Connect with us

Empat Lawang

Belum Sampai 24 Jam Pelaku Curat Berhasil di Terkam Elang

Published

on

RINGKUS : Pelaku Curat atas nama Ersan (terbaring) didampingi Katim 1 Elang Brigpol Tri Bagus Anggara (gondrong) dan Kanit Pidum Ipda Badarudin serta anggota Buser Polres Empat Lawang. Senin (1/10).

REL, Empat Lawang – Berdasarkan LP/B-54/IX/2018 /Sumsel/ Res Empat Lawang, tertanggal 30 September 2018. Atau tepatnya kurang dari 24 jam aksi pelaku yang telah dilaporkan korban ke pihak Kepolisian.

Anggota Satreskrim Polres Empat Lawang yang tergabung dalam Team Elang segera mengejar para pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) terhadap korban atas nama Kms. Mardiansyah Bin Kms Firdaus lelaki kelahiran 25 Maret 1999 warga Kelurahan Pasar Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

“Sekitar pukul 04.30 wib hari Senin (1/10) anggota kita mengetahui bahwa salah seorang pelaku yang terlibat dalam perkara  pencurian sepeda motor ini tengah berada di kediamannya,” ungkap Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan melalui Kasat Reskrim AKP Muhamad Ismail.

Dirinya menjelaskan, penangkapan pelaku yang bernama Ersan (25) warga Desa Terusan Kecamatan Tebing Tinggi ini mulanya tidak ada sama sekali perlawanan terhadap petugas saat terciduk dirumahnya.

Akan tetapi, ketika hendak menunjukkan tempat kediaman para kawanan aksinya serta alat kejahatan yang mereka pergunakan untuk melancarkan aksi curat bertempat di Desa Aur Gading Kecamatan Tebing Tinggi, tersangka barulah mencoba untuk kabur.

Tak pelak petugas segera memberikan tembakan peringatan ke atas, rupanya tersangka masih tetap melawan serta berusaha melarikan diri tanpa mengindahkan peringatan tersebut.

“Sudah kita peringatkan terlebih dahulu, malah tersangka melawan dan berusaha kabur dari. Terpaksa kita ambil tindakan tegas dengan melepaskan tembakan ke arah kaki kiri tersangka, sehingga berhasil kita ringkus kembali,” jelas AKP Muhamad Ismail di dampingi Kanit Pidum Ipda Badarudin dan Katim 1 Elang Polres Empat Lawang Brigpol Tri Bagus Anggara. Senin (1/10).

Selanjutnya, sambung Ismail, tersangka dilarikan ke Rumah Sakit untuk di obati dan dilakukan perawatan. Dari tangan tersangka anggota berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Beat berwarna putih hijau milik korban dengan nomor plat BG 2490 WR serta sebilah sajam jenis pisau.

“Pelaku akan kita kenakan pasal 363 KUHP sebagaimana disebutkan dalam pasal tersebut mengenai tindak pidana pencurian dengan pemberatan,” pungkasnya.

Sekedar Informasi, pada hari Sabtu tanggal 29 September 2018, sekira pukul 01.00 wib. Telah terjadi tindak pidana pencurian dengan pemberatan pada saat si korban bernama Mardiansyah sedang memparkirkan kendaraan sepeda motor di pekarangan rumah tengah hajatan di Desa Aur Gading Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Korban lanjut menonton pesta hiburan yang punya hajat, seusainya acara berangsung. Ketika korban hendak mengambil sepeda motor miliknya yang berada diparkirkan di lokasi pekarangan rumah tersebut.

Sungguh terkejutnya korban ketika tidak melihat motor miliknya telah hilang digasak para bandit. Atss kejadian ini, pada keesokan hari nya tertanggal 30 September 2018 korban melaporkan ke Mapolres Empat Lawang atas kejadian yang telah dialaminya. (14).

 

Empat Lawang

Tingkatkan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Tampak Dandim 04-05 lahat tinjau lokasi pembukaan jalan

REL,Empat Lawang – Dandim. 04-05 Lahat melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 di tahun 2020.Selasa (22/9).

Dandim 04-05 lahat menaungi 3 wilayah yakni .kabupaten Empat Lawang,kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat.

Namun,pantauan dilapangan ,yang menjadi titik lokasi giat tersebut yakni di Kabupaten Empat Lawang tepatnya di Kecamatan Pendopo Desa Tanjung Raman.

Dandim 04-05 Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amien,SE.M.Si mengatakan ada 2 kegiatan dari TMMD yakni giat fisik dan non-fisik diantarannya pembukaan jalan kurang lebih 1,120 meter dengan lebar kurang lebih 5 meter dan gorong gorong sebanyak 10 unit.

“Sedangkan non-fisik mempunyai 8 program diantaranya,yang pertama penyuluhan kesadaran bela negara,penyuluhan tentang hukum,penyuluhan tentang bahaya narkoba,penyuluhan tentang pertanian,penyuluhan tentang wawasan kebangsaan,penyuluhan tentang kesehatan,penyuluhan tentang pemberdayaan masyarakat dan penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),”Lanjut Syahwab

Sasaran yang dicapai,membantu mempercepat pembangunan di daerah memperlancar perhubungan/transfortasi darat,membantu tingkatkan kesejahteraan rakyat di daerah,tanamkan kesadaran bela negara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Jadi capaian yang di inginkan ada 5 point tersebut di kegiatan TMMD ke 109 ditahun 2020,”Jelasnya.

Terpisah Shanti warga Tanjung Raman merasa senang dengan adannya TMMD di Desanya,karena menurutnya dengan adanya pembukaan jalan ini bisa memperlancar aktivitas warga sehari hari.

“Senang,semoga kedepannya lebih maju lagi dan bisa dirasakan oleh masyarakat langsung,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

SMK,SMA Se-Sumsel Serah Terimah Jabatan

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Penandatanganan serah terimah jabatan

REL,Empat Lawang- Setelah dilakukan pelantikan dan pengukuhan beberapa hari lalu, seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) SMA, SMK dan SLB SE Kabupaten Empat Lawang, melakukan serah terima jabatan (Sertijab), Rabu (16/9) di aula gedung SMK Negeri 1 Empat Lawang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Riza Pahlevi, melalui Kasi Kurikulum Bidang SMK, Awaludin mengatakan, mutasi jabatan merupakan dinamika yang biasa sebagai abdi negara. Selain itu, mutasi juga dilakukan dalam rangka memperkaya pengalaman bertugas serta penyegaran suasana kerja.

“Dengan potensi dan integritas yang dimiliki oleh masing-masing Kepsek, hendaknya bisa mengembangkan inovasi dan kreatifitas untuk kemajuan sekolah,” ungkap Awaludin saat membacakan sambutan Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.Rabu (16/9).

Awaludin juga menambahkan, sebagai seorang Kepsek, harus mengedepankan etika moral dan kejujuran serta selalu berkoordinasi dengan pimpinan dan bawahan. “Ciptakan suasana yang kondusif di sekolah, dengan saling menjaga rasa asah, asih dan asuh,” imbuhnya.

Masih menurut Awaludin, tugas dan tanggungjawab kita saat ini semakin berat. Makanya fighting spirit harus dilakukan, dengan memberdayakan SDM staf yang ada. “Kita tidak bisa sendirian atau One Man Show dalam melaksanakan amanah ini, staf yang ada harus diberdayakan semaksimal mungkin,” ujarnya seraya berharap, seluruh Kepsek yang ada di Empat Lawang bisa membawa perubahan yang lebih baik, dalam dunia pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan.

Ditempat yang sama, Ketua MKKS SMK Kabupaten Empat Lawang, Saipul Efendi, mengajak seluruh Kepsek yang ada supaya memegang teguh amanah yang diberikan tersebut untuk membangun sekolah.

“Kita sama-sama menyadari dan yakin, amanah yang diberikan ini adalah salah satu bentuk ibadah. Untuk itu, mari kita jalankan amanah ini dengan baik,” ungkap Saipul.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Dinsos : Belum Terima Surat Resmi Kemensos

Published

on

Foto : Ilustrasi

REL,Empat Lawang – Pasien positif corona atau covid-19,baik yang meninggal dunia maupun yang telah sembuh dari virus corona,mendapatkan santunan dari pemerintah pusat melalui kementrian sosial Republik Indonesia.

Dikutip dari situs resmi kemensos RI ,kemensos ri memberikan santunan kepada pasien yang meninggal dunia positif corona sebesar 15 juta kepada ahli waris sedangkan pasien yang sembuh akan diberikan santunan jaminan hidup.

Dengan persyaratan menyertakan surat keterangan dari rumah sakit/puskesmas atau dinas kesehatan setempat bahwa yang bersangkutan adalah korban covid-19.

Untuk diketahui, saat ini pasien positif corona di kabupaten Empat Lawang berjumlah 11 orang dengan rincian 2 orang meninggal dunia ,8 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang masih dalam proses isolasi mandiri

Sementara itu,Plt.Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Empat Lawang Eka Agustina mengatakan,Sampai saat ini belum mendapatkan info atau pun surat resmi dari kemensos.

“coba tanya BPBD ( sekretariat tim gugus ) atau Dinkes,sebab belum dapat info atau surat resmi dari kemensos dan saya telpon kadinsos provinsi (Palembang) juga belum pernah dapat,”Ungkapnya saat di hubungi melalui pesan singkat whatsapp.Senin (7/8).

Mungkin lanjutnya,kabid perlimbansos yang mendapatkan info tersebut.

“Untuk sampai saat ini saya belum,saya tanya kabid perlimbansos dulu mungkin di kabidnya ada info tentang ini karena saya masuk menjadi PLT kadinsos itu terhitung mulai bulan Mei,”Katanya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending