oleh

Batal Berangkat, Uang JCH Bisa Diambil Kembali

REL, Empat Lawang – Uang pelunasan Jamaah Calon Haji (JCH) yang batal berangkat tahun ini bisa diambil kembali. Hal tersebut dipastikan oleh Kepala Kantor Kemenag Empat Lawang, H Hasanudin melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Empat Lawang, Drs H Kgs Mahmuddin.

Dia mengatakan, uang pelunasan calhaj bisa dikembalikan sesuai arahan pemerintah melalui Menteri Agama.  “Uang jamaah bisa dikembalikan jika jamaah haji tersebut mau menariknya,” ujarnya, Minggu (6/6).

Namun pihak Kemenag Empat Lawang saat ini, lanjut Kgs Mahmuddin masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dan mekanisme dari Kementerian Agama. “Juknis dan mekanisme pengembalian uang jamaah masih kita tunggu dari Kementerian Agama,” ungkapnya.

Sebelumnya, pihak Kemenag Kabupaten Empat Lawang sendiri menjamin jika uang JCH yang batal berangkat tahun ini aman. “Uang JCH yang batal berangkat tahun ini insya allah aman,” katanya.

Dia menyebutkan bahwa ada sekitar 35 JCH Empat Lawang yang batal berangkat tahun ini. Persiapan puluhan jamaah itu pun telah selesai. Mulai dari pengurusan paspor, uang pelunasan haji bahkan telah dilakukan vaksinasi Covid-19. “Seandainya ada pemberangkatan maka JCH khusus di Empat Lawang ini tidak ada masalah,” sambungnya. Menurut Kgs Mahmuddin, keputusan pemerintah terkait pembatalan pemberangkatan haji tahun ini adalah keputusan terbaik menurut pemerintah. Alasannya, kata dia, upaya ini dilakukan pemerintah dalam rangka menyelamatkan jamaah haji dari wabah Covid-19.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada para calon jamaah haji yang batal berangkat untuk bisa mengambil hikmah dari keputusan pemerintah tersebut. “Pasti ada hikmah dibalik keputusan ini. Karena itu tadi, pemerintah ingin menyelamatkan jamaah haji kita dari wabah virus corona,” tuturnya.

Komentar

BACA JUGA