Connect with us

Empat Lawang

Berharap Tempat Berjualan Disatukan

Published

on

SIDAK : Wakil Bupati Empat Lawang H Yulius Maulana beserta Rombongan saat mengecek harga di pasar Tebing Tinggi, Selasa (14/5/2019).

REL, Empat Lawang – Wakil Bupati Kabupaten Empat Lawang H Yulius Maulana didampingi beberapa kepala OPD terkait melakukan pengecekan kondisi Pasar dan memantau harga-harga yang dijual di pasar Tebing Tinggi.

“Hari ini kita mengecek pasar seperti harga- harga sembako, dan juga mendengarkan keluhan-keluhan dari warga kita yang bekerja sebagai pedagang ini,” Kata Yulius.

Dikatakannya, setelah dilakukan pengecekan tidak ada lonjakan-lonjakan harga yang signifikan dan cendrung relatif stabil.

“Cabe, bawang putih dan bawang merah kita cek harganga masih normal, dan memang kemarin ada lonjakan di harga bawang putih yang mencapai seratus ribu namun sekarang kita tanya pedagang sudah turun dikisaran 50 ribu sampai 60 ribu perkilonya,” tutur Yulius

Dan lanjut Yulius, pihaknya akan berencana untuk membuatkan kios para pedagang dengan menggunakan dana Anggaran Belanja Tahunan (ABT) agar tidak terjadi lagi pasar yang semerawut dan tumpang tindih

“Pasar ini adalah prioritas kita kedepan karena kita belum ada pasar jadi akan rapikan dan diarahkan ke Pulau Emass yang menjadi pasar sementara, dan yang dekat jalan akan dicarikan solusi kedalam, dan kedepan kita minta Dinas PU untuk membuatkan lapak khusus pedagang,” tuturnya.

Nanti setelah jadi, yulius menjelaskan akan dilakukan pendataan jumlah pasti para pedagang dan akan diundi untuk mendapatkan posisi lapaknya.

“Setelah kita data akan ketahuan jumlah pasti pedagang apakah 500 PKL, setelah itu akan diundi agar tidak terjadi pilih kasih, nanti yang depan akan di isi oleh keluarga Bupati, keluarga Wabup, keluarga kepala – kepala dinas kalau tidak diambil kebijakan seperti itu,” jelasnya.

Juwita, salah satu pedagang mengatakan semenjak terjadinya pasar yang terpisah – pisah itu kondisi pembeli di pasar pulau Emass mengalami sepi pembeli karena sudah ada pedagang yang berjualan di luar pulau Emass

“Iya kami yang berjualan di dalam ini sekarang sepi, karena pembeli sudah belanja di Pasar Lorong Talang padang dan sekarang setelah di tertibkan di Jembatan kemarin mereka membuat baru di pangkal Jeramba (jembatan) jadi pembeli tidak mau lagi masuk kesini untuk belanja , jadi kami sangat berharap kepada pemerintah untuk menyatukan tempat para pedagang biar adil,” harapnya. (Mg15)

Empat Lawang

Oknum Anggota Polres Empat Lawang Diamankan

Published

on

By

AMANKAN : Oknum Anggota Polres Empat Lawang diamankan Satres Narkorba Polres Lahat karena kedapatan membawa sabu seberat 103 gram, Rabu (15/5).

* Diduga Pengedar Serta Pemasok Shabu

REL, Lahat – Lagi, komitmen yang dilakukan Polres Lahat didalam memberantas Nakoba patut diacungi jempol. Dimana, setelah berkali kali tanpa pandang bulu satu persatu baik pemakai dan pengedar barang haram digulung, kali ini Satuan Unit Narkoba Polres Lahat, kembali membuktikan dengan membekuk terduga sebagai pengedar narkoba jenis shabu shabu. Dari informasi yang didapat, dan yang mengejutkan lagi, tersangka juga merupakan salah satu oknum kepolisian yang bertugas di Kabupaten tetangga.

Dikonfirmasi Kasat Narkoba Polres Lahat AKP Bobby Eltarik SH MH membenarkan adanya penangkapan, terhadap salah seorang oknum penegak hukum yang diduga juga merupakan salah satu pengedar Narkoba jenis Shabu shabu di kota Lahat

“Benar, kita berhasil mengamankan salah seorang yang diduga pengedar dan juga pemasok barang haram shabu di Kota Lahat. Dan memang benar, diketahui tersangka juga merupakan salah satu oknum kepolisian yang bertugas di Kabupaten Empat Lawang (4L.red),” ujar Bobby saat dikonfirmasi awak media. Rabu (15/5/2019)

Ditambahkan Kasat, penangkapan ini berawal dari pengembangan serta juga lidik yang dilakukan satuannya. Dan pada Senin, (13/05/2019) sekira pukul 17. 30 Wib, bertempat di Jalan Lintas Desa Patikal Baru, Kecamatan Kikim Timur Lahat, berhasil melakukan penangkapan atas nama FS(26), dan juga telah tertangkap tangan saat dilakukan pengeledahan, 103 gram serbuk kristal yang diduga kuat Narkotika jenis shabu sebagai Barang Bukti (bb).

“Tersangka merupakan oknum anggota kepolisian yang sudah disersi, dimana tersangka ini merupakan warga Empat Lawang tepatnya di Kecamatan Jayaloka. Dari tangan FS, kita dapati BB seberat 100 gram yang disembunyikan di saku jaket yang dipakainya, Saat ini, pelaku dan barang bukti sudah kita amankan dan sedang kita lakukan pemeriksaan pengembangan lebih lanjut.” tukasnya.

Terpisah, Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SH SIk, melalui pesan singkatnya terkait hal ini menambahkan, ini merupakan salah satu bentuk konsekuensi dari Polres Lahat, didalam memerangi serta sekaligus memberantas peredaran barang haram Narkoba, yang ada di setiap pelosok Bumi Seganti Setungguan khususnya.

“Peredaran narkoba tidak akan berhenti meski terus tanpa henti diberantas. Namun, dengan ini kita membuktikan konsekuensi kita terhadap memberantas peredaran narkoba. Dimana, memang pada prinsipnya ini dilakukan tanpa pandang bulu siapapun orang dan pangkatnya, jika terbukti bersalah meski itu anggota Polri sendiri, harus kita tindak sebagai mana seharusnya.” tegas Kapolres.

Terpisah, Kapolres Empat Lawang AKBP Yudi Eko Karyanto SIK saat konfirmasi membenarkan bahwa memang benar oknum anggota ditangkap oleh personil Polres Lahat tersebut merupakan personil Polres Empat Lawang.

“Iya, oknum tersebut bertugas di Pleton Khusus karena disersi,” kata Yudi melalui pesan singkat Via Whatapp, Selasa (15/5).

Apakah sangsi yang diterima oleh oknum tersebut jawab Kapolres, bisa mengarah Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PDTH) ditambah lagi oknum anggota tersebut sebelum ditangkap tengah menjalani disersi.

“Bisa kena PDTH sangsinya,” ucapnya. (mg21/12).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Tidak Kasih Ampun Bagi Ruko Langgar Aturan

Published

on

By

TINJAU : Wabup Empat Lawang Yulius Maulana saat melihat bangunan dibangun diatas trotoar jalan, kemarin.

REL, Empat Lawang – Terkait bangunan rumah toko dipasar ulu yang nyalahi aturan,  wakil bupati Empat Lawang yulius Maulanan berjanji akan ditindak tegas.

Pihaknya sudah melihat sekaligus memanggil langsung pemilik ruko agar bangunan di tertibkan sendiri sehingga tidak mengesankan kebal hukum seperti yang di bicarakan banyak masyarakat.

“Kita sudah panggil pemilik dan secara resmi akan diberikan teguran agar melakukan penertiban sendiri,  jika tidak akan ditindak tegas karena tidak ada yang kebal hukum,” kata Yulius.

Yulius menjelaskan, jika diperlukan pihaknya kedepan akan menempuh jalur hukum, namun itu apabila teguran pihaknya tidak di indahkan, pasalnya termasuk kita-kita ini baik Bupati maupun Wakil Bupati sama saja tidak kebal hokum. “Semua dilayani dan diperlakukan sama, kalau aturannya salah ya tetap dibetulkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sementara itu, Kepala Dinas Perizinan dan pelayanan Terpadu Satu Pintu, M Mursadi mengakui jika bangunan ruko milik Tinus di Pasar tebing Tinggi tersebut merupakan bangunan lama, namun pihaknya berjanji akan memberikan teguran kepada pemilih ruko.

“Memnag bangunan lama,  tapi tetap kita tegur karena bangunannya yang sekarang sudah diatas trotoar jalan, ” kata Mursadi. (12)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Jembatan Belly Mulai Dirakit

Published

on

By

RAKIT : Tampak jembatan belly yang nantinya dijadikan jematan penghubung Kecamatan Paiker dan Kecamatan Ulu Musi sudah mulai dirakit, Rabu (15/5).

REL, Empat Lawang – Jembatan belly sebagai jembatan darurat penghubung Kecamatan Ulu Musi dengan Pasemah Air Keruh (Paiker) atau pengganti jembatan Ponton yang hanyut disapu luapan sungai Musi sudah mulai dilakukan perakitan oleh para petugas.

Pengerjaan atau perakitan jembatan Belly tersebut terus dipantau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Empat Lawang bahkan Pemerintah setempat juga ikut memonitor perakitan jembatan.

Kepala Dinas Kepala Dinas PUPR Empat Lawang Syarkowi Rasyid melalui Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Levi Juniansyah kepada wartawan, perakitan jembatan Belly terus dipantau sampai sejauh mana perkembangannya.

“Perakitan jembatan belly terus kita pantau karena jembatan itu sangat penting bagi akses antara Paiker dan Ulu Musi,” ungkap Levi, Rabu (15/5).

Levi menuturukan, perakitan jembatan belly tidak bisa satu atau dua hari selesai melainkan harus dan tentu saja dan pondasi, namun ia memprediksi jembatan Belly selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Arus Mudik lebaran nanti prediksi kita jembatan sudah bisa digunakan sebagai sarana transportasi,” kata Levi.

Sementara itu, Camat Paiker Indra Supawi mengharapkan pemasangan jembatan belly bisa cepat selesai karena lebaran sudah tidak begitu lama lagi.

“Saya berharap jembatan ini bisa selesai agar para warga Paiker yang berada di luar daerah bisa mudik kekampung halaman,” katanya

Terpisah, Kepala BPBD Empat Lawang M Taufik membenarkan jembatan Belly saat ini sudah mulai dilakukan perakitan oleh para petugas. “Tadi pegawai dari PUPR sudah kelokasi mengecek perkembangan pemasangan jembatan belly,” kata Taufik. (12).

 

Baca Selengkapnya

Trending

Graha Rakyat Empat Lawang Jl. Lintas Sumatera Talang Banyu Tebing Tinggi Empat Lawang Sumatera Selatan Telp : 0702 7320044 Fex 0702 7320044