oleh

Bawaslu : Dana Saksi Dibebankan Parpol

REL, Empat Lawang – Pemilihan umum pada tahun 2019 mendatang yakni pesta demokrasi ajang pemilihan presiden dan juga pemilihan legislatif akan segera berlangsung.

Dimana beban anggaran biaya bersumber dari APBN seutuhnya, tak terkecuali juga anggaran dana yang diperuntukan bagi petugas saksi pada saat pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun 2019 nanti.

Sumber dana untuk petugas saksi saat pelaksanaan pesta demokrasi rakyat tersebut tentunya harus dipersiapkan pihak penyelenggara sendiri dan dapat dipastikan tidak akan melalui APBN yang dikucurkan dari pusat sejumlah wilayah dan daerah di Indonesia.

Terkait hal ini. Ditegaskan langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Empat Lawang Rudiyanto, bahwa sumber dana untuk petugas saksi dalam Pemilu Pilpres dan Pileg di Tahun 2019 mendatang tidak akan dibiayai oleh pihak pemerintah atau APBN karena memang tidak masuk di APBN Tahun 2019.

“Untuk dana petugas saksi Pemilu Tahun 2019 nanti, dipastikan tak akan dibiayai oleh APBN, oleh karenanya anggaran dananya akan dibebankan kepada seluruh para partai politik yang mengikuti,” ungkapnya. Selasa (23/10).

Dikatakan pihak Bawaslu, berdasarkan hasil keputusan Direktorat Jenderal Kementrian Keuangan yang telah dikeluarkan belum lama ini.

“Dana petugas saksi pemilu nantinya itu memang tidak akan didanai melalui APBN. Iya, karena sesuai dengan undang undang pemilu,” katanya.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Empat Lawang Ali Amin melalui Kepala Sekretariat KPUD Empat Layang Rasydi saat dikonfirmasi via seluler menyampaikan bahwa saat ini pihaknya belum bisa memastikan mengenai anggaran dana yang diperuntukan bagi para petugas saksi pada Pemilu Pileg dan Pilpres tahun mendatang.

“Saat ini masih digodok dan diperdebatkan oleh pemerintah pusat terkait dana untuk petugas saksi di Pemilu tahun 2019 tersebut, apakah akan dibiayai oleh APBN atau tidak akan dibiayai APBN, dan mungkinkah benar-benar akan di bebankan oleh para Parpol,” ujarnya.

Sementara itu, tanggapan dari salah satu Parpol yakni PDI Perjuangan yang sisampaikan langsung oleh Wakil Sekretaris Partai DPC PDI Perjuangan Kabupaten Empat Lawang Saukani terkait mengenai sumber dana bagi petugas saksi ini.

“Kami memang sudah mengantisipasi mengenai dana bagi petugas saksi ini sudah sejak jauh hari. Oleh sebab itu kamipun telah melakukan penggalangan dana untuk sumber pembiayaan untuk petugas saksi pada Pilpres dan Pileg di tahun 2019 mendatang,” katanya.

Ditambahkannya, pada saat pelaksanaan Rakorda DPD PDI Perjuangan yang berlangsung belum lama ini di Palembang. Pihaknya sudah mensiasati dan mulai menyiapkan melalui penggalangan dana tersebut.

Tentunya hal itu dilakukan karena pihaknya sudah mengetahui kabar bahwa nantinya sumber dana mengenai para petugas saksi Pemilu 2019 dapat dipastikan akan dibebankan kepada partai politik masing masing.

“Alhamdulillah, kami pihak DPC PDI Perjuangan Kabupaten Empat Lawang telah dari awal melakukan penggalangan dana untuk itu. Dan dana tersebut di akomodir atau hasil gotong royong dari semua elemen partai kita sendiri,” tukasnya. (14).

BACA JUGA