

 

REL,Empat Lawang – Kesigapan pemerintah desa Martapura Kecamatan Sikap Dalam ,untuk memutuskan dan/ mencegah penyebaran mata rantai virus covid19 yang sering di sebut virus corona.

Bersama pihak kecamatan Sikap dalam, Kapolsek Ulu Musi, Koramil Ulu Musi, Kepala Puskesmas Sikap Dalam, Perangkat desa, BPD, Ketua PKK desa, Linmas, Karang Taruna dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya berpartisifasi dalam melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan.

“Dengan disosialisasikan serta himbauan kepada masyarakat desa Martapura, pada hari ini rabu, 1 april 2020 ,pemerintah desa dan unsur tripika berserta warga melakukan penyemprotkan cairan disinfektan ditempat yang diduga rawan, seperti rumah ibadah, Sekolah-sekolah, warung sembako, dan rumah-rumah khususnya tempat tinggal warga yang baru pulang dari luar Empat Lawang,”Ungkap Pjs.Kepala Desa Martapura Idul Adha.Rabu (1/4/20).

Sebelum melakukan penyemprotan Lanjutnya pembuatan cairan disinfektan di ajarkan dahulu oleh kepala puskesmas cara tentang meramu cairan itu dan teknis penyemprotan hingga tempat yang diprioritaskan dan kelengkapan petugas penyemprotan.

Masih dikatakan Adha ,Adapun langkah yang sudah dijalankan antara lain sosialisasi serta himbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik serta senantiasa selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun, kosumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, gunakan masker bila sedang batuk atau pilek, hindari bersentuhan kulit, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

“Apabila batuk,pilek dan sesak nafas segera hubungi puskesmas/rumah sakit terdekat,”Himbaunya.

Selain itu, iapun juga telah melakukan pendataan deteksi dini bagi warganya yang baru mudik dari luar Empat Lawang.

“Pada hari ini sudah berhasil didata berjumlah 17 orang dan sudah disampaikan kepada pihak puskesmas untuk ditindak lanjuti,”Katanya.

Sementara Camat Sikap Dalam Zulian S,Ip dalam pengarahannya menyambut baik dan berterima kasih pemerintah desa dan masyarakat yang mampu bekerja sama dalam pencegahan berkembangnya covid 19 didesa Martapura ini.

“Diharapkan agar masyarakat tidak melakukan pembelian dan menimbun kebutuhan masyarakat secara berlebihan yang bisa bersampak kelangkaan dan kenaikan harga yang tis
dak signifikan,”Ungkapnya.

Dalam kesempatan sama Kapolsek Ulu Musi Iptu Hidayat juga menyampaikan maklumat Kapolri dan instruksi bupati Empat Lawang dalam rangka optimalisasi pencegahan, perkembangan dan penyebaran covid 19.

” agar masyarakat tidak mengadakan kegiatan social kemasyarakatan dan atau yang menyebabkan berkumpulnya masa dalam jumlah banyak seperti resepsi, konser music dll,”Tukasnya.(Mg20).

Empat Lawang

Edi Sugandi Jabat Kasi Datun

Published

on

Caption : Edi Suganti saat dilantik di Kejari Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Kepala Kejaksaaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, Sigit Prabowo SH MH, melantik Edi Sugandi sebagai Kepala Seksi ( Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN), menggantikan Andi Candra.

Sementara Andi Candra kini menjabat Kacabjari Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

“Kita berharap Edi Suganda segera menyesuaikan diri di tempat kerja baru ini,” harap Sigit Prabowo.

Ini lantaran, diakuinya, tugas Datun sangatlah penting dalam pendampingan hukum, penegakan hukum serta pelayanan hukum.( Rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Giliran TNI, Polisi serta Guru

Published

on

Caption - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) memeriksa vaksin gelombang kedua tiba di Dinas Kabupaten Empat Lawang.

/// Sasaran Vaksin Covid Tahap II

REL,Empat Lawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, kembali menerima vaksin covid-19 tahap II di Dinas kesehatan Empat Lawang, kemarin (2/3).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes ) Empat Lawang Sulni melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit ( P2P), Dr. Ivon Meliyani mengatakan sebanyak 250 vial vaksin covid -19 diterima dengan sasaran 1.741 orang.

“Gelombang dua ini, sasaran TNI-Polri dan tenaga pendidikan,”Kata Ivon saat menerima vaksin.

Masih dikatakan Ivon data yang telah masuk kedinas kesehatan sebanyak 1200 orang yang akan divaksin,

“Data yang sudah masuk ke kita ada 1200 orang sedangkan kita mendapatkan kuota sebanyak 1.741,”Ujarnya.(Pad/rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Luring terapkan Sistem 5S

Published

on

Foto : Anita / REL Caption : Siswa dites thermogun saat masuki ruangan

REL,Empat Lawang – Di era pandemi, dunia pendidikan masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Semua sekolah di Kabupaten Empat Lawang masih menerapkan sistem PJJ baik secara daring ataupun luring sekarang ini. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem PJJ yakni SMP N 1 Muara Pinang.

Kepala SMP N 1 Muara Pinang, Hadi, mengatakan sekolahnya menerapkan sistem pembelajaran daring bagi siswa yang mempunyai handphone, dan pembelajaran luring bagi siswa yang tak mempunyai hanpdhone.

“Anak belajar di rumah, guru mengajar dari sekolah via handpone,” kata Hadi.

Pada saat siswa ke sekolah, sekolah menerapkan sistem 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun untuk menyambut kedatangan siswa. Tentunya penerapan 5S tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penerama program 5S sendiri menurut dikatakan Hadi, sejak tahun 2016 sudah mulai diterapkan di sekolah.(Ian/rel)

Baca Selengkapnya

Trending