oleh

Belum Terima Laporan PHK

REL, Empat Lawang – Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Empat Lawang, belum menerima laporan tentang pekerja atau karyawan yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) oleh pihak perusahaan yang ada di Empat Lawang.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Empat Lawang, Kuswinarto melalui Kabid Tenaga Kerja, Joni Verdi mengatakan, semestinya pihak perusahaan melaporkan tentang adanya PHK karyawan kepada Bidang Tenaga Kerja.

Namun untuk tahun 2018 ini belum ada perusahaan yang menyerahkan data tersebut dan karyawan yang melapor ke Bidang Tenaga Kerja mengenai PHK pun belum ada sampai sekarang.

“Belum ada laporan mengenai PHK,” kata Joni, kemarin (23/10).

Lanjut Joni, pihaknya sekarang sudah mendata dan meminta setiap perusahaan yang ada di Kabupaten Empat Lawang untuk wajib lapor baik yang bergerak di bidang perkebunan dan ritel dan lainnya.

“Untuk saat ini ada 37 jenis badan usaha yang sudah wajib lapor kepada kita, seperti badan usaha di bidang perkebunan, minimarket dan lainnya,” tuturnya.

Selain itu, Joni menambahkan, ada satu perusahaan yang berhenti beroprasi di wilayah Kabupaten Empat Lawang, yakni PT Lawang Indah Pratama (PT LIP). Perusahaan di bidang pengolahan kayu ini berhenti beroperasi dikarenakan kekurangan bahan baku.

“Informasi yang kami dapat karena kurangan bahan baku, sehingga tidqk bisa menggaji karyawan. PT LIP sebelumnya beroperasi di wilayah Kecamatan Saling dan awal 2018 sudah tutup,” tukasnya. (12)

BACA JUGA