Connect with us

Empat Lawang

Berharap Pemerintah Memprioritaskan Tenaga Honorer

Published

on

REL, Empat Lawang –  Rabu 26 September 2018 lalu telah dibuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 untuk beberapa kementrian dan juga Kabupaten/kota salah satunya Kabupaten Empat Lawang yang di fokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis, salah satunya kesehatan dan tenaga pendidik/guru.

Formasi untuk Tenaga Kependidikan atau guru bukan para tenaga kerja honorer melainkan utnuk katagori umum meskipun ada untuk guru hononer namun batas usianya dibatasi dan jumlahnya juga dibatasi.

Hal ini mengakibatkan banyaknya guru honorer di Empat Lawang yang mengeluh dengan bijakan dari tes CPNS yang kurang memprioritaskan tenaga honorer yang sudah bekerja bertahun-tahun mengabdi untuk negeri.

Salah satunya, Sari guru honorer SMP di di Kabupanten Empat Lawang yang sudah bekerja 7 tahun mengatakan, pemerintah khususnya kabupaten Empat Lawang bisa membuka CPNS dengan memprioritaskan tenaga honorer.

“Kalau bisa pemerintah kita memprioritaskan kami selaku guru honorer yang sudah bertahun-tahun mengabdi dengan gaji yang kecil ini untuk mendapatkan haknya,”keluhnya pada warta REL, Kamis (27/9).

Selain itu salah satu guru honorer SD Esi, mengungkapkan kekecewahannya dengan adanya pembukaan CPNS 2018 dengan beberapa persyaratan yang ada.

“Kami guru honor sebenarnya tidak keberatan dengan adanaya tes cpns ini, tapi kami meminta keadilan dengan membuka peluang dan harapan dengan ketidak jelasan status kami. Seperti diadakanya pengangkatan seperti di kabupaten sebelah, mengingat banyaknya guru honorer yang sudah berumur diatas 35 tahun dan sudah tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti guru honorer,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang, Dra. Rita Purwaningsih, MM, mengatakan, guru honorer yang ada di tingkat SD sebanyak 1035 guru honorer dan untuk tingkat SMP sebanyak 519 guru honorer.

“Itu berdasarkan data hononer yang ada di Dinas, mengenai honor komite datanya ada disekolah masing-masing,” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Empat Lawang Januarsyah Hambali menjelaskan BKPSDM telah menerima surat dari Kemenpan-RB mengenai kuota formasi CPNS tahun 2018.

“Formasi yang disetujui 301 orang, terdiri dari tenaga guru 160, tenaga kesehatan 100 dan sisanya tenaga tekhnis 41,” jelas Januasyah.

Lanjut Januarsyah, tenaga guru SD dan kesehatan yang paling diperioritaskan penerimaan CPNS tahun ini. Hal ini dikarenakan guru SD dan tenaga kesehatan di desa-desa atau kecamatan masih sangat minim.

“Khusus untuk honorer K2 ada tapi hanya 5 formasi tergabung di formasi tenaga guru. Namun persyaratannya ketat diantaranya maksimal usai 35 tahun per 1 Agustus 2018 dan harus S1. Sementara kebanyakan honorer sudah berusia 35 tahun keatas dan belum S1,” tuturnya.

Diakui oleh Januarsyah, banyak sekali desa-desus perihal penerimaan CPNS untuk honorer K2, sejatinya sampai dengan saat ini BKPSDM Empat Lawang belum menerima sama sekali surat resmi peenerimaan CPNS untuk K2. yang ada saat ini formasi penerimaan CPNS untuk umum meskipun didalamnya formasi tersebut ada untuk hononer K2.

“Memang benar sekali banyak sekali informasi yang masuk kepada saya perihal penerimaan CPNS lain dengan formasi yang telah kita umumkan. saya himbau bagi semua masyarakat di Empat Lawang apabila memang ada informasi terkait untuk K2 jelas akan kita sampaikan,” himbaunya.

Tidak hanya itu saja Januarsyah mengatakan, ada juga informasi bahwa honorer K2 bisa mengikuti Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). mengenai hal tersebut Januarsyah menegaskan, memang benar perihal tersebut namun untuk aturanya saat ini masih digodok dalam Peraturan Pemerintah (PP).

“Sejauh ini PPPK ini belum bisa dijalan di Kabupaten dan Kota baru sebatas di Kementrian, bahkan saat ini di DPR dan Pemerintah tengah mengatur kembali PP untuk PPPK, kalau sudah jelas PP nanti jelas Bupati akan diundang oleh Kemenpan RB,” pungkanya. (12/15)

Empat Lawang

Mobil Box Dimodifikasi,Angkut 748 Ganja Kering

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption: Kapolres Memperlihatkan Bungkusan Ganja Kering yang telah dikemas.

REL,Empat Lawang – Kurang lebih 748 kilogram narkoba jenis Ganja Kering (Golongan I) yang diselundupkan dalam Mobil Box yang bernopol B 9877 FCK yang telah dimodifikasi berhasil diamankan satuan polres Empat Lawang sekitar pukul 13 : 00 wib disimpang tiga Talang Gunung Kelurahan Jayaloka Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (28/09/2020).

Ratusan paket ganja kering tersebut telah dikemas rapi dan disusun didalam mobil yang sudah dimodifikasi dan dibelakangnya ada tumpukan karung yang berisi kunyit ,gabah dan buah lemon,namun usaha tersebut sia sia.

Berdasarkan keterangan dari tersangka Denny Febrianto (37) warga Semarang Mengaku kalau dirinya hanya mengantarkan barang seseorang ke kota Lampung, tepatnya di kota Bumi. Tersangka dibayar sebesar Rp 8 juta.

“Saya disuruh oleh sesorang bernama Haji dari Banda Aceh ke semarang setelah sampai diKota Bumi saya disuruh telpon lagi Pak Haji itu,”Lanjut Denny ( Tersangka ).

Mengaku bahwa dirinya tidak tahu kalau isi kendaraan tersebut adalah ganja.

“Saya cuman diberitahu kalau isi kendaraan yang akan dikirim itu,jenis tanaman kunyit,jeruk dan Gabah,”Kata tersangka.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Wahyu SIK mengatakan penangkapan kurir ganja ini berdasarkan informasi akan lewat satu buah truk dengan membawa ganja.

Setelah tiga hari dilakukan penyelidikan truk dengan nomor Polisi B 9877 FCK lewat dari Aceh melintas di kawasan Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang

Saat di stop tim Casper Sat Narkoba Polres Empat Lawang, kondisi bak truk sudah dimodifikasi dengan disekat – sekat.

“Didalam bak truk tertutup itu mengangkut belasan karung kunyit, jeruk lemon, dedak padi, dan 748 Kilo gram ganja sudah di pak rapi dengan di taburi serbuk kopi di sekitar tumpukan ganja didalam truk yang disekat untuk mengelabui agar tidak terendus,”Jelas Kapolres.(Mg20)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Gagal Jambret ,Pelaku Nyaris Dimassa

Published

on

Caption : Kedua pelaku saat diamankan di mapolsek Ulu Musi

REL,Empat Lawang – Berta (19) bin Lailit dan Okinawa (18) bin Sesik warga Desa Lubuk Buntak Kecamatan Talang Padang pelaku jambret nyaris dihakimi massa.

dari informasi yang didapat,pada hari minggu, 27 september 2020, sekira jam 14.30 Wib kedua pelaku dengan mengendarai sepeda motor metic, pelaku mengiringi korban yang mengendarai sepeda motor dari Desa Lingge sampai ke Desa Rantau Dodor Kecamatan Pendopo Barat

Selanjutnya tersangka atas nama Oki langsung menarik Handphone milik Korban yang sedang di pegang,namun pelaku tidak berhasil mengambil Handphone korban sehingga kedua pelaku dan korban terjatuh

Setelah terjatuh,kedua pelaku langsung melarikan diri ke arah Desa Tangga Rasa Kecamatan Sikap Dalam,Namun pelaku langsung dihadang masa dan diamankan di rumah kepala Desa, namun kendaraan yang digunakan pelaku dibakar massa.

” Kalo pastinyo nian kaka idak nanyo tadi Tapi kakak dengar wong tadi,korban nyo lidia 35 tahun cewek warga Desa Tangga Rasa,dio di jamret di sekitaran pendopo pelaku langsung belari ke arah kecamatan sikap dalam terus korban menghubungi keluarga kalau dia dijambret kalo ado motor
Seperti ini tolong di hadang,”Kata Zulfikar Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Sikap Dalam,Minggu (27/9)

Lanjut Zulfikar ,berselang Selang waktu kurang lebih 15 menit pelaku lewat, dengan sigap masyarakat tangga rasa sudah siap menghadang pelaku.

“Pelaku 2 orang ,warga Desa Lubuk Buntak Kecamatan Talang Padang,”Ungkapnya.

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK melalui kasatreskrim Polres Empat Lawang AKP.Murshal membenarkan pelaku jambret sudah diamankan di Mapolres Empat Lawang.

“Pelaku menjambret handphone warga Desa Tangga Rasa namun gagal dan kedua Pelaku sudah kita amankan di Mapores Empat Lawang,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Kemenag Doa Bersama,Kesembuhan Menag

Published

on

Caption : Tampak suasana Dzikir dan Doa bersama kemenag Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Menteri agama indonesia,positif terpapar wabah covid -19.

Maka dari itu Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Empat Lawang bersama jemaah menggelar dzikir dan doa bersama,dimusholah al madani kemenag Empat Lawang.Selasa (22/9).

Dzikir dan Doa bersama ini di tujukan untuk kesembuhan menteri agama yang terpapar wabah covid-19.

“Doa bersama untuk kesembuhan menteri agama dari covid yang dilanjutkan dengan membaca yasin dan dzikir,”Kata H Muhammad Makki S. Ag, M. Pd. I Kakankemenag Empat Lawang.Kamis (24/9).

Dzikir dan doa bersama langsung di kordninatori oleh Kasubag T.U H.M Syaifullah M.M dilanjutkan dengan pembacaan surah yasin dan dzikir serta dilanjutkan dengan doa bersama

Dengan harapan,digelarnya dzikir dan doa bersama ini ,bisa memberikan kekuatan ilahi untuk kesembuhan kepada menteri agama.

“Semoga beliau diberikan kekuatan serta ketabahan dalam menghadapi semua ujian ini,dan beliau segera sembuh dari wabah covid-19,”Ucapnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending