oleh

Baru Lima Kecamatan Menyampaikan Laporan DD

REL, Empat Lawang – Ternyata sampai dengan Maret 2018 ini baru ada lima Kecamatan yang telah menyampaikan laporan Realisasi Dana Desa (DD) 2017, hanya saja sari lima kecamatan tersebut baru beberapa desa saja menyampaikan laporan realisasi DD.

Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Empat Lawang Bambang Irawan melalui Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) Agusman Mulyadi, Selasa (6/3).

“Sampai saat ini lima Kecamatan yang telah menyampaikan Realisasi penyerapan DD yakni Kecamatan Ulu Musi, Pendopo Barat, Pendopo, Saling dan Muara Pinang,” ungkapnya.

Namun sambungnya, dari lima kecamatan itu belum seluruh desa di kecamatan tersebut yang menyampaikan Realisasi DD tapi baru beberapa desa, sehingga pihaknya menghimbau kepada kepala desa (Kades) untuk menyerahkan laporan realisasi DD.

“Lima kecamatan belum seluruhnya yang melaporkan realisasi DD baru beberapa desa saja, maka kita himbau kades segeralah menyampaikan Realisasi DD,” imbaunya.

Kenapa penting laporan realisasi DD, kata Agusman, mengingat laporan tersebut diperlukan kementrian keuangan terkait transfer DD. “Itulah kenapa kita himbau Kades melaporkan realisasi DD ini karena kitanya dengan pencairan DD untuk 2018″ katanya.

Memang seharusnya dibulan Februari ini, sudah memasuki taha pencairan DD tahap pertana tahun 2018,” Seharusnya inisudah tahap pencairan, ya kalau memang belum ngumpul dan belum ada laporan dari mereka belum kita cairkan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa, untuk pencairan DD tahun 2018 tersebut, pihaknya akan mengikuti aturan, karena sesaui aturan paling lama pencairan DD tahap pertama tersebut di minggu kedua bulan juni.

“Makanya kita berharap Kades itu secepatnya mengumpulkan laporan relalisasi DD tahun 2017 tersebut,” tuturnya.

Dan pihaknya sambung Agus, pihaknya sudah menyampaikan ke setiap kecamatan, agar menyampaikan ke tiap-tiap Desa untuk sesegera mungkin menyampaikan laporan realisasi DD tahun 2017. Agar DD tahap pertama tahun 2018 busa dicairkan.

“Harapan kita mereka para Kades ini secepatnya menyampaikan laporan realisasi DD tahun 2017 itu,  biar tidak terhambat pencairan tahap DD tahap pertama tahun 2018 ini,” tukasnya. (12)

BACA JUGA